SISTEM KONVERSI MULTI GUNA DAN ENSIKLOPEDI BERBASIS VISUAL

Lena Elfianty, Rick Zulfiandri

Abstract


Abstrak: Teknologi informasi merupakan bidang ilmu yang menggali data, fakta dan berbagai informasi seluas-luasnya baik berupa angka, teks, gambar, sinyal analog maupun digital dengan komputer sebagai alat bantunya.  Berbagai sumber data tersebut dikelompokkan, dimodifikasi, ditransfomasi dan diolah ke dalam bentuk lain untuk dijadikan data baru, fakta baru, informasi baru yang dibutuhkan oleh pengguna yang semuanya dapat disebut sebagai informasi.Proses pengolahan yang melibatkan berbagai cara dan teknik dengan menggunakan berbagai perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang sesuai diharapkan akan didapat memberikan kepuasan bagi pengguna terhadap informasi yang untuk selanjutnya dapat dijadikan sebagai data dalam bentuk lain oleh para pengguna.Selain itu sebagaimana kenyataan sehari-hari yang dihadapi banyak orang adalah transformasi dan pengubahan (konversi) terhadap satu bentuk data menjadi bentuk lain baik yang sepadan maupun ke dalam bentuk lain juga sering dibutuhkan.  Sebagai contoh, seringkali seseorang memerlukan informasi tertentu baik kata dalam bahasa tertentu, gambar dan uraian dari sesuatu obyek dan sejenisnya.  Sehingga kebutuhan tersebut yang seharusnya mudah didapat, tetapi karena alat atau perangkat lunak yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan tersebut tidak tersedia.  Maka diperlukan adanya suatu program atau model yang memiliki kemampuan untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam hal transformasi data ke dalam bentuk lain seperti sistem konversi multiguna.Manfaat dari program ini nantinya dapat membantu para pelajar untuk menggali berbagai informasi dalam bentuk kamus bergambar (ensiklopedi) dan sebagai alat bantu para pelajar dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

 

Kata kunci: Sistem Konversi Multi Guna, Ensiklopedi, Visual


Full Text:

PDF

References


Andri Kristanto. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Penerbit Gava Media. Yogyakarta

Anonim, 2013. Statistik Sumber Daya Manusia Pertanian dan Kelembagaan Petani 2013. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian

Moses, 2004. Konsep Sistem. www.ie.its.ac.id/moses

Novia, A., 2007. Aplikasi Windows dengan Visual Basic Enterprise. Penerbit. PT. Elekmedia Komputindo. Jakarta.

Novi Dian Nathasia, 2013. Disain Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Hortikultura Untuk Mempermudah Penanggulangan Hama. Jurnal Teknologi Informasi. Volume 2. Nomor 2 Tahun 2013. http://lkppm. pradnya.ac.id/wp-content/uploads/2013/03/6.-pakar-tanaman-168-180.pdf. Diunduh pada tanggal 24 April 2014.

Pracaya, 2007. Hama dan Penyakit Tanaman. Edisi Revisi. Penerbit : Penebar Swadaya. Jakarta. 434 Halaman.

Rusmawan, U., 2009. Koleksi Program VB 6.0 Konsep ADO. Penerbit : PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 235 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.