PENERAPAN METODE MOORA PADA MINUMAN KOPI BEST SELLER COFFEE SHOP KAULA MUDA

Dinda Agus Pratiwi, Nadila Sparingga, Rio Azhari, Riska Ellyza

Abstract


Abstract: Kaula Muda Coffee Shop in West Kisaran City experienced a significant increase in coffee sales, especially on weekends. This triggers positive and negative impacts that can affect the selling value of coffee. This research aims to determine the best selling coffee drinks at the Kaula Muda Coffee Shop using the MOORA (Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis) method. The MOORA method was chosen because it is easy to understand and implement, and is able to optimize several criteria at once. The criteria used in this research are taste, price and appearance. Coffee sales data was collected during a certain period for analysis using the MOORA method. This research shows that the type of coffee with the highest MOORA score is the best-selling coffee drink at Kaula Muda Coffee Shop. The MOORA method has proven to be effective in determining the best selling coffee drinks by considering the criteria of taste, price and appearance. The results of this research can help Kaula Muda Coffee Shop in making decisions regarding marketing and sales strategies for coffee.

Keywords: Kaula Muda Coffee Shop; Decision Support System; MOORA Methode

Abstrak: Coffe Shop Kaula Muda di Kota Kisaran Barat mengalami peningkatan penjualan kopi yang signifikan, terutama pada akhir pekan. Hal ini memicu dampak positif dan negatif yang dapat memengaruhi nilai jual kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan minuman kopi best seller di Coffe Shop Kaula Muda dengan menggunakan metode MOORA (MultiObjective Optimization by Ratio Analysis). Metode MOORA dipilih karena mudah dipahami dan diimplementasikan, serta mampu mengoptimalkan beberapa kriteria sekaligus. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasa, harga, dan tampilan. Data penjualan kopi dikumpulkan selama periode tertentu untuk dianalisa menggunakan metode MOORA. Penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kopi dengan nilai MOORA tertinggi adalah minuman kopi best seller di Coffe Shop Kaula Muda. Metode MOORA terbukti efektif dalam menentukan minuman kopi best seller dengan mempertimbangkan kriteria rasa, harga, dan tampilan. Hasil penelitian ini dapat membantu Coffe Shop Kaula Muda dalam mengambil keputusan terkait strategi pemasaran dan penjualan kopi. Kata Kunci: Coffe Shop Kaula Muda; Sistem Pendukung Keputusan; Metode MOORA

 


Full Text:

PDF

References


F. Sophya Suciati, R. Deni Muhammad Danial, and A. Muhamad Ramdan, “Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Kapabilitas Pemasaran dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada Coffee Shop,” vol. 8, no. 1, pp. 37–45, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU

M. S. Hidayat, K. Kunci, K. Produk, K. Layanan, and K. Pembelian, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COFFEE SHOP DI KOTA GRESIK,” 2021.

C. B. Gunawan and S. Syahputra, “Analisis perbandingan pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan coffee shop di Bandung,” Jurnal Manajemen Maranatha, vol. 20, no. 1, pp. 51–62, Nov. 2020, doi: 10.28932/jmm.v20i1.2935.

Muchammad Faisal Ramadhan and U. N. Rosyad, “Strategi Branding Kopi Kewadanan dalam Menghadapi Persaingan,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 1, no. 1, pp. 15–21, Jul. 2021, doi: 10.29313/jrpr.v1i1.78.

“139-146+ANALISIS+KUALITAS+PRODUK+DAN+LAYANAN+TERHADAP+LOYALITAS+PELANGGAN+DI+AMARO+COFFEE+SHOP”.

O. Kiki Joesyiana et al., “Open Journal Systems ANALISIS KREATIFITAS DAN INOVASI PENGUSAHA COFFEE SHOP SUBSEKTOR PENIKMAT KOPI DI PEKANBARU,” vol. 14, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/

K. Gandhy, M. Program, S. Manajemen, F. E. Unkris, and A. S. Safrianto, “Jurnal Ekonomi dan Industri Kurnia Gandhy dan Arief Syah Safrianto PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN COFFEE SHOP SAN9A GALAXY”.

N. Prima Waluyowati, M. Irsyad Gulam Bustomi Manajemen, and F. Ekonomi dan Bisnis, “KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN COFFEE SHOP”, doi: 10.21776/jmppk.

A. Chairina Yahya, “PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEBERADAAN COFFEE SHOP DAN BARISTA PADA ERA PEMASARAN KOPI KE TIGA,” 2021.

C. B. Fauzi and S. L. Mandey, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI COFFEE SHOP PULANG MANADO ANALYSIS OF MARKETING STRATEGIES TO INCREASE COMPETITIVENESS IN COFFEE SHOP PULANG MANADO,” J.J. Rotinsulu 51 Jurnal EMBA, vol. 10, no. 2, pp. 51–62, 2022.

R. Ferita Wahyu and F. Gea, “Bulletin of Information Technology (BIT) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Parking Area Menerapkan Metode MOORA,” Bulletin of Information Technology (BIT), vol. 2, no. 3, pp. 107–117, 2021.

M. Ilham, I. Parlina, A. Maulana, E. K. Lubis, and S. I. Sari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan SMA Negeri Terfavorit Kota Pematangsiantar Menggunakan Metode MOORA,” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 3, no. 2, pp. 16–20, Feb. 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v3i2.861.

M. Sura Aprianto, M. Handika, R. Juliantika, S. Fatimah Sitorus Pane, and T. Adetia Natasya, “Analisis Perbandingan Metode SMART dan MOORA dalam Pemilihan Calon Mustahiq di Masjid Nur-Hadi,” J Comput Sci Technol, vol. 2, no. 2, 2024, doi: 10.59435/jocstec.v2i2.294.

S. Proboningrum and A. Sidauruk, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER KAIN DENGAN METODE MOORA,” Sistem Informasi |, vol. 8, no. 1, pp. 43–48, 2021.

M. Siddik, P. Ramadhani, and W. Salistiawaty, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jam Tangan Menggunakan Metode MOORA,” Sistem Pendukung Keputusan dengan Aplikasi, vol. 2, no. 1, pp. 12–22, Mar. 2023, doi: 10.55537/spk.v2i1.115.

A. Afrisawati and S. Sahren, “ANALISIS PERBANDINGAN MENGGUNAKAN METODE MOORA DAN WASPAS PEMILIHAN BIBIT SAPI POTONG TERBAIK,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 3, pp. 269–276, Aug. 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i3.827.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v4i2.3246

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.