RANCANGAN SISTEM PENDATAAN BARANG INVETARIS BLK AL-MUCHSIN DI PEGANDON TAHUN 2019-2022

Bagus Aji Pradana, Taufik Hidayat, Yuni Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi sistem informasi untuk pengolahan data barang inventaris yang ada di BLK Al-Muchsin agar lebih efektif dan efisien saat melakukan pendataan barang yang ada di balai yang sebelumnya hanya menggunakan sistem pendataan sederhana seperti pembukuan manual dan data Microsoft Excel. Sistem informasi ini dibuat karena di dalam balai ini barang-barang inventaris yang ada adalah barang-barang milik yayasan dan sebagian darinya juga milik pemerintah dimana dari pihak BLK menjalin kerjasama dengan pihak Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Kemnaker RI terkait dana pengadaan barang inventaris. Penelitian ini merupakan adaptasi dan replikasi dari penelitian Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web di Desa Kusik Batu, Kalimantan Barat yang dibuat oleh A. O. Pranoto dan Eko Sediyono. Di Desa Kusik Batu ini, masih banyak mengelola data secara manual salah satunya pengelolaan dan penyimpanan data inventaris barang. Pengelolaan dan penyimpanan data inventaris barang hanya dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan microsoft excel untuk mencatat semua data inventaris barang yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya suatu rancangan sistem informasi inventaris barang berbasis web di Kantor Desa Kusik Batu Lapu, Kalimantan Barat ini. Sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP serta MySQL untuk database-nya. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi pendataan inventaris barang yang efektif yaitu yang dikelola penuh oleh seorang administrator dalam mengendalikan semua informasi yang berkaitan dengan tata kelola  barang inventaris dan data keluar-masuknya barang, serta diberikan fasilitas menu laporan yang dapat dicetak dalam bentuk data PDF. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sistem mampu meningkatkan tata kelola inventarisasi barang dan pendataan yang efektif

Keyword : Information system, Inventory, Website, PHP, dan MySQL.


Full Text:

PDF

References


Setioardi, M. A. (20/20). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Barang Inventaris Berbasis Web Di SMAN 24 Kabupaten Tangerang.

Hidayat, I. I., & Topiq, S. (2022). Perencanaan Sistem Informasi Pengelolaan Inventaris Aset Barang Di PT Arta Boga Cemerlang. eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 3(1), 140-153.

Bimantoro, Z., & Suprianto, S. (2022, August). Sistem Informasi Inventaris Barang Pada SDN Jemirahan Berbasis Web. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1, pp. 130-134).

Pranoto, A. O., & Sediyono, E. (2021). Perancangan sistem informasi inventaris barang berbasis web. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 7(2), 357-372.

Oktaviani, N., & Widiarta, I. M. (2019). Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web Pada SMP Negeri 1 Buer. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, 1(2), 160-168.

Driyani, D., Khotijah, S., & Juliana, J. (2021, July). Perancangan Aplikasi Pengetahuan Gerakan 5M Covid-19 Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).

Mahardita, H. R. (2017). Efektivitas dan Efisiensi Kerja Aparatur Sipil Negara di Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(01), 133-144.

Riswanto, B. (2022). Pengembangan Prototype Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Service Enginering Guna Mendukung Peningkatan Kualitas Layanan. Scientia Regendi, 3(2), 36-47.

Harta, S. P., & Kusworo, H. (2016). Penerapan Pengolahan Data Dengan Private Cloud Untuk Peminjaman Dokumen Studi Kasus Pada Pt Tirto Jakarta. Cki On Spot, 9(2).

Udaksana, A. P. C., & Kusaeri, W. R. (2018, October). Rancang Bangun Aplikasi Digital School Dengan Java NetBeans IDE 8.1. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 9, pp. 332-336).

Prabowo, D. L., Salim, M., Hariyanti, N., & Marta, R. F. (2022). Pengaruh Terpaan Tayangan Video YouTube Otodriver




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v4i1.3046

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.