APLIKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK JENIS KEMASAN PRODUK UMKM

Arianto Chandra, Muhammad Sabir Ramadhan

Abstract


Abstract: The product packaging plays a crucial role in attracting consumers' attention and enhancing the value of a product, especially for small and medium enterprise (SME). However, SME often face limitations in designing attractive and innovative packaging due to resource constraints and limited graphic design knowledge. Therefore, this research aims to develop an Augmented Reality (AR)-based application that can assist SME in designing more appealing and impactful product packaging. The result of this research is an AR application that can be downloaded and used by SME to simplify the consultation process with advisors at the Coal Packaging House. One common issue is the distance limitation for consulting on the type of packaging to be created, which can be overcome with this AR application. This AR application enables SME to choose their product packaging types in interactive 3D forms, allowing them to explore various packaging designs and select the most suitable one for their products. Initial evaluations indicate that this AR application can support SME in consulting with advisors at the Coal Packaging House, thus improving their product packaging designs, increasing product appeal, and ultimately boosting sales. Additionally, this application also positively contributes to SME understanding of AR technology and better packaging design. This research also contributes to our understanding of how AR technology can be utilized to support SME.

Keyword: Augmented Reality (AR); SME; Packaging.

 


Abstrak: Kemasan produk memiliki peran penting dalam menarik perhatian konsumen dan meningkatkan nilai jual suatu produk, terutama untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, UMKM seringkali menghadapi keterbatasan dalam merancang kemasan yang menarik dan inovatif karena keterbatasan sumber daya dan pengetahuan desain grafis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) yang dapat membantu UMKM dalam merancang kemasan produk yang lebih menarik dan berkesan. Aplikasi AR ini memungkinkan UMKM untuk memilih jenis kemasan produk mereka dalam bentuk 3D yang interaktif, memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi berbagai desain kemasan dan memilih yang paling sesuai dengan jenis produk mereka.  Hasil evaluasi awal menunjukkan bahwa aplikasi AR ini dapat mendukung UMKM untuk berkonsultasi dengan para Pendamping Rumah Kemasan Batu Bara sehingga dapat meningkatkan desain kemasan produk mereka, meningkatkan daya tarik produk, dan akhirnya meningkatkan penjualan. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman UMKM tentang teknologi AR dan desain kemasan yang lebih baik. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pemahaman kita tentang bagaimana teknologi AR dapat digunakan dalam mendukung UMKM.

Kata kunci: Kemasan; Augmented Reality; UMKM.


Full Text:

PDF

References


Meyninda, “Analisis Kepraktisan Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Islam-Sains Berbantuan Media Augmented Reality,” Proceeding Antasari Int. Conf., 2020.

I. Aripin and Y. Suryaningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf,” Sainsmat J. Ilm. Ilmu Pengetah. Alam, vol. 8, no. 2, p. 47, 2019, doi: 10.35580/sainsmat82107192019.

M. Z. Mohd Fadzil and N. A. Z. Mohd Noor, “Mengintegrasikan Augmented Reality dalam Pembelajaran Bentuk 2D dan 3D,” J. Eng. Technol. Appl. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 12–22, 2023, doi: 10.36079/lamintang.jetas-0501.500.

A. anggraini Feby Wulandari Sembiring, Dewi Anggraeni, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI PERSONIL DARAT DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN ASAHAN BERBASIS WEBSITE,” vol. 3, no. 17, pp. 187–194, 2023.

L. Hakim, Triowali Rosandy, and Hariyanto Wibowo, “Implementasi Augmented Reality Pada Profile Provinsi Di Pulau Sumatera Untuk Siswa SDN 2 Kutadalom Berbasis Android,” J. RESTIKOM Ris. Tek. Inform. dan Komput., vol. 5, no. 2, pp. 209–221, 2023, doi: 10.52005/restikom.v5i2.159.

Devra Anggara, Ni Luh Gede Ambaradewi, and I Putu Yoga Bawantara, “Aplikasi Pemesanan Menu Pada Edery Cafe Berbasis Android,” J. Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 13, no. 1, pp. 29–37, 2023.

M. Y. Angkat, A. B. Osmond, and A. S. R. Ansori, “Membandingkan Algoritma Djikstra Dengan Algoritma a * Star Menggunakan Metode Logika Fuzzy Di Unity 3D Comparing the Djikstra Algorithm With the a * Star Algorithm Using the Fuzzy Logic Method in Unity 3D,” e-Proceeding Eng., vol. 7, no. 1, pp. 1484–1490, 2020.

L. Setiyani, “Pengujian Sistem Informasi Inventory Pada Perusahaan Distributor Farmasi Menggunakan Metode Black Box Testing,” Techno Xplore J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2019, doi: 10.36805/technoxplore.v4i1.539.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v3i3.2850

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.