KONSEP E-CRM UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN SERTA MINAT BELI PELANGGAN TOKO CICI BUSANA

Raja Fazlun Dinara, William Ramdhan, Wan Mariatul Kifti

Abstract


Abstract : Technological developments in the current digital era are very rapid, which influences the widespread use of technology, especially in the business sector. To maintain profits and business continuity in increasingly fierce competition, business people need to adopt the right strategy. Toko Cici Busana, a clothing sales shop in Asahan Regency. The shop experienced problems in marketing and managing sales data which was still manual, resulting in unstable sales increases and decreases. Therefore, the author believes that the application of the Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) concept can be the right solution for and to increase sales turnover and customer buying interest at the Cici Busana Store. Features such as product promotions, discounts, free shipping, customer reviews, and live chat with admin will be provided on the Toko Cici Busana website. Through this research, the author hopes that E-CRM can overcome existing problems and have a positive impact in increasing sales turnover and customer buying interest in the store.

Keywords : E-CRM; Sales Turnover; Customers; Fashion

 

Abstrak : Perkembangan teknologi di era digital saat ini sangat pesat, yang mempengaruhi penggunaan teknologi secara luas, terutama dalam bidang bisnis. Untuk mempertahankan keuntungan dan kelangsungan usaha dalam persaingan yang semakin ketat, pelaku bisnis perlu mengadopsi strategi yang tepat. Toko Cici Busana, sebuah toko penjualan pakaian di Kabupaten Asahan. Toko tersebut mengalami kendala dalam pemasaran dan pengelolaan data penjualan yang masih manual, mengakibatkan kenaikan dan penurunan penjualan yang tidak stabil. Oleh karena itu, penulis berpendapat bahwa penerapan konsep Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dapat  menjadi solusi  yang tepat untuk serta untuk meningkatkan omzet penjualan dan minat beli pelanggan pada Toko Cici Busana. Fitur-fitur seperti promosi produk, diskon, gratis ongkir, ulasan pelanggan, dan live chat dengan admin akan disediakan dalam website Toko Cici Busana. Melalui penelitian ini, penulis berharap E-CRM dapat mengatasi permasalahan yang ada dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan omzet penjualan serta minat beli pelanggan pada toko tersebut.

Kata kunci : E-CRM; Omzet Penjualan; Pelanggan; Fashion


Full Text:

PDF

References


S. F. W. dan H. Firmansyah, “Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Convese,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, no. 1, p. 11, 2021.

D. Afiani, “Pengaruh Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Stars,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 7, no. 3, pp. 30–38, 2019.

D. Pertiwi, Y. Siagian, and A. K. Syahputra, “E-Crm for Sales of Fashion Products At Jannah Simpang Four Boutique,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 4, pp. 929–937, 2022, doi: 10.20884/1.jutif.2022.3.4.474.

W. M. Kifti, A. Muhazir, A. Fauzi, and S. Royal, “PENERAPAN LAYANAN E-CRM PADA MY PONSEL KISARAN,” vol. 4307, no. 1, pp. 72–78, 2023.

H. A. Wiharsono, A. Khoerani, V. U. M. Marsa, A. N. Fitri, and N. Nuryati, “Pengaruh Layanan Pesan Antar Secara Online Selama Masa Pandemi Terhadap Omzet Penjualan Frozen Food di Kota Cimahi,” Pros. Ind. Res. Work. Natl. Semin., vol. 13, no. 01, pp. 997–1004, 2022.

J. Teknologi et al., “Customer Relationship Management (CRM); Penjualan; Pelanggan. 17,” vol. 3, no. 1, pp. 17–24, 2023.

A. Fatimah, “Pengaruh CRM ( Customer Relationship Management ) Dan Kualitas Kerja terhadap Omzet Penjualan pada PT Dok Dan Perkapalan Kodja Bahari ( Persero ) Cabang Banjarmasin,” BIMA J. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 26–33, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1316%0Ahttps://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/download/1316/877.

W. William and B. D. Andah, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Penjualan Pada Pt. Cipta Aneka Buah,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 20–25, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1467.

W. Agustin, R. Adlan, and Y. Efendi, “Pembangunan Website E-CRM (Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith Pekanbaru,” It J. Res. Dev., vol. 3, no. 2, pp. 9–18, 2018, doi: 10.25299/itjrd.2019.vol3(2).1893.

L. L. H. Debbie Mistikaweni, “Penerapan Electronic Customer Relationship (E-Crm) Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Dan Pelayanan Terhadap Pelanggan Catering Handayani,” J. I D E A L I S, vol. 2, no. 2, pp. 72–77, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v3i3.2837

Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF - 242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.