CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN TOKO EGALITE BUNUT ROYAL SHOES

Muhammad Taufik Kamil, Raja Tama Andri Agus, Iin Almeina Lubis

Abstract


Abstract: The development of technology and information is increasingly sophisticated in all fields of technological progress today, especially in the business world, the use of technology to improve their quality and quality, a lot of shops and business entities are updating their sales system to promote their products using online technology. This is in order to attract the attention of customers with various conveniences ranging from product information and ease of transaction. Customer Relationship Management (CRM) is one of the right ways to increase customer interest in the Egalite Jaya Bunut Royal Shoes Store. The implementation of CRM can also create communication links with its customers so that they can retain old customers at this store. The results of the research conducted at the Egalite Jaya Bunut Royal Shoes Store can help increase customer interest, maintain good relations with customers and make it easier for the Egalite Jaya Bunut Royal Shoes Store to sell bunut shoe products that are appropriate and on target.

Keywords: Customer Relationship Management (E-CRM); Customer; Information System.

 

Abstrak: Perkembangan teknologi dan informasi semakin canggih di segala bidang kemajuan teknologi sekarang ini, terutama di dunia bisnis, pemanfaatan teknologi guna meningkatkan kualitas dan mutu mereka, banyak sekali toko-toko maupun badan usaha yang memperbarui sistem penjualan untuk mempromosikan produk mereka dengan menggunakan teknologi secara online hal ini guna untuk menarik perhatian customer dengan beragam kemudahan mulai dari informasi produk serta kemudahan dalam bertransaksi. Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan minat pelanggan pada Toko Egalite Jaya Bunut Royal Shoes. Pengimplementasian CRM juga dapat menciptakan jalinan komunikasi dengan para pelanggannya sehingga dapat mempertahankan pelanggan-pelanggan lama pada toko ini. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada Toko Egalite Jaya Bunut Royal Shoes dapat membantu dalam meningkatkan minat pelanggan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan serta memudahkan Toko Egalite Jaya Bunut Royal Shoes dalam menjualkan produk sepatu bunut yang sesuai dan tepat sasaran.

 

Kata Kunci : Customer Relationship Management (E-CRM); Customer; Sistem Informasi.


Full Text:

PDF

References


D. R. N. P.Pristiyanilicia, “Penerapan Crm Dalam Sistem Informasi Penjualan Dan Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Bintang Kaca Tanjungbalai Ririn,” vol. 1, no. 3, pp. 1–4, 2021.

J. P. Wildyaksanjani and D. Sugiana, “Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero),” J. Kaji. Komun., vol. 6, no. 1, p. 10, 2018, doi: 10.24198/jkk.v6i1.8754.

H. Agustin, “Sistem informasi manajemen menurut prespektif islam,” vol. 1, pp. 63–70, 2018.

Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77, 2018.

N. A. Rahmawati and A. C. Bachtiar, “Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 14, no. 1, p. 76, 2018, doi: 10.22146/bip.28943.

A. Fauzi and E. Harli, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 76–81, 2017, doi: 10.29207/resti.v1i1.16.

E. Rosinta and D. Hasibuan, “Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT . Buana Telekomindo,” J. TIMES (Techonology Informatics Comput. Syst., vol. VII, no. 1, pp. 8–14, 2018.

Muhammad, “Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Buku Tanah Di Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2018.

V. Tasril, F. Wibowo, and U. P. Pancabudi, “Virdyra Tasril 1 ) , Khairul 2 ) Fachrina Wibowo 3 ),” vol. 7, no. 3, pp. 133–142, 2019.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),” J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

N. R. Rahma Syabania, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Rekayasa Inf., vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v2i3.1884

Article Metrics

Abstract view : 496 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.