KLASTERISASI PENJUALAN UNTUK MENENTUKAN BAHAN BANGUNAN TERLARIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS DI UD MAJU BERSAMA

Desy Julika Sari, Wiwin Handoko, Parini Parini

Abstract


Abstract: UD Maju Bersama is a business engaged in sales. This business sells building materials and building material tools such as cement, zinc, iron, paint and so on. In this case, UD Maju Bersama in its business does not yet use a computer to run its system, therefore sales data and purchase data are not well structured, so that UD Maju Bersama has difficulty in determining which building materials are in demand. The purpose of this research is to make it easier for UD Maju Bersama to find out which building materials are in demand so that they can be restocked. Therefore, a system was created with the help of the K-Means Clustering method, this method is used because this method has the ability to group data with a large enough quantity of data in an efficient manner so that later it can find out which building materials are in demand. In this study, perform calculations by grouping the data into 3 clusters, namely sales that are not selling well, selling well and selling very well. So that the results of this study are data on 2 items of building materials that will be re-stocked, namely Cement 3 wheels and Semen Andalas. This system is intended for UD Maju Bersama in determining the building materials to be stocked or purchased in advance so that later there will be no accumulation of goods in the warehouse.

 

Keywords: Data Mining; K-Means Clustering; Sale.

 

 

Abstrak: UD Maju Bersama merupakan usaha yang bergerak dibidang penjualan. Usaha ini melakukan penjualan bahan-bahan bangunan  dan alat-alat bahan bangunan seperti Semen, Seng, Besi, Cat dan lain sebagainya. Dalam hal ini UD Maju Bersama dalam bisnisnya belum menggunakan komputer untuk menjalankan sistemnya oleh karena itu data penjualan, data pembelian tidak tersusun dengan baik, sehingga UD Maju Bersama kesulitan dalam menentukan bahan bangunan yang sangat laris. Tujuan dari peneitian ini dilakukan agar dapat mempermudah UD Maju Bersama dalam mengetahui bahan bangunan yang sangat laris sehingga dapat distok ulang. Maka dari itu dibuat sistem dengan bantuan metode K-Means Clustering, metode ini digunakan karena metode ini memiliki kemampuan untuk mengelompokkan data dengan kuantitas data yang cukup besar dengan cara efisien sehingga nantinya dapat mengetahui bahan bangunan yang sangat laris. Dalam penelitian ini melakukan perhitungan dengan mengelompokkan data menjadi 3 kluster yaitu penjualan kurang laris, cukup laris dan sangat laris. Sehingga hasil dari penelitian ini yaitu didapat data 2 item bahan bangunan yang akan di stok ulang yaitu Semen 3 roda dan Semen Andalas. Sistem ini ditujukan agar UD Maju Bersama dalam menentukan bahan bangunan yang akan distok atau dibeli terlebih dahulu sehingga nantinya tidak akan terjadi penumpukan barang digudang.

 

Kata Kunci: Data Mining; K-Means Clustering; Penjualan.


Full Text:

PDF

References


A. Aqirati, “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode K-Means Clustering Untuk Klasterisasi Pola Penjualan Pestisida (Studi Kasus Di Toko Raja Bina Tani),” J. Perencanaan, Sains, Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 61–86, 2019.

M. H. Fakhriza and K. Umam, “ANALISIS PRODUK TERLARIS MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA ‘PT.SUKANDA DJAYA,’” J. Inform., pp. 8–15, 2021.

P. D. P. Silitonga and M. Ginting, “Klasterisasi Keranjang Belanja DENGAN MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING,” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 164–168, 2018.

M. H. Siregar, “Data Mining Klasterisasi Penjualan Alat-Alat Bangunan Menggunakan Metode K-Means (Studi Kasus Di Toko Adi Bangunan),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 1, no. 2, pp. 83–91, 2018, doi: 10.36378/jtos.v1i2.24.

Y. D. Darmi and A. Setiawan, “Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk,” J. Media Infotama, vol. 12, no. 2, pp. 148–157, 2016, doi: 10.37676/jmi.v12i2.418.

Normah, S. Nurajizah, and A. Salbinda, “Penerapan Data Mining Metode K-Means Clustering Untuk Analisa Penjualan Pada Toko Fashion Hijab Banten,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 7, no. 1, pp. 158–163, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

F. Hadi and Y. Diana, “Pengklusteran Penjualan Bahan Bangunan Menggunakan Algoritma K-Means,” JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 4, no. 1, p. 22, 2020, doi: 10.35145/joisie.v4i1.629.

D. G. Ramadhan, I. Prihatini, and F. Liantoni, “Analisis Clustering Pengelompokan Penjualan Paket Data Menggunakan Metode K-Means,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 33–38, 2021, doi: 10.31937/ti.v13i1.1981.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v2i2.1690

Article Metrics

Abstract view : 501 times
PDF - 379 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.