IMPLEMENTASI E-CRM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI TOKO MATRIX CELLULER BERBASIS WEB

Angel Bintang Masrina, Muhammad Amin, Pristiyanilicia Putri

Abstract


Abstract : Matrix Celluler who is on the road Prof. H.M. Yamin No.16, Kisaran Naga, Kec. Kisaran Eastern, Asahan Regency, North Sumatera namely store that process transactions in cash and credit with sales products namely Handphone Samsung, Vivo, Oppo, dan Nokia. Besides Handphone, Matrix Celluler also provide Accessories in the form of Charger, Antigores, Handsfree, and Softcase. This research was conducted with the aim of designing a new system, namely Customer Relationship Management that is attractive and effective for sales and customer service according to the needs of the store and customers, Helping Cellular Matrix give trust to customers by implementing cash, credit and COD (Cash) transaction features. On Delivery) in the system and provide solutions to increase sales revenue at Matrix Celluler stores such as implementing coin and voucher features to customers. The research method use qualitative methods with a qualitative descriptive design format with data collection techniques, namely interview, observation and library research. This system is designed using several software namely Sublime Text 3, XAMPP, PHP, dan MySQL.

 

Keywords : Increase Sales; CRM, Design; and Website.

 

Abstrak : Matrix Celluler yang  berada di jalan Prof. H.M. Yamin No.16, Kisaran Naga, Kec. Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara yakni sebuah toko yang melakukan proses transaksi secara cash dan kredit dengan produk penjualan yaitu Handphone Samsung, Vivo, Oppo, dan Nokia. Selain Handphone, Matrix Celluler juga menyediakan Accessories berupa Charger, Antigores, Handsfree, dan Softcase. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang suatu sistem yang baru yaitu Customer Relationship Management yang menarik dan efektif untuk penjualan dan pelayanan pelanggan sesuai dengan kebutuhan pihak toko dan pelanggan, Membantu Matrix Celluler memberikan kepercayaan kepada pelanggan dengan menerapkan fitur transaksi cash, kredit dan COD (Cash On Delivery) di sistem dan memberikan solusi dalam meningkatkan hasil pendapatan penjualan di toko Matrix Celluler seperti menerapkan fitur koin dan voucher kepada pelanggan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan format desain deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan penelitian kepustakaan. Sistem ini di rancang dengan menggunakan beberapa software yaitu Sublime Text 3, XAMPP, PHP, dan MySQL.

 

Kata Kunci : Meningkatkan Penjualan; CRM; Perancangan; Website.

 


Full Text:

PDF

References


A. Yohari, I. Ardiansah, and D. Purnomo, “Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Ketersediaan,” vol. XXI, no. 1, pp. 1–14, 2019.

E. Rosinta and D. Hasibuan, “Implementasi Customer Relationship Management Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT . Buana Telekomindo,” J. TIMES (Techonology Informatics Comput. Syst., vol. VII, no. 1, pp. 8–14, 2018.

B. D. Andah and W. William, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Penjualan Pada Pt . Cipta Aneka Buah,” I D E a L I S, vol. 3, pp. 20–25, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v2i2.1683

Article Metrics

Abstract view : 655 times
PDF - 446 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.