IDENTIFIKASI RESELLER TERBAIK PENERIMA BONUS BULANAN DENGAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY PADA TOKO RANISHOP

Indah Purnama Sari, Rolly Yesputra, Dewi Maharani

Abstract


Abstract : Ranishop shop is located in Asahan district, with a number of resellers of approximately 241 people. Ranishop stores give bonuses to the five best resellers for each month. The process of selecting the best reseller is carried out by employees with manual calculations. Manual calculations result in the results of the selection taking a long time. Determination of the best reseller, carried out every month. Therefore, an information system based on a decision support system is needed to speed up the process of selecting the best reseller. The decision support system made must be able to facilitate employees and shop owners in making decisions about choosing the best reseller. The calculation process begins by entering period data, alternative data, followed by the process of entering criteria data. The last process, performs calculations using the Multi Attribute Utility Theory (MAUT) method. The results of the calculation process with the MAUT method will be sorted from the highest value to the lowest. Resellers who rank first to fifth will get a monthly bonus. The program created by the researcher is 100% the same as the results of calculations carried out by employees manually, but the MAUT program and method greatly accelerates the work of employees to determine the best reseller, so that work effectiveness is better. Keywords : Decision Support System; Multi Attribute Utility Theory; Reseller.

 

 

Abstrak: Toko Ranishop berada di kabupaten Asahan, dengan jumlah reseller lebih kurang 241 orang. Toko Ranishop memberikan bonus kepada lima reseller terbaik untuk setiap bulannya. Proses pemilihan reseller terbaik dilakukan oleh karyawan dengan perhitungan secara manual. Perhitungan secara manual mengakibatkan hasil dari pemilihan membutuhkan waktu yang lama. Penentuan reseller terbaik, dilaksanakan setiap bulannya. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi yang berbasis sistem pendukung keputusan untuk mempercepat proses pemilihan reseller terbaik. Sistem pendukung keputusan yang dibuat harus dapat mempermudah karyawan dan pemilik toko dalam pengambilan keputusan tentang pemilihan reseller terbaik. Proses perhitungan dimulai dengan melakukan memasukkan data periode, data alternatif, dilanjutkan dengan proses memasukkan data kriteria. Proses yang terakhir, melakukan perhitungan menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Hasil proses perhitungan dengan metode MAUT akan di urutkan dari nilai tertinggi sampai yang terendah. Reseller yang menempati urutan pertama sampai urutan kelima, akan mendapatkan bonus bulanan. Program yang dibuat oleh peneliti 100% sama dengan hasil perhitungan yang dilakukan oleh karyawan dengan cara manual, tetapi dengan program dan metode MAUT sangat mempercepat kerja  karyawan untuk menentukan reseller terbaik, sehingga efektivitas kerja menjadi lebih baik.

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan; Multi Attribute Utility Theory; Reseler.


Full Text:

PDF

References


D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, vol. 4, no. 1, p. 62, 2018, doi: 10.31289/simbollika.v4i1.1474.

F. I. Prabowo, Y. Keke, and B. Istidjab, “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Pt Sarana Bandar Logistik,” J. Manaj. Pemasar., vol. 15, no. 2, pp. 75–82, 2021, doi: 10.9744/pemasaran.15.2.75-82.

J. Khulwah, “Jual Beli Dropship Dalam Prespektif Hukum Islam,” Al-Mashlahah J. Huk. Islam dan Pranata Sos., vol. 7, no. 01, p. 101, 2019, doi: 10.30868/am.v7i01.548.

N. Marpaung, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan,” Jurteksi, vol. 4, no. 2, pp. 171–178, 2018, doi: 10.33330/jurteksi.v4i2.58.

Z. Azhar, “Penentuan Penempatan Karyawan Baru Di Pdam Kisaran Dengan Metode Smart,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 179–184, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurteksi/article/view/46.

M. A. Akbar, “ANALISIS HUBUNGAN DISTRIBUTOR DENGAN OUTLET DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA SELLING IN.”

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Publisher, 2007

Wahidmurni, “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif,” Repos. UIN Malang, vol. 6, pp. 5–9, 2017, [Online]. Available: http://repository.uin-malang.ac.id/1984/2/1984.pdf.

A. T. Lestari, N. Novita, and T. Widiastuti, “Metode multi attribute utility theory (maut) berbasis web pada sistem pendukung keputusan pemberian komisi untuk salesman pt. bandar trisula palembang,” vol. 1, no. 1, pp. 22–29, 2020.

Y. Setiawan and S. Budilaksono, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Lulusan Terbaik Dengan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory ( Maut ) Di Stmik Antar Bangsa,” vol. 6, no. 2. Pp. 12-2.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v2i1.1517

Article Metrics

Abstract view : 410 times
PDF - 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.