ALAT PENGENALAN HURUF BRAILLE UNTUK MURID TUNANETRA DENGAN KONTROL ANDROID

Muchlis Maruzi, Nofriadi Nofriadi, Abdul Karim Syahputra

Abstract


Abstract: Education is one of the basic needs that must be met by every individual. Everyone has the right to receive proper education, both normal people and people with special needs, one of which is people with visual needs. In the learning process, blind people generally use special letters in terms of reading and writing, namely braille letters or characters. From the results of observations at SDLB Negeri 017700, a problem was found, namely that there were no special teachers who taught braille and students still had difficulty recognizing braille letters. Therefore, a tool is proposed, namely a braille letter recognition tool with android control based on Arduino with a Servo motor as the tool driver and HC-05 as a link between Android and the device being made. This tool not only aims to assist teachers in delivering material about braille letters, but also aims to help students recognize braille letters.

 

Keywords: Android; Arduino; Braille letters; Education; tool

 

 

Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap individu. Semua orang berhak menerima pendidikan yang layak, baik orang normal maupun orang dengan kebutuhan khusus salah satunya orang dengan kebutuhan Tunanetra. Dalam proses pembelajarannya, penyandang tunanetra umumnya menggunakan huruf khusus dalam hal membaca dan menulis yaitu huruf atau aksara braille. Dari hasil observasi di SDLB Negeri 017700, ditemukan masalah yaitu belum adanya guru khusus yang mengajarkan huruf braille dan murid masih kesulitan dalam mengenali huruf braille. Oleh karena itu, diusulkan alat yaitu alat pengenalan huruf braille dengan kontrol android dengan berbasiskan Arduino dengan motor Servo sebagai penggerak alat dan HC-05 sebagai penghubung antara android dan alat yang dibuat. Alat ini selain bertujuan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi tentang huruf braille, tetapi bertujuan juga untuk membantu murid dalam mengenali huruf braille.

 

Kata Kunci: Alat; Android; Arduino; Huruf Braille; Pendidikan


Full Text:

PDF

References


A. Widiansyah, “Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan,” Manaj. Sist. Pendidikan. Cakrawala, vol. 18, no. 2, pp. 229–234, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala.

I. Zulkarnain and M. Marpaung, “Proses komunikasi antar pribadi pasangan tunanetra pemijat ( studi kasus proses komunikasi antar pribadi pasangan suami istri tunanetra pemijat dalam membina keluarga harmonis di kota Medan ),” Anal. Islam., vol. 3, no. 2, pp. 236–257, 2014, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id.

E. R. Amalia, “Melalui Kegiatan Bernyanyi,” MENGASAH KETERAMPILAN Bhs. ANAK USIA DINI MELALUI Kegiat. BERNYANYI, pp. 1–11, 2001.

R. Hilman, J. S. Komputer, U. K. Indonesia, J. S. Komputer, and U. K. Indonesia, “Alat Pembelajaran Huruf Hijaiyah,” pp. 1–6.

Intan Trivena Maria Daeng, N. . Mewengkang, and E. R. Kalesaran, “91161-ID-penggunaan-smartphone-dalam-menunjang-ak,” e-journal “Acta Diurna,” vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i3.1338

Article Metrics

Abstract view : 506 times
PDF - 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.