Penerapan Sistem Bimbingan Konseling Metode Forward Chaining MTS S PPM Shadr El-Islam Asahan

Eva Darma Yanti, Bachtiar Efendi, Hommy Dorthy Ellyany Sinaga

Abstract


Abstract : Schools have students from various backgrounds who try to educate students so they can have good character. Guidance and counseling are assistance services provided to students who have personal problems and to be able to plan for the student's future. The MTs S PPM Shadr El-Islam Asahan school according to the data in the ninth grade, some of the students did not obey the existing regulations in the school. The counseling guidance process is still carried out manually, sometimes the counseling guidance teacher is not in the room all the time so it can hinder students who want to do consultations, the problem of time for consulting is also an obstacle for students who can only consult during school hours and can determine what sanctions should be given to students who violate school regulations. The purpose of this research is to create a system in which the system can determine what sanctions should be given to students who violate school rules, then the forward chaining method is used. The results of the research on the application of the counseling guidance system using the web-based forward chaining method that has been designed can help if the counseling guidance teacher is not in the school environment, it can be replaced by another teacher, the substitute for the counseling guidance teacher can provide sanctions by looking at the existing violation data system.

 

Keywords: Counseling Guidance; Forward Chaining Method; Php Web Application.

 

 

Abstrak: Sekolah memiliki siswa dari berbagai latar belakang yang berusaha mendidik siswa agar memiliki karakter yang baik. Bimbingan dan konseling merupakan layanan bantuan yang diberikan kepada siswa yang mempunyai permasalahan pribadi dan dapat merencanakan masa depan siswa tersebut. Sekolah MTs S PPM Shadr El-Islam Asahan sesuai dengan data yang ada di kelas sembilan sebagian dari siswa tersebut tidak mentaati peraturan yang ada di sekolah. Proses bimbingan konseling masih dilakukan secara manual, terkadang guru bimbingan konseling tidak setiap saat ada di ruangan sehingga dapat menghambat para siswa yang ingin melakukan konsultasi, permasalahan waktu untuk melakukan konsultasi juga menjadi hambatan untuk para siswa yang hanya dapat berkonsultasi pada saat jam sekolah dan dapat menentukan sanksi apa yang harus diberikan untuk siswa yang melanggar peraturan sekolah.  Tujuan penelitian untuk membuat sebuah sistem yang dimana sistem tersebut dapat menentukan sanksi apa yang harus diberikan untuk siswa yang melanggar peraturan sekolah, maka digunakan metode forward chaining. Hasil dari penelitian penerapan sistem bimbingan konseling menggunakan metode forward chaining berbasis web yang telah dirancang dapat membantu jika guru bimbingan konseling sedang tidak berada di lingkungan sekolah maka dapat digantikan dengan guru lain, pengganti guru bimbingan konseling tersebut dapat memberikan sanksi dengan melihat data pelanggaran yang ada pada sistem.

 

Kata Kunci : Aplikasi Web Php; Bimbingan Konseling; Metode Forward Chaining.


Full Text:

PDF

References


M. M. Syah and A. Gunawan, “Cikembar, Sistem Pakar Bimbingan Dan Konseling Siswa Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web Pada Sman 1,” Sniptek 2016, pp. 81–90, 2016.

Dicky eka putra, “rancang bangun sistem informasi bimbingan konseling berbasis web pada smp negeri 39 surabaya,” 14410100129-2018-complate, p. 84, 2018.

E. J. Permana, “Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara,” PSIKOPEDAGOGIA J. Bimbing. dan Konseling, vol. 4, no. 2, p. 143, 2015, doi: 10.12928/psikopedagogia.v4i2.4493.

D. Laidawati and Y. Yuhandri, “Sistim Pakar Konseling Mata Pelajaran Pilihan UNBK Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 3, pp. 1–6, 2019, doi: 10.35134/jsisfotek.v1i3.2.

Wahidmurni, “pemaparan metode penelitian kuantitatif,” 1985, p. 16, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i3.1308

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.