Penerapan Strategi Customer Relationship Management Pada Penjualan Kerajinan Tangan

Zulika Maduri, Jeperson Hutahaean, Sri Rezki Maulina Azmi

Abstract


Abstract: This research aims to manage sales data of various handicraft products online and improve customer service at Fahraz Glass Store using Customer Relationship Management (CRM) method. The research method used in this research is qualitative method. The application is built using php programming language and Mysql database. The implementation of Customer Relationship Management method at Fahraz Glass Store makes it easy for customers to get the latest product information and make product purchase transactions quickly. In addition, with the facilities of comments, customers can do product testimonials, submit questions, criticisms and suggestions and get answers directly from the admin so as to improve service to customers.

 

Keywords: Customer Relationship Management, Handicraft Products, Member

 

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengelola data penjualan berbagai macam  produk kerajinan tangan secara online dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan pada Toko Glass Fahraz menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database Mysql. Hasil implementasi penerapan metode Customer Relationship Management pada Toko Glass Fahraz memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi produk terbaru dan melakukan transaksi pembelian produk secara cepat. Selain itu dengan adanya fasilitas komentar maka pelanggan dapat melakukan testimoni produk, menyampaikan pertanyaan, kritik mupun saran dan memperoleh jawaban langsung dari admin sehingga dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.

 

Kata Kunci: Customer Relationship Management, Kerajinan Tangan, Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Carissa, O. A., Fauzi, A., & Kumadji, S. 2014. “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bandung Sport Distro Malang)”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.15, No.1, h.1-11 (Online).

Fardhani, K. F., Rachmawati, I., & Prabowo, F. S. 2016. Pengaruh Custorelationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan English First Samarinda The Effect Of Customer Relationship Management ( CRM ) On Customer ’ S Loyalty Of English First Samarinda. E-Proceeding Of Management, 3(2), 986–989

Malawat, S.M., Harwini, D., Mulyani, N., Hutahaean, J. 2018. "E-Commerce Penjualan Menggunakanmetode Customer Relationship Management(CRM)". Jurnal Mantik Penusa Vol. 2, No. 2 Desember 2018, pp. 98-104.

Rosinta, E., Hasibuan, D. 2018. "Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT. Buana Telekomindo". Jurnal TIMES Volume VII No 1, Juni 2018 hal. 8 – 14.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i1.1048

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.