Perbaikan Proses Produksi dan Peningkatan Pemasaran pada UKM Putri Timus Di Karanganyar

Ida Giyanti, Erni Suparti, Sunardi Sunardi, Sugiarti Sugiarti

Abstract


Abstract: Timus is one of the famous traditional foods in the Central Java region. Putri Timus is one of the Small Medium Enterprise (SME) in Karanganyar district producing purple Timus. Timus from Putri Timus have one special feature, in which in the inside of the Timus contains Bligo (Benincasa hispida) fruit with various benefits. Although Putri Timus has product differentiation, product by Putri Timus is not well known to the public. The production process was carried out on a home scale and has not fully implemented production standards based on the criteria for Good Food Manufacturing Practices for Home Industry (CPPB-IRTP). This community service program aims to help Putri Timus to implement hygiene requirements in food production based on CPPB-IRTP criteria and increase its marketing capacity. The method used to solve the problems were training of Good Food Manufacturing Practice, improvement of production place, facilitation of production cloths and promotional media. The results obtained after community service activities related to the production aspect were increasing knowledge regarding good food production process and improvement of production place. Regarding the marketing aspect, several promotional media have been installed. In addition, there was also an increasing of sales and profit.         

Keywords: traditional food; small medium enterprise; production; marketing 

 

Abstrak: Timus adalah salah satu makanan tradisional yang terkenal di Jawa Tengah. Putri Timus adalah salah satu Usaha Kecil Menengah di kabupaten Karanganyar yang memproduksi timus ungu. Produk dari Putri Timus memiliki satu keistimewaan yakni bagian dalam timus berisi buah Bligo (Benincasa hispida) dengan beragam manfaat. Meskipun produk memiliki diferensiasi, timus isi Bligo hasil produksi Putri Timus belum cukup dikenal masyarakat. Proses produksi dilakukan dalam skala rumahan dimana Putri Timus belum sepenuhnya menerapkan standar produksi berdasarkan kriteria Cara Produksi Pangan yang Baik – Industri Rumah Tangga Pangan (CPPB-IRTP). Program pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu Putri Timus untuk dapat menerapkan syarat higiene dalam produksi pangan berdasarkan kriteria CPPB-IRTP serta meningkatkan kapasitas pemasaran. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan mitra ialah melalui penyuluhan tentang CPPB-IRTP, pembenahan tempat produksi, fasilitasi pakaian produksi dan media promosi. Hasil yang diperoleh setelah kegiatan pengabdian terkait aspek produksi ialah adanya peningkatan pengetahuan karyawan tentang  CPPB-IRTP dan perbaikan tempat produksi yang lebih bersih dan layak. Terkait aspek pemasaran, beberapa media promosi telah dibuat dan dipasang. Selain itu juga terdapat peningkatan jumlah penjualan dan laba dari hasil penjualan timus.

Kata kunci: makanan tradisional; produksi; pemasaran; usaha kecil dan menengah.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, T., & Yudhastuti, R. (2014). Penerapan good manufactoring practices pada industri rumah tangga kerupuk teripang di Sukolilo Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 7(2), 148–158.

Arkeman, Y., Herlinawati, T., Wibawa, D. S., & Adinegoro, H. (2015). FORMULATING STRATEGIES TO IMPROVE FOOD SAFETY OF BAKERY SMALL-MEDIUM ENTERPRISES THROUGH GOOD MANUFACTURING PRACTICE. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 25(1), 43–51.

Asih, E. R., & Arsil, Y. (2019). Penerapan Cara Produksi Pangan Yang Baik Pada IRT Bawang Goreng Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dinamisia, 3(2), 221–227.

BPOM RI. (2012). Pedoman Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga. Jakarta: BPOM RI.

Herlambang, A., Asmawati, E., & Haryono, Y. (2018). Implementation of Good Food Production Method for Kerupuk Household Industry in Sidoarjo. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 31. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.4.1.31-37

Ningsih, S. C., Kintoko, & Putri, P. H. (2020). Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 6–11. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3268

Nurhayati, E., Mulyana, Ekowati, V. I., & Meilawati, A. (2014). INVENTARISASI MAKANAN TRADISIONAL JAWA UNSUR SESAJI DI PASAR-PASAR TRADISIONAL KABUPATEN BANTUL. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2), 124–140.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i2.952

Article Metrics

Abstract view : 530 times
PDF - 440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.