Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kiddy Learning Binder Bagi Guru Paud

Ulfa Yuliasari, Rista Dwi Permata

Abstract


Abstract: Through a workshop and coaching  to make learning media, Kiddy Learning Binder aims to increase the knowledge and skills of early childhood teachers in making educative props in Pusaka KB/TK and Harapan Bangsa Kindergarten at Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Kiddy Learning Binder is an educational teaching aid to intended as a media learning which to be easy in the process of teaching and learning activities. Based on the problem, according to the survey results obtained in the field that the learning media in PAUD institutions are still minimum, and most of skills PAUD teachers are lack to make learning media, they more often bought the learning media than innovate to make their own . The solution to this problem was solved by providing workshop to make Kiddy Learning Binder learning media in Pusaka KB/TK and Harapan Bangsa Kindergarten. The implementation phase of workshop and coaching begins with observation and permission to get society service partners. Next, identify the initial abilities and then implementation by providing material/theory explanations and conducting training practices, and finally the monitoring and evaluation stage by measuring the success of the media that has been made through the training provided.     

Keywords: educative props; kiddy learning binder; media learning

 

Abstrak: Melalui pendampingan dan pelatihan pembuatan media pembelajaran Kiddy Learning Binder ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD dalam membuat alat peraga edukatif di KB/TK Pusaka dan TK Harapan Bangsa Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Kiddy Learning Binder merupakan alat peraga edukatif yang diperuntukkan sebagai media pembelajaran yang memudahkan proses kegiatan belajar mengajar. Didasarkan pada permasalahan, sesuai hasil survei yang diperoleh di lapangan bahwa media pembelajaran pada lembaga PAUD tersebut masih minim, serta sebagian besar guru PAUD kurang mempunyai keterampilan dalam membuat media pembelajaran, mereka lebih sering untuk membeli media pembelajaran daripada berinovasi untuk membuat sendiri. Solusi permasalahan ini dipecahkan dengan memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran Kiddy Learning Binder di KB/TK Pusaka dan TK Harapan Bangsa Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Tahap pelaksanaan pendampingan dan pelatihan diawali dari observasi dan perijinan untuk mendapatkan mitra pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya, mengidentifikasi kemampuan awal lalu pelaksanaan dengan memberikan penjelasan materi/teori dan melakukan praktek pelatihan, serta yang terakhir tahap monitoring dan mengevaluasi dengan mengukur keberhasilan media yang telah dibuat melalui pelatihan yang diberikan.

 Kata kunci: alat peraga edukatif; kiddy learning binder; media pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Daring, K. (2016). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tersedia Di: Http://Kbbi. Kemdikbud. Go. Id/Entri/Terampil.[Diakses: Juni-November 2016].

Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Gava Media.

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan pengembangan sumber belajar untuk anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Farendra, M. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Literasi Pembelajaran SAINS di Sekolah Dasar. Repository Unja. https://repository.unja.ac.id/4623/1/Mas Fitra Farenda_A1D114040_Artikel -.pdf

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan busy book pada kosakata anak usia dini di paud swadaya Pkk. Metamorfosa Journal, 5(2), 146–155.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Putera Harapan Surabaya. PAUD Teratai, 3(1).

Reed, H. C., Hurks, P. P. M., Kirschner, P. A., & Jolles, J. (2015). Preschoolers’ causal reasoning during shared picture book storytelling: A cross-case comparison descriptive study. Journal of Research in Childhood Education, 29(3), 367–389.

Safitri, D., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6).

Suyadi, T. P. A. U. D. (2014). dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya, 8.

Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan pemanfaatan busy book dalam mempercepat kemampuan membaca untuk anak usia dini di paud budi luhur padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), 28–37.

Wulandari, D. A. N. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris. Paradigma-Jurnal Komputer Dan Informatika, 18(2), 18–24.

Yuliani Nurani, S., & Bambang, S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks. Pengabdian Beliau Pada PAUD Terwujudkan Pada Temuan.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.915

Article Metrics

Abstract view : 410 times
PDF - 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.