PEMANFAATAN INTERNET BERBASIS IT SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BAGI GURU-GURU SD NEGERI 130 PALEMBANG

  • Irma Salamah Politeknik Negeri Sriwijaya http://orcid.org/0000-0001-8707-5336
  • Mohammad Fadhli Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Lindawati Lindawati Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Asriyadi Asriyadi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Raden Kusumanto Politeknik Negeri Sriwijaya

Abstract

Abstrak: Teachers of Palembang 130 Elementary School still use one-way learning patterns where the teacher explains the material in front of the class and only relies on textbooks. Based on the results of interviews and discussions, the ability of SDN 130 Papuan teachers is still lacking. One contributing factor is age, besides the lack of availability of supporting facilities and infrastructure. SDN 130 Palembang teachers are more comfortable using conventional learning methods. They consider that conventional learning methods are easier, less difficult, and assume the material in the book is sufficient. This community service is aimed at providing training to teachers in SDN 130 Palembang in order to make the internet an alternative source of learning. The target to be achieved is to raise the motivation of teachers to recognize the internet as an alternative source of learning. The method used is counseling, direct practice, and discussion. The result of this activity is that teachers are greatly helped in the use of the internet as an alternative source of learning and developing teaching materials. So they don't just use my text as a learning resource.

Keywords: alternative learning resources; IT; internet utilization


Abstract: Guru-guru di SD Negeri 130 Palembang masih menggunakan pola pembelajaran satu arah dimana guru menjelaskan materi di depan kelas dan hanya mengandalkan buku teks. Berdasarkan hasil wawancara dan diskusi, kemampuan guru SDN 130 Papua masih kurang. Salah satu faktor penyebabnya adalah usia, selain kurangnya ketersediaan fasilitas dan infrastruktur pendukung. Guru SDN 130 Palembang lebih nyaman menggunakan metode pembelajaran konvensional. Mereka menganggap bahwa metode pembelajaran konvensional lebih mudah, tidak sulit, dan menganggap materi dalam buku ini sudah cukup. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru di SDN 130 Palembang untuk menjadikan internet sebagai sumber belajar alternatif. Sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan motivasi guru untuk mengenali internet sebagai sumber belajar alternatif. Metode yang digunakan adalah konseling, praktik langsung, dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini adalah para guru sangat terbantu dalam penggunaan internet sebagai sumber belajar alternatif dan mengembangkan bahan ajar. Jadi mereka tidak hanya menggunakan teks saya sebagai sumber belajar.

Kata kunci: alternatif sumber belajar;  IT; pemanfaatan internet

References

Adri, M. (2008). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran. 22–23.

Bahtiar, A. (2018). Survei Penguasaan Guru Sekolah Dasar Terhadap Teknologi Komputer Di Gugus 7 Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018. 1–14.

Lubis, I. A., Aulia, R., Yuma, F. M., Studi, P., & Informasi, S. (2019). PENINGKATAN PEMANFATAN PERAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI MASYARAKAT SEKITAR POLSEK PORSEA KAB . TOBA SAMOSIR PENDAHULUAN. 2(2), 177–180.

Maharani, E. (2018). Kemendikbud: Hanya 40 Persen Guru Siap dengan Teknologi. Republika.co.id.

Murdiono, M. (2010). PELATIHAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PENELUSURAN SUMBER PUSTAKA BAGI GURU-GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SE-KOTA YOGYAKARTA. Jurnal INOTEK UNY, 14(1).

Setiawan, H. S. (2018). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Internet of Things pada Madrasah Darussa’adah. E-DIMAS ; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 167–176

Published
2020-07-02
Section
Articles