OPTIMALISASI APLIKASI MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG PROMOSI WISATA GEOL KEPADA MASYARAKAT DESA PEMATANG SERAI

Sri Wahyuni, Mesra B, Eko Harianto, Supina Batubara

Abstract


Abstract: Amazing attractions are still less widely known to the public, both from the surrounding area and from outside the area, when it has a good tourism potential if it can be promoted properly. Promotions do not necessarily use costly and difficult fees. Promotion can be completed with social media by applying the right technique. People are still a lot less aware and less understand how to optimize social media into promotional media. The purpose of this devotion is to improve the understanding and knowledge of the community, especially in Desa Pematang Serai in optimizing the use of social media as a promotional technique Geol tourism object in the village of Lemongrass. The use of social media can introduce Geol tourism objects that have Dipematang Serai to be known by both domestic and local tourists. Social media is the most appropriate promotional technique in the popularization of Geol tourism objects. With social media promotion to be safe and efficient. The tools used also use a Smartphone and the Internet. Promotion through social media can increase the number of tourists visiting Geol tourist attraction in Pematangserai. The goal of the PKM is to its young teenagers to BUMDES Mozaik who manages the Geol tourism object. Results obtained from PKM activities of the lemongrass Pemtang community experienced an increase in optimizing social media into promotional media.

Keywords: social media; promotions; Geol attractions.

 

Abstrak: Objek wisata Geol masih kurang dikenal masyarakat secara luas, baik dari daerah sekitar maupun dari luar daerah, padahal memiliki potensi pariwisata yang bagus jika dapat dipromosikan secara baik. Promosi tidak mesti menggunakan biaya yang mahal dan sulit. Promosi dapat dilakuakn dengan media sosial dengan menerapkan Teknik yang tepat. Masyarakat masih banyak yang kurang menyadari dan kurang memahami bagaimana mengoptimalkan media sosial menjadi media promosi. Tujuan yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat khususnya di Desa Pematang Serai dalam mengoptimalkan penggunaan Media sosial sebagai Teknik promosi Objek Wisata Geol yang ada di Desa pematang Serai. Penggunaan media sosial dapat memperkenalkan objek wisata Geol yang ada Dipematang Serai agar dikenal oleh wisatawan domestik maupun lokal. Media Sosial adalah Teknik promosi yang paling tepat  dalam mempopulerkan objek pariwisata Geol. Dengan Media Sosial promosi menjadi hemat dan efisien. Alat yang digunakan juga menggunakan Smatrphone dan internet. Promosi yang dilakukan melalui media sosial dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Objek wisata Geol yang ada di Pematang Serai. Sasaran dari PKM ini adalah kepada para remaja khussunya kepada BUMDES Mozaik yang mengelola objek Pariwisata Geol. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini masyarakat pemtang serai mengalami peningkatan dalam mengoptimalakan media sosial menjadi media promosi.

Kata Kunci : media sosial; promosi; objek wisata Geol.


Full Text:

PDF

References


Haryoko, Septian, Ida Aryati, and Damayanti Ratna. 2020. “Potensi Pariwisata Keraton Kasunan Surakarta Di Tinjau Dari Daya Tarik, Lokal Dan Promosi.” 04(01): 155–62.

Hermawan, Hary. 2016. “Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal.” Jurnal Pariwisata 3(2): 105–17.

Muhamad Ismail. 2020. “Strategi Pengembangan Pariwisata Provinsi Papua.” Matra Pembaruan 4(1): 59–69.

Jaelani, Abdul Kadir. 2018. “Pengembangan Destinasi Pariwisata Halal Pada Era Otonomi Luas Di Provinsi Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Pariwisata 5(1): 56–67.

Nugraha, Yudhi Martha. 2018. “Analisis Potensi Promosi Pariwisata Halal Melalui E-.” 3(2): 63–68.

Oroh, Sem, Lisbeth Mananeke, and Stela Sangkaeng. 2015. “Pengaruh Citra, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3(3): 1089–1100.

Sulaa, D I Kelurahan, and Kecamatan Betoambari. 2020. “PELATIHAN CITIZEN JOURNALISM BAGI REMAJA USIA SEKOLAH DI WILYAH PESISIR PANTAI NIRWANA.” : 20–27.

Susyanti, Dewi Winarni, and Nining Latianingsih. 2013. “Potensi Desa Melalui Pariwisata Pedesaan.” Ekonomi dan Bisnis 12(1): 33–36.

Sutedjo, Agus, and Intan Kusuma Wardani. 2017. “Strategi Pengembangan Objek Wisata Gunung Beruk Sebagai Wisata Berbasis Masyarakat Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.” Swara Bhumi 5(2): 26–32.

Warmayana, I Gede Agus Krisna. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata Pada Era Industri 4.0.” Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya 3(2): 81.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i2.582

Article Metrics

Abstract view : 861 times
PDF - 571 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.