PEMANFAATAN E-COMMERCE BAGI GENERASI MILENIAL

Nurul Rahmadani, Masitah Handayani, Rohminatin Rohminatin, Pristiyanilicia Putri

Abstract


Abstract: The growth of the e-commerce market in Indonesia is very high and is one of the largest in the world. As a country whose population is dominated by a mid-level economy, e-commerce is very positively welcomed by the Indonesian population, especially the millennial generation. The millennial generation is a generation of young people today who are currently in the age range of 15-34 years. This generation is the biggest consumer in utilizing the internet in many ways, such as social media and e-commerce. The method used in this service is a simulation using one e-commerce application, namely Shopee. The purpose of this Community Service activity is to utilize e-commerce, especially for millennials so that they can use it in positive terms. The result of this activity was the implementation of Community Service activities attended by 30 students at SMA Negeri 2 Tanjungbalai.

 

Keywords: e-commerce; millennial generation

 

 

Abstrak: Pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia sangat tinggi dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Sebagai negara yang penduduknya didominasi oleh ekonomi tingkat menengah, e-commerce sangat disambut positif bagi penduduk Indonesia, terutama generasi milenial. Generasi milenial merupakan generarasi muda masa kini yang saat ini berusia dalam rentang usia15-34 tahun. Generasi ini merupakan konsumen terbesar dalam memanfaatkan internet dalam banyak hal, seperti sosial media maupun e-commerce. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah simulasi menggunakan salah satu aplikasi e-commerce, yaitu Shopee. Tujuan dilakukannya kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk memanfaatkan e-commerce terutama bagi generasi milenial sehingga dapat memanfaatkannya dalam hal positif. Hasil kegiatan ini ialah terlaksananya kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dihadiri siswa-siswi SMA Negeri 2 Tanjungbalai sebanyak 30 orang.

 

Kata kunci: e-commerce; generasi milenial


Full Text:

PDF

References


Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(3), 388–395.

Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.736

Fauziyah, M. A., Handayani, S., Program, E. E., & Malang, U. N. (2020). Pengaruh Intensitas Pemanfaatan E-commerce Dan Tingkat Literasi Ekonomi Terhadap Tingkat Konsumsi Siswa Di SMA Negeri 4 Malang 1, 2. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 76–83.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.

Naldo, & Satria, H. W. (2018). Studi Observasi terhadap Penggunaan Aplikasi LINE oleh Generasi Millenial. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(1), juli-desember.

Perspectives, D. I. (2019). Generasi Milenial dalam Bagi Sumber Daya Manusia Indonesia atau Ancaman. Generasi Milenial Dalam Industri 4.0: Berkah Bagi Sumber Daya Manusia Indonesia Atau Ancaman, edisi pertama September, 25–36.

Praharjo, A. (2019). Perilaku pembelian secara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis MEDIA EKONOMI, 1999(1), 222–230.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i2.505

Article Metrics

Abstract view : 2030 times
PDF - 937 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.