Sistem Bel Sekolah Otomatis Berbasis Arduino Nano Dan Dfplayer di Mas Islamiyah Hessa Air Genting
Abstract
Abstract: Manual school bell operations in rural areas often cause schedule inconsistencies and reduced discipline. This community service implemented an automatic bell system using an Arduino Nano, RTC DS3231, and DFPlayer Mini at MAS Islamiyah Hessa Air Genting. Activities covered needs assessment, system design, audio preparation, installation, training, and evaluation. The system achieved 100% timing accuracy and 40% cost efficiency compared to conventional bell systems. It operated reliably, produced clear audio, and integrated smoothly with the school’s sound system, improving punctuality among teachers and students. The solution is low-cost, easy to maintain, and replicable for other schools. Project outputs include one functional prototype, training materials, and a manuscript submitted to a nationally accredited journal. After this program, the partner experienced improved discipline among teachers and students due to a more organized and punctual bell schedule. In addition, school operators are now able to operate and maintain the system independently, resulting in more efficient school operations.
Keywords: arduino nano; automatic school bell; dfplayer; RTC DS3231; digitalisasi sekolah
Abstrak: Operasional bel sekolah yang masih manual di sejumlah sekolah pinggiran menyebabkan ketidakteraturan jadwal dan menurunnya kedisiplinan. Kegiatan pengabdian ini menerapkan sistem bel otomatis berbasis Arduino Nano, modul RTC DS3231, dan DFPlayer Mini di MAS Islamiyah Hessa Air Genting. Tahapan kegiatan meliputi analisis kebutuhan, perancangan perangkat keras dan lunak, perekaman konten audio, instalasi sistem, pelatihan operator, serta monitoring dan evaluasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu meningkatkan ketepatan waktu pembunyian bel hingga 100% dibandingkan sistem manual, serta menurunkan biaya implementasi hingga 40% dibandingkan bel komersial dengan fungsi sepadan. Sistem beroperasi stabil, memiliki kualitas audio yang jelas, dan terintegrasi baik dengan sound system sekolah, sehingga berdampak pada peningkatan kedisiplinan guru dan siswa. Solusi ini tergolong ekonomis, mudah dirawat, dan berpotensi direplikasi di sekolah lain dengan karakteristik serupa. Luaran kegiatan meliputi satu unit prototipe berfungsi, modul pelatihan, serta naskah artikel ilmiah yang diajukan pada jurnal terakreditasi nasional. Setelah kegiatan ini, mitra mengalami peningkatan kedisiplinan guru dan siswa karena jadwal bel menjadi lebih teratur dan tepat waktu. Selain itu, operator sekolah kini mampu mengoperasikan dan merawat sistem secara mandiri sehingga kinerja operasional sekolah menjadi lebih efisien.
Kata kunci: arduino nano; bel sekolah otomatis; dfplayer; RTC DS3231; digitalisasi sekolah
References
Bangun, R., Otomatis, B. E. L., & Stikom, D. I. (2021). Tunas Bangsa Berbasis Arduino Dilengkapi. 12(2), 58–68.
Barkhiyah, A. A., Supriyanto, A., & Triwiyanto, T. (2025). Optimalisasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana untuk Peningkatan Efisiensi di Sekolah Menengah Atas: Kajian Literatur Sistematis. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(9), 2684–2697. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1069
Kazi Wohiduzzaman, Rahmot Ullah, & Ashit Sharkar. (2024). Design and Development of a Low Cost Smart Electronic School Bell. International Journal of Latest Technology in Engineering Management & Applied Science, 13(10), 7–11. https://doi.org/10.51583/ijltemas.2024.131002
Lubis, S. Q., Khair, U., & Sembiring, A. (2022). Jam Bel Sekolah Dengan Menghidupkan Speaker Otomatis. Snastikom. https://prosiding.snastikom.com/index.php/SNASTIKOM2020/article/download/9/6
Moch Cadafi Fahlefi Sani, T., & Ferdiansyah. (2020). Autopower Menggunakan Interface Berbasis Android. Jurnal SKANIKA, 3(4), 35–40.
Muhammad, A. I., Achmad, F., & Husnul, K. (2024). Rancang Bangun Kontrol Bel Otomatis Berdasarkan Jadwal Perkuliahan Menggunakan Internet of Things (IoT). Modem : Jurnal Informatika Dan Sains Teknologi, 2(4), 21–32.
Prihatiningtyas, S., Ino Angga Putra, Onie Meiyanto, Muhammad Firmansyah, Febby Indah Oktavia, & Serly Amelia. (2023). Bel Sekolah Otomatis Menggunakan Arduino Sebagai Teknologi Tepat Guna Dalam Upaya Pendisiplinan Siswa Sd Negeri Rejoso Pinggir Jombang. Jurnal Abdi Inovatif : Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.31938/jai.v2i1.456
Ruzaini, H., Saputro, W. T., & Murhadi. (2024). Rancang Bangun Bel Sekolah Otomatis Dengan Output Suara Tiga Bahasa (Arab, Inggris, Indonesia) Berbasis Arduino UNO. INTEK : Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 7(2), 26–34. https://doi.org/10.37729/intek.v7i2.5654
Simanjuntak, N. P., Sujana, I., & Taufiqurrahman, M. (2025). Rancang Bangun Conveyor Penghitung Jumlah Buah Kelapa. 6(2), 41–50.










