Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Moderasi Beragama di Kampung Segeram Kabupaten Natuna

  • Umar Natuna STAI NATUNA
  • Kartubi STAI NATUNA
  • Erine Agustia STAI NATUNA
Keywords: kurikulum merdeka, moderasi beragama, PAR

Abstract

Abstract : This Community Service program was motivated by educational issues in Segeram Village, where apologetic and textual religious understandings have developed. Educational institutions in Segeram Village have not yet become a strong force in transforming the mindset of the younger generation, particularly in fostering a moderate understanding of religion to support the creation of a harmonious, dynamic, and diverse society. The community service team used the Participatory Action Research (PAR) method, which consists of three main stages: Focus Group Discussion (FGD), Training, and Implementation. Based on findings from the field activities, the following conclusions can be drawn: a) Educators are capable of formulating and implementing the Independent Curriculum based on Religious Moderation. b) There is active involvement of students, allowing the acquired knowledge to be applied in their daily lives. c) The community’s understanding of religious moderation has contributed to environmental harmony, encouraging people to better preserve and nurture human resources as vital sources of life that must be protected.

Keywords: independent curriculum, religious moderation, PAR

 

Abstrak : Pengabdian Kepada Masayarakat ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan yang ada di kampung Segeram dimana berkembang paham keagamaan yang bersifat apologis dan tektual. Lembaga Pendidikan yang ada di Kampung Segeram tidak banyak menjadikan kekuatan perubahan pola pikir Masyarakat muda di Kampung Segeram, terutama dalam pemahaman agama yang moderat untuk menopang bangunan Masyarakat yang harmonis, dinamis dan beragam. Tim PKM menggunakan Metode Participary Action Reaserch (PAR) dimana memiliki 3 tahapan utama yaitu : FGD, Pelatihan dan Implementasi. Berdasarkan temuan pada kegiatan pengabdian di lapangan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: a)Tenaga pendidik sudah mampu merumuskan dan menerapkan materi Kurikulum Merdeka Berbasis Moderasi Beragama. b) Perlibatan aktif peserta didik sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. c) Pemahaman masyarakat terkait moderasi beragama berdampak pada tercipta harmonisasi alam sehingga masyarakat lebih menjaga dan merawat sumber daya manusia sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga.

Kata kunci: kurikulum merdeka, moderasi beragama, PAR

References

Alimudin, Nihwan, & Cahyo, E. D. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru PAUD di Kecamatan Sekampung Lampung Timur. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 130–132.

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., & Andiarti, A. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usian Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah. In Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM. BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA.

Astriyani, R., Tahir, M., & Salam, M. M. (2023). Penerapan Nilai-nilai Moderasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 198–204.

Basyirun, F., Pd, S., Pd, M. E., Armi, D., Putri, E., Pd, S., & Pd, M. (2022). Implementasi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Pantai Cermin.

Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702

Harun, I. (2022). Ikhtisar Pendidikan Islam (Antologi Tulisan Pendidikan Islam dari Teori hingga Sejarah). DEEPUBLISH.

Nisa, M. K., Yani, A., Andika, A., Yunus, E. M., & Rahman, Y. (2021). Moderasi Beragama: Landasan Moderasi dalam Tradisi berbagai Agama dan Implementasi di Era Disrupsi Digital. Jurnal Riset Agama, 1(3), 79–96. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15100

Noviani, H. D., & Yanuarti, E. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://symfonia.iaiqi.ac.id/index.php/symfonia/article/view/34

Putri, O. A., & Nurmal, I. (2022). Aktualisasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Merdeka Belajar. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 190–199.

Sumintak, S., & Sumirat, I. R. (2022). Moderasi Beragama dalam Perspektif Tindakan Sosial Max Weber. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.15548/al-adyan.v3i1.4085

Published
2025-10-20