PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATAN DAYA TARIK DAN PROMOSI AGROWISATA DESA HESSA AIR GENTING

  • Parini parini Universitas Royal
  • Andrew Ramadhani Andrew Universitas Royal
  • Iin Almeina Lubis Iin Universitas Royal
  • Anjani Anjani Universitas Royal
Keywords: Artificial Intelligence, edukasi digital, agrowisata, promosi, desa wisata

Abstract

Abstract: The development of the agrotourism sector has enormous potential to support the village economy and introduce local potential to the wider community. However, many agrotourism operators, especially village-owned enterprises (BUMDES) and agrotourism managers, still face obstacles in promoting and conveying information in an interesting and educational manner. This Community Service Activity (PkM) aims to apply Artificial Intelligence (AI) technology in a specially designed digital education platform to enhance the appeal and effectiveness of agrotourism promotions. Key features developed include an educational chatbot, AI-based virtual tours, a content recommendation system, and visitor data analysis. The activity was carried out through stages including identifying partner needs, digital literacy training, prototype development, and guidance on using social media platforms such as Facebook, Instagram, Twitter, and YouTube. The results of the activity demonstrate that the application of Artificial Intelligence (AI) can enhance creativity, promotional efficiency, and public interest in local agrotourism. Thus, the synergy between technology and local potential emerges as a highly effective strategy for advancing sustainable agriculture-based tourism.

Keywords: Artificial Intelligence; digital education; agrotourism; promotion; tourist  village

 

Abstrak: Pengembangan sektor agrowisata memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung perekonomian desa serta memperkenalkan potensi lokal kepada masyarakat luas. Namun, masih banyak pelaku agrowisata khususnya BUMDES dan Pengelola agrowisata menghadapi kendala dalam promosi dan penyampaian informasi yang menarik dan edukatif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam sebuah platform edukasi digital yang dirancang khusus untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitas promosi pada agrowisata. Beberapa fitur utama yang dikembangkan meliputi chatbot edukatif, tur virtual berbasis AI, sistem rekomendasi konten, dan analisis data pengunjung. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahapan identifikasi kebutuhan mitra, pelatihan literasi digital, pengembangan prototipe, dan pendampingan penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Youtobe. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan Artificial Intellegent (AI) dapat meningkatkan Kreaktivitas, efisiensi promosi, serta minat masyarakat terhadap agrowisata lokal. Dengan demikian, sinergi antara teknologi dan potensi lokal menjadi strategi yang sangat efektif dalam memajukan pariwisata berbasis pertanian secara berkelanjutan.

Kata kunci: Artificial Intelligence; edukasi digital; agrowisata; promosi; desa wisata

References

Alfiati, S., Sukmawati, E., Setiawan, I., & Prabumulih, U. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital Dan Pengemasan Produk Untuk Mengembangkan Agrowisata Petik Jeruk Desa Air Talas. Community Engagement & Emergence Journal, 4(1), 66–72. https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej

Ayu, J. P. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Bahari di Kepulauan Seribu. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(3), 223. http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1478

Damaiyanti, N., Pauji, R. A., Malihah, M., Jumiati, M., Defandra, A., Syah, M. R., Meiska, M., Syahira, S. A., Billa, Y. S., & Nedi, S. (2024). Pengembangan Agrowisata Berbasis Digital di Desa Mentayan Kabupaten Bengkalis Riau Development of digital-based agrotourism in Mentayan Village Bengkalis Regency , Riau. 5(2), 146–150.

Fajriati, A., Wisroni, W., & Handrianto, C. (n.d.). PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL. 2024, 71–85.

Hanif, C. U., & Informasi, S. (2025). PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN. 9(1), 407–413.

Jayanti, E., & Prawiro, J. (2024). Analisis Peran Media Sosial Terhadap Wisata Di Agrowisata Gunung Mas Bogor. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(1), 15. https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3319

Novantara, P., Sugiharto, T., Nursyamsu, R., & Kunci, K. (2024). Pemanfaatan AI Ads untuk Digital Marketing Produk UMKM di Desa Cimaranten Kuningan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 3(1), 56–62. https://jise.uniku.ac.id/pub/article/view/96

Pariwisata, S., Pradita, U., Studi, P., Perjalanan, U., Belitung, P., Perhotelan, P. S., & Sahid, P. (2025). METAHUMAN DAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE ( AI ) DALAM. 10(2), 119–128. https://doi.org/10.56743/jstp.v10i2.483

Rozali, C., Zein, A., & Eriana, E. S. (2024). Artificial Intelligence (AI) Dimasa Depan : Tantangan Dan Peluang. Jitu: Jurnal Informatika Utama, 2(2), 66–71.

Teknologi, J., Informasi, S., Sofiani, A. I., Fernando, A. P., Huwaida, A. M., Febrisa, N., Arsa, D., Lestari, D., Informasi, P. S., & Jambi, U. (2025). Promosi Digital Berbasis Website Untuk Optimalisasi Agrowisata dan UMKM di Desa Pematang Gajah. 6(November 2024), 69–78. https://doi.org/10.35957/jtsi

Wahdiniawati, S. A., & Apriani, A. (2024). Strategi Pemasaran Digital Untuk Peningkatan Daya Tarik Pengunjung Pada Objek Wisata Pemandian Air Panas Di Desa Cogreg Kab.Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Terapan, 2(3), 102–112. https://doi.org/10.38035/jpmpt.v2i3.596

Published
2025-07-29
Section
Articles