PELATIHAN INTERNET AMAN DAN EFEKTIF TINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMK N 1 SETIA JANJI
Abstract
This community service aims to improve digital literacy of students at SMK Negeri 1 Setia Janji through training in safe and effective internet use. Digital literacy is an essential skill in today's digital era, especially for Vocational High School (SMK) students who will enter the workforce directly. However, the low understanding of wise internet use, as well as the rampant misuse of digital media, are serious challenges that need to be overcome. The method used in this activity is a hands-on training approach that includes materials on digital ethics, cybersecurity, online information management, and the use of the internet for learning and self-development. The results of the activity showed a significant increase in students' understanding and skills related to safe and effective internet use. Thus, this training has proven effective in improving students' digital literacy and can be used as a model for developing digital competencies in other school environments.
Keywords: digital literacy; safe internet; training; vocational high school students
Abstrak: Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa SMK Negeri 1 Setia Janji melalui pelatihan penggunaan internet secara aman dan efektif. Literasi digital merupakan keterampilan esensial dalam era digital saat ini, terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan terjun langsung ke dunia kerja. Namun, rendahnya pemahaman tentang penggunaan internet secara bijak, serta maraknya penyalahgunaan media digital, menjadi tantangan serius yang perlu diatasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan pelatihan berbasis praktik langsung (hands-on training) yang mencakup materi tentang etika digital, keamanan siber, manajemen informasi online, serta pemanfaatan internet untuk pembelajaran dan pengembangan diri. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa terkait penggunaan internet yang aman dan efektif. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi digital siswa dan dapat dijadikan model pengembangan kompetensi digital di lingkungan sekolah lainnya.
Kata kunci: Internet aman; literasi digital; Pelatihan; Siswa SMK
References
Arifin, B., Salim, A. N., Muzakki, A., Suwarsito, & Arifudin, O. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Artikel, I. (2025). Peningkatan Literasi Digital Pada Anak dan Remaja Dalam Penggunaan Internet Sehat dan Aman. 6(1), 97–105.
Basri, J., Nurdin, D., Indriyani, I., & Bakhtiar, A. (2022). Kontribusi kepemimpinan dalam menunjang literasi digital bidang pendidikan di daerah. EDUEKSOS: The Journal of Social and Economics Education, XI(1), 93–102.
Kurniawan, Y., Natalia, B., Pratama, W., & Devi, N. L. G. A. K. (2024). Social Media Data Privacy Related to Security Awareness and Student Trust Regarding Data on Instagram. HighTech and Innovation Journal, 5(2), 431–446. https://doi.org/10.28991/HIJ-2024-05-02-015
Pitrianti, S., Sampetoding, E. A. M., Purba, A. A., & Pongtambing, Y. S. (2023). Literasi Digital Pada Masyarakat Desa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 43–49. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.655
Pubertas, M., Siswa, P., Dan, K., Di, K., Students, C., Sdn, A. T., & District, W. (2024). Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygiene Di. 2(1), 80–85.
Putri, A., & Masrum, M. (2025). STRATEGI PENGUATAN LITERASI DIGITAL UNTUK yang sangat cepat , ditandai oleh semakin masifnya integrasi teknologi informasi dalam hampir literasi digital di kalangan pelajar sekolah menengah di Indonesia , baik pada tingkat SMA ( Asep , 2025 ). Ketimpangan. 6(2), 2570–2585.
Rahim, A., & Indah, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Literasi Digital dii Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 52.
Rivalina, R., & Siahaan, S. (2020). Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran: Kearah Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 73–87. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690
Sekarhati, D. K. S. (2024). Combating Hoax and Misinformation in Indonesia Using Machine Learning What is Missing and Future Directions. Engineering, MAthematics and Computer Science Journal (EMACS), 6(2), 143–150. https://doi.org/10.21512/emacsjournal.v6i2.11556
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Syed Abdul Rahman, S. M. H., Ramli, M. A., Sa’ari, C. Z., Norman, A. A., Mamat, M. A., & Mohd Azhar, M. H. (2022). Identification of Studies Related To the Issue of Social Media Abuse in Social Interaction Based on Systematic Literature Review. International Journal of Law, Government and Communication, 7(28), 166–191. https://doi.org/10.35631/ijlgc.728013