Workshop Maket Sebagai Sarana Pengembangan Ilmu Pembuatan Maket Bagi SMKN 1 Kalipucang
Abstract
Abstract: SMKN 1 Kalipucang is one of the vocational high schools in Indonesia that offers a major in Building Information Modeling Design (DPIB). Students in the DPIB major are educated to be ready to work in terms of presenting building information visually in the form of mockups and animations. However, students at SMKN 1 Kalipucang still need information about the steps of making mockups that are in line with the standards of the real working industry. The Architecture Study Program at UKDW has an Architectural Communication Techniques class that learns about making model mockups for architectural presentations. Therefore, SMKN 1 Kalipucang in collaboration with the Architecture Study Program of UKDW held a workshop on mockup making for the 11th grade students of the DPIB Department of SMKN 1 Kalipucang so that students can develop knowledge in making mockups. This activity used a training method that began with an explanation and continued with a workshop held in groups. From the workshop, 100% of students were able to make a simple building mockup in a limited time.
Keywords: Building mockup; vocational high school; workshop
Abstrak: SMKN 1 Kalipucang merupakan salah satu SMK di Indonesia yang menawarkan jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB). Siswa pada jurusan DPIB dididik agar siap untuk bekerja dalam hal menyajikan informasi bangunan secara visual dalam bentuk maket maupun animasi. Namun demikian, siswa di SMKN 1 Kalipucang masih membutuhkan informasi tentang langkah-langkah pembuatan maket yang sesuai dengan standar dunia kerja. Program Studi Arsitektur UKDW memiliki kelas Teknik Komunikasi Arsitektur yang mengajarkan tentang salah satunya pembuatan maket model dalam presentasi arsitektur. Oleh karena itu, SMKN 1 Kalipucang bekerjasama dengan Program Studi Arsitektur UKDW mengadakan workshop pembuatan maket bagi siswa Kelas XI Jurusan DPIB SMKN 1 Kalipucang agar siswa dapat mengembangkan ilmu dalam membuat maket. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pelatihan dengan penyuluhan dan workshop secara berkelompok. Dari workshop yang telah dilakukan, 100% siswa mampu untuk membuat maket bangunan sederhana dalam waktu yang terbatas.
Kata kunci: Maket bangunan; SMK; workshop
References
Castro, F. (2018). Norhouse / Aaksen Responsible Aarchitecture. Arch Daily. https://www.archdaily.com/889730/norhouse-aaksen-responsible-aarchitecture
Farhan, M., Putra, D., Ashari, I., Amaliah, N. F., & R, R. N. (2024). Cakra jurnal pengabdian. 1–7.
Herlianto, R., Sulistyarini, & Chalimi, I. R. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Maket terhadap Hasil Belajar Kelas X MAS Al-Mustaqim Kubu Raya. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(9), 1–9. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i9.42473
Hermita, R., AS, J., & Ajilah, A. R. (2024). Perancangan Pembuatan Maket Ruang Guru Pada Sekolah Budi Agung Medan. Ekspresi : Publikasi Kegiatan Pengabdian Indonesia, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.62383/ekspresi.v1i1.77
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(14), 45–56. doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kusuma, H. B., Kerin, J., & Elika, V. (2025). Pelatihan Membuat Maket Meja Dan Lemari Untuk Para Guru Sdn Pondok Labu 01 Jakarta Selatan. Jurnal Serina Abdimas, 3(1), 76–85.
Mapau, B. O., Fachrul, A., Idris, C., Rachma, A., Utami, F., Maghfirah, N., Wahyudy, M., & Pratama, W. (2023). Pembuatan Miniatur Sebagai Media Informasi Tata Letak Gedung MAN 2 Kota Makassar. Jurnal Lepa-Lepa Open, 3(5), 892–899.
Pramudiyanti, P., Maulina, D., Meriza, N., & Marpaung, R. R. T. (2021). Pelatihan Mendesain Pertanyaan Pembelajaran Menggunakan Matriks Pertanyaan Bagi Guru Ipa Biologi Se-Lampung Timur. Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 47–52. https://doi.org/10.23960/rp/v1i2.hal.47-52
Syarif, H. (2022). Studi Penggunaan Media Pembelajaran Maket Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(1), 4.
UNESCO. (2012). Transforming Technical and Vocational Education and Training: Building Skills for Work and Life: Shanghai Consensus. United Nations Educational.