Pelatihan Penguatan Karakter Siswa Melalui Program Kreatif-Edukatif Di SMPN 3 Slahung Ponorogo
Abstract
SMPN 3 Slahung Ponorogo has been facing major challenges in character implementation, especially regarding integrating moral values with interesting learning methods for students. The continuous loss of innovation in character learning approaches can lead to a lack of effectiveness in the formation of students' personalities to think logically, critically and innovatively. Therefore, the implementation of creative-educative programmes as an effort to strengthen students' character through innovative and enjoyable activities. This study aims to analyse the effectiveness of the creative-educative program in strengthening student character at SMPN 3 Slahung, Ponorogo. The research method employed is qualitative research with a post-positivism paradigm on students. The approach in this research employs an interpersonal approach to be able to meet face-to-face directly with students. Data collection techniques were carried out through observation, interviews and documentation to obtain an in-depth description of the implementation of the programme. The findings of this study show that the creative-educative program at SMPN 3 Slahung, Ponorogo is able to significantly improve students' discipline, responsibility and literacy attitude to be able to internalise moral values, especially in the fields of fiqh and tahfidz al-Qur'an. This confirms that the creative-educative approach can be an effective model for character learning in junior secondary schools.
Keywords: character; creative-educative; educational technology; student training
Abstrak: SMPN 3 Slahung Ponorogo menghadapi tantangan utama dalam penerapan karakter, terutama terkait mengintegrasikan nilai-nilai moral dengan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Kurangnya inovasi dalam pendekatan pembelajaran karakter dapat menyebabkan kurangnya efektivitas dalam pembentukan kepribadian siswa untuk berpikir secara logis, kritis dan inovatif. Oleh karena itu, penerapan program kreatif-edukatif sebagai upaya untuk memperkuat karakter siswa melalui kegiatan yang inovatif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program kreatif-edukatif dalam penguatan karakter siswa di SMPN 3 Slahung, Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan paradigma post-positivisme pada siswa. Adapun pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan interpersonal untuk dapat bertatap muka secara langsung bersama siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh gambaran mendalam mengenai implementasi program tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kreatif-edukatif di SMPN 3 Slahung, Ponorogo mampu meningkatkan disiplin,tanggung jawab dan sikap berliterasi siswa secara signifikan untuk dapat menginternalisasi nilai-nilai moral khususnya bidang fiqh dan tahfidz al-Qur’an.
Kata kunci: karakter; kreatif-edukatif; teknologi pendidikan; pelatihan siswaReferences
Arsyad, Yuliana, Heriyanti Heriyanti, Andi Musdalifah, Alia Nur Fad-hilah, and Rinda Hardianti. 2023. “Pendampingan Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD YPK Elim Malanu Sorong Melalui Pembelaja-ran Kooperatif.” Abdimas: Papua Journal of Community Service 5 (2): 22–27.
Cambourne, Brian. 2002. “Conditions for Literacy Learning: The Conditions of Learning: Is Learning Natural?” Source: The Reading Teacher 55 (8): 758–62. http://www.jstor.org/stable/20205135%5Cnhttp://www.jstor.org/stable/20205135?seq=1&cid=pdf-refer-ence#references_tab_contents%5Cnhttp://about.jstor.org/terms.
Feri Tiona Pasaribu, Tria Gustingsi, M. Farel Wilenthino, Rada Irma Mutia, Erma Jumariah, Taufik Kurniawan. 2024. “PENDAMPINGAN PEN-GUATAN LITERASI NUMERASI SISWA MELALUI TAMAN TAMPUK MANGGIS SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI DESA CERDAS DI SDN 054 KOTA JAMBI.” EJOIN : Jurnal Pengabdi-an Masyarakat 2 (8).
https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/ejoin/article/view/3341.
Husada, Syahda Puspita, Taufina Tau-fina, and Ahmad Zikri. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Pem-belajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Visual Story-telling Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4 (2): 419–25.
Imam Asy-Syafi’i. 2016. Panduan Shalat Lengkap (Tata Cara Shalat Sesuai Tuntunan Rasulullah). Jakarta: Khatulistiwa Press.
Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. 3rd ed. Ja-karta: Gramedia Pustaka Utama.
Mudjia Rahardjo. 2022. “Bagaimana Paradigma Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora?” Fakultas Hu-maniora UIN Maulana Malik Ibra-him. 2022. https://humaniora.uin-ma-lang.ac.id/component/content/article/106-artikel/5518-bagaimana-paradigma-penelitian-ilmu-sosial-dan-humaniora?Itemid=437.
Muis, Abdul, Ulung Napitu, and Hisarma Saragih. 2023. “Pembelajaran Pela-jaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontektual.” Journal on Education 5 (4): 13484–97.
Nahdiyah, Umi, Nanang Zamroji, and Abd. Charis Fauzan. 2023. “Pen-dampingan Kegiatan Literasi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Sekolah Menengah Per-tama Negeri 2 Doko.” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (2): 109–14.
Nur Sakinah Aries, Muhammad Faisal Lutfi Amri, Fidyawati Monoarfa, Reski Putri Ismail, Nurainun. 2025. “Inovasi Program Edukasi Kreatif Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar.” Journal on Education 7 (2).
Praptawati, Destary, Riana Permatasari, and Afina Murtiningrum. 2023. “Pendampingan Kegiatan Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Desa Bogares Lor Kecamatan Pangkah-Tegal.” Indo-nesian Journal of Community Ser-vices 5 (1): 45.
Purnia, Dini Silvi, Miftah Farid Adi-wisastra, Hidayatul Muhajir, and Deddy Supriadi. 2023. “Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Web-site.” EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen 8 (2).
Rutin. 2025. “Wawancara Dengan Guru SMPN 3 Slahung.” Ponorogo.
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Kemendikud. 2017. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah. Ed-ited by Liliana Muliastuti. Jakarta: Kemendikbud.
Xiaoming Jiang. 2023. Interdisciplinary Insight on Interpersonal Relation-ship. China: Shanghai International Studies University.
Yulia Indrasari. 2024. “UNESCO Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah.” RRI.co.id, April 23, 2024. https://www.rri.co.id/daerah/649261/unesco-sebut-minat-baca-orang-indonesia-masih-rendah.
Zarkasyi, KH. Imam. 1995. Pelajaran Fiqh Jilid 1. Ponorogo: Trimurti Press.