Peningkatan Kualitas Transformasi Digital Pariwisata Lombok Melalui Implementasi Tiket Elektronik Menuju Pariwisata Cerdas

husain husain, Dian Syafitri Chani Saputri, Muhammad Taufik, Muhamad Wisnu Alfiansyah, Dyah Susilowati

Abstract


Sustainable and technology-based tourism development is a necessity to face the digital era. This community service activity aims to support digital transformation in the Lombok tourism sector through the implementation of electronic tickets, as a step towards smart tourism. The implementation of electronic tickets is designed to improve operational efficiency, tourist comfort, and facilitate the management of tourist destinations. By utilizing information and communication technology (ICT), this system is expected to reduce queues at tourist locations, speed up the tourist entry process, and provide real-time data that is useful for destination managers. This activity involves training for tourism managers in Lombok, as well as the implementation of an electronic ticket system at Bangsal Port which leads to the 3 Gili tourist destinations, namely Gili Trawangan, Gili Medno and Gili Air, where ticket sales have so far been manual and managed by the Karya Bahari Bangsal sea transportation cooperative. The results of this program show an increase in the quality of tourism services and management efficiency, while encouraging the use of technology in the promotion and management of tourism data. With the success of this program, it is hoped that Lombok, especially the 3 Gili tourist area, can become a pioneer in the implementation of smart tourism in Indonesia, increasing its competitiveness as a modern and technology-friendly global tourist destination.

Keywords: smart tourism; electronic ticketing; digital transformation; lombok

 

Abstrak: Pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan berbasis teknologi menjadi sebuah kebutuhan untuk menghadapi era digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital di sektor pariwisata Lombok melalui implementasi tiket elektronik, sebagai langkah menuju pariwisata cerdas (smart tourism). Implementasi tiket elektronik dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional, kenyamanan wisatawan, serta mempermudah pengelolaan destinasi wisata. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sistem ini diharapkan dapat mengurangi antrian di lokasi wisata, mempercepat proses masuk wisatawan, serta memberikan data real-time yang bermanfaat bagi pengelola destinasi. Tahapan pertama yang akan dilakukan dalam PKM ini melakukan identifikasi masalah, merumuskan masalah, menetapkan tujuan, pengumpulan data, pembuatan e-tiket, membangun sistem dan ujicoba, promosi melalui media sosial, pelatihan hingga sistem di implementasikan oleh mitra. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas pelayanan wisata dan efisiensi pengelolaan, sekaligus mendorong penggunaan teknologi dalam promosi dan manajemen data pariwisata. Dengan keberhasilan program ini, diharapkan Lombok khususnya wisata 3 gili dapat menjadi pionir dalam penerapan pariwisata cerdas di Indonesia, meningkatkan daya saingnya sebagai destinasi wisata global yang modern dan ramah teknologi.

Kata kunci: pariwisata cerdas; tiket elektronik; transformasi digital; lombok

 


Full Text:

PDF

References


Asmini, A. A., Umar, A. R., & Mansur, A. A. (2023). Pengaruh Wisata Air Panas Buccello Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Sekitar Kawasan Wisata Air Panas Buccello Di Desa Timusu. Jurnal Mirai Management, 8(3).

Erianto. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Ticketing Berbasis Web Menggunakan Teknologi Qrcode.

Huda, N., Rini, N., & Hidayat, S. (2021). Pariwisata Syariah: Sebuah Pendekatan Teoretis dan Riset. Prenada Media.

Husain, Triwijoyo, B. K., Taufik, M., & Mawengkang, H. (2024). Optimization Model of Multi Criteria Decision Analysis for Smart and Sustainable Sport Tourism Planning Development Problem. Mathematical Modelling of Engineering Problems, 11(11), 3035–3046. https://doi.org/10.18280/mmep.111116

Kariana, I. N. P., Widaswara, R. Y., & Pancawati, N. L. P. A. (2022). Promosi pariwisata budaya ntb melalui berita pawang hujan motogp mandalika di media sosial. Paryaṭaka: Jurnal Pariwisata Budaya Dan Keagamaan, 1(1), 1–9.

Mariani, N. W. R., Putra, P. R. D., Devanda, P. C. L., & Sunarto, I. P. (2022). Digitalisasi Pariwisata Berbasis Website di Desa Wisata Penglipuran Bali. Jurnal Mantik, 6(2), 2236–2244.

Santoso, L., Cahyani, Y. T., & Suryani, S. (2020). Dilema kebijakan wisata halal di Pulau Lombok. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(1), 23–44.

Valguna, P. A., Dewanti, D., & Suparma, L. B. (2020). Dampak Perkembangan Pariwisata Pulau Lombok terhadap Pengembangan Bandar Udara Internasional Lombok. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(3), 195–210. https://doi.org/10.12962/j26151847.v4i3.7100

Yasa, I. K. W. P. (2023). Strategi Komunikasi Dalam Pengelolaan Dan Penataan Kawasan Wisata Kuta Menjelang Motogp 2023. Paryaṭaka: Jurnal Pariwisata Budaya Dan Keagamaan, 2(1), 128–142.

Zarlis, M., Mawengkang, H., & Efendi, S. (2020). Causal Loop Diagram (CLD) Model In Planning A Sustainable Smart Sharia Tourism. Journal of Physics: Conference Series, 1641(1), 12099.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v8i2.3612

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.