Implementasi Strategis Pelatihan Dan Pengembangan UMKM Di Desa Langgula

  • Funco Tanipu Gorontalo State University
  • Fuad Pantoiyo Gorontalo State University
  • Wila Rumina Nento Gorontalo State University

Abstract

Empowering Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Langgula Village is a strategic step in improving the economic welfare of local communities. This service aims to identify and implement an effective training program for MSME actors in the village. The training is focused on developing managerial skills, digital marketing, and good financial management, which are essential to improve the competitiveness of MSMEs in today's digital era. The methods used in this service are observation and training with MSME actors. The results of the service showed that the training conducted succeeded in increasing the knowledge and skills of MSME actors in utilizing digital technology for marketing their products. In addition, training on simple financial management helps MSME actors in recording and managing cash flow, which is a crucial aspect for the sustainability of their business. From the evaluation results, the training participants showed significant improvement in their ability to design more effective and efficient marketing strategies, as well as improve their product branding. The implementation of MSME training and development in Langgula Village not only contributes to individual capacity building, but also has the potential to drive overall local economic growth.

Keywords: digital; implementation; langgula; MSME

 

Abstrak: Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Langgula merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal. Pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan program pelatihan yang efektif bagi pelaku UMKM di desa tersebut. Pelatihan ini difokuskan pada pengembangan keterampilan manajerial, pemasaran digital, dan pengelolaan keuangan yang baik, yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital saat ini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah observasi dan pelatihan dengan pelaku UMKM dengan tahapan metode sosialisasi dan diskusi terkait pemanfaatan teknologi informasi, sosialisasi digital marketing dan pelatihan teknik pengambilan gambar, serta pelatihan pengelolaan keuangan sederhana. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk mereka. Selain itu, pelatihan tentang pengelolaan keuangan sederhana membantu pelaku UMKM dalam mencatat dan mengelola arus kas, yang merupakan aspek krusial untuk keberlangsungan usaha mereka. Dari hasil evaluasi, peserta pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mereka untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan branding produk mereka. Implementasi pelatihan dan pengembangan UMKM di Desa Langgula tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kapasitas individu, tetapi juga berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi lokal secara keseluruhan.

Kata kunci: digital; implementasi; langgula; UMKM

References

Achsa, A., Verawati, D. M., & Novitan-ingtyas, I. (2023). Implementation of Marketing Strategy Innovation and Business Model Development: Study of SMEs in Tourism Village. Airlangga Journal of Innovation Management, 4(2), 172–184. https://doi.org/10.20473/ajim.v4i2.49859

Gunawan, S., Syarief, R., Nurhayati, P., Asnawi, Y. H., & Joewono, H. H. (2023). Local Wisdom Based Social Responsibility of Balinese SME to Improve Competitiveness. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 141–151. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.141

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Ber-tahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Kadeni, & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUI-LIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Krisgaharu, T., & Kusuma, B. O. P. (2022). Tingkat Efektivitas Online Marketing untuk UMKM Semasa Pandemi Covid-19. EXERO: Jour-nal of Research in Business and Economics, 4(2), 207–227. https://doi.org/10.24071/exero.v4i2.5033

Permatasari, P., & Kosasih, E. (2021). Sustainability Reporting Guideline for Small Medium Enterprises (SMEs): Case Study from 25 SMEs in Indonesia. RSF Conference Se-ries: Business, Management and So-cial Sciences, 1(2), 10–20. https://doi.org/10.31098/bmss.v1i2.256

Wahida, N. (2025). Studi Kasus: Bagaimana UMKM Berhasil Mengembangkan Produk Berdasar-kan Masukan Konsumen. UKMIN-DONESIA.ID. Diakses melalui link: https://ukmindonesia.id/index.php/baca-deskripsi-posts/studi-kasus bagaimana-umkm-berhasil-mengembangkan-produk-berdasarkan-masukan-konsumen?utm_source=chatgpt.com

Published
2025-07-08
Section
Articles