Pelatihan Pengembangan Game Dengan Unreal Engine Sebagai Solusi Peningkatan Keterampilan Teknologi di SMK N 8 Pekanbaru

Nurliana Nasution, Feldiansyah Nasution, Mhd Arief Hasan, Muhammad Al Fajar

Abstract


SMK N 8 Pekanbaru faces challenges in preparing students to enter the rapidly growing game industry. Students require specialized skills in game development, such as programming, graphic design, and animation, which are not adequately covered in the school’s current training programs. To address this issue, the community service team proposed game development training using Unreal Engine, a beginner-friendly game engine with exceptional visual capabilities. The training was conducted in several stages, including material preparation, hands-on practice, and evaluation. The material was tailored to align with the student's comprehension levels, while the hands-on sessions allowed participants to directly practice game creation with intensive guidance from the team. Evaluation was conducted using pre-tests and post-tests to measure the participants' improvement. Additionally, the training aimed to help students explore career opportunities in the game industry and enhance their technical skills to meet industry demands. With the support of a developer community and the ease of use of Unreal Engine, students can continue to learn and refine their skills in the future. This program is expected to have a positive impact by equipping students with relevant job-market skills and enabling them to create new opportunities in the game industry.

Keywords: game development; technical skills; training; unreal engine; vocational school students

 

Abstrak: SMK N 8 Pekanbaru menghadapi tantangan dalam mempersiapkan siswa untuk memasuki industri game yang berkembang pesat. Siswa membutuhkan keterampilan khusus dalam pengembangan game, seperti pemrograman, desain grafis, dan animasi, yang belum tercakup secara memadai dalam pelatihan sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, tim pengabdian masyarakat mengusulkan pelatihan pembuatan game menggunakan Unreal Engine, sebuah game engine yang ramah pemula namun memiliki kemampuan visual yang luar biasa. Pelatihan ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu penyusunan materi, praktik langsung, dan evaluasi. Penyusunan materi dirancang untuk memastikan kelayakan dan kesesuaian dengan tingkat pemahaman siswa. Sesi praktik menggunakan pendekatan hands-on yang memungkinkan siswa langsung mempraktikkan pembuatan game dengan bimbingan intensif dari tim. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Selain itu, pelatihan ini bertujuan untuk membantu siswa membuka peluang karier di industri game dan meningkatkan keterampilan teknis mereka sesuai kebutuhan industri. Dengan dukungan komunitas pengembang dan kemudahan penggunaan Unreal Engine, siswa dapat terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka di masa depan. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam membekali siswa dengan keterampilan yang relevan untuk dunia kerja dan membantu mereka menciptakan peluang baru dalam industri game.

Kata kunci: keterampilan teknis; pelatihan;  pengembangan game; siswa SMK; unreal engine


Full Text:

PDF

References


Abu-Abed, F., & Zhironkin, S. (2023). New game artificial intelligence tools for virtual mine on unreal engine. Applied Sciences, 13(10), 6339.

Hendriyani, M., Saputra, A. D., Herlambang, F., Akuntansi, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Jakarta, S. (2022). SWADHARMA (JEIS) PENGARUH UNREAL ENGINE DALAM PERKEMBANGAN DUNIA GAME. Jurnal Elektro Dan Informatika Swadharma, 2(2), 55--69.

Irawan, B., & Ramadhan, A. (2024). Pengembangan Video Permainan Prisoner’s Dilemma 2D Platformer Dengan Menggunakan Unreal Engine. KALBISCIENTIA Jurnal Sains Dan Teknologi, 11(01), 54–62.

Lv, H., Wu, G., Song, J., Mo, C., Yao, G., & He, X. (2024). Data Management Framework for Highways: An Unreal Engine-Based Digital Sandbox Platform. Buildings, 14(7), 1961.

Nasution, N., Nasution, F. B., & Hasan, M. A. (2022a). Pelatihan Marketing Online dan Workshop E-Commerce untuk Meningkatan Pemasaran pada Kelompok Pengrajin Rotan Kota Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1591–1601. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.7413

Nasution, N., Nasution, F. B., & Hasan, M. A. (2022b). PKM PELATIHAN PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN UNITY UNTUK SISWA SMK DI KOTA PEKANBARU. Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 117–127.

Nizami, T., & Fahrizal, Y. A. (2020). MODEL GAME SEJARAH PERANG BANJAR MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE 4. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(3).

Noto, M. S., Pramuditya, S. A., & Setiyani, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Berbasis Android Berbantuan RPG Maker bagi Siswa SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 2(2), 77–86.

Rostania, N. E., & Rizqi, M. (2023). Pemanfaatan Virtual Reality (VR) Untuk Pembuatan Simulasi Praktikum Perakitan Komputer Menggunakan Unreal Engine. Journal of Animation and Games Studies, 9(2), 159–176.

Sun, Y., Wang, H., Zhang, Z., Diels, C., & Asadipour, A. (2024). Executing realistic earthquake simulations in unreal engine with material calibration. Computers & Graphics, 124, 104091.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v8i1.3519

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.