SOSIALISASI FILM ANIMASI 2D VECTOR DAMPAK BENCANA ALAM DI INDONESIA DENGAN NILAI-NILAI ISLAMI

Tri Yuliati, Erna Alimudin

Abstract


Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan bertujuan untuk menerapkan multimedia sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang dibuat adalah film animasi 2D Vector dengan latar cerita bencana alam di Indonesia (tsunami, gunung merapi, dan longsor) dengan nilai-nilai islami di dalamnya. Pemutaran film animasi ini membuat anak-anak menjadi lebih mudah untuk memahami musibah dalam bentuk bencana alam seperti apa dan sikap bagaimana yang perlu diambil sebagai seorang muslim. Anak-anak pun termotivasi senantiasa mengingat doa yang sudah diajarkan di Tempat Pembelajaran Quran (TPQ). Doa-doa tersebut dapat mereka panjatkan ketika terkena musibah, Film animasi ini dibuat dengan tujuan  agar anak-anak lebih mudah untuk ditanamkan sikap religius yang perlu diambil ketika mengalami musibah. Sehingga, anak-anak tidak berlarut-larut dalam kesedihan, tidak trauma berkepanjangan, dan dapat bangkit kembali untuk menata masa depan.  Film animasi ini juga dapat digunakan oleh guru maupun orang tua untuk memberikan pelajaran untuk membangun sikap religius anak agar anak mampu mengatasi musibah. Peserta sosialisasi terdiri dari anak-anak usia 5 sampai 12 tahun atau dinamakan kelas cabe rawit dengan jumlah siswa sekitar 12 orang per kelas serta 2 guru untuk tiap kelas. Kegiatan sosialisasi diadakan di TPQ Nurul Huda Dumai. Setelah kegiatan diharapkan anak-anak dapat melihat unsur edukasi pembelajaran nilai islami yang ditanamkan pada media film animasi 2D vector yang diperlihatkan.

Kata kunci: animasi 2D vector, film, motion graphic


Full Text:

PDF

References


Adi, S., Amawidyati, G., & Utami, M. S. (n.d.). Religiusitas dan Psychological Well ‐ Being Pada Korban Gempa, 34(2), 164–176.

Argyle, M. (2001). The Psychology of Happiness. 2nd Edition. Sussex Routledge.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2019). Tren Kejadian Bencana 10 tahun terakhir. Retrieved from https://bnpb.go.id//definisi-bencana

Adi, S., Amawidyati, G., & Utami, M. S. (n.d.). Religiusitas dan Psychological Well ‐ Being Pada Korban Gempa, 34(2), 164–176.

Argyle, M. (2001). The Psychology of Happiness. 2nd Edition. Sussex Routledge.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2019). Tren Kejadian Bencana 10 tahun terakhir. Retrieved from https://bnpb.go.id//definisi-bencana

Hastuti, D. (2015). PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RA TAHFIDZ AL-QUR’AN JAMILURRAHMAN BANGUNTAPAN BANTUL.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia tentang Penanggulangan Bencana (2007). Indonesia.

Rusmiyati, C., & Hikmawati, E. (n.d.). PENANGANAN DAMPAK SOSIAL PSIKOLOGIS KORBAN BENCANA MERAPI (Sosial Impact of Psychological Treatment Merapi Disaster Victims), 17(02), 97–110.

Seluma, K., Guntar, D., & Sugandi, W. (2018). Sosialisasi Potensi Bencana dan Sistem Informasi Geografi ( SIG ), 2(1), 59–68.

Sukarno, I. (2014). PERANCANGAN MOTION GRAPHIC ILUSTRATIF MENGENAI MAJAPAHIT UNTUK PEMUDAPEMUDI. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa Dan Desain.

Ulfa, A. (2013). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG BERBASIS ANIMASI’. Seni Rupa, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Padang, Padang.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i1.349

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Indexed by: