Teknologi Informasi Digital Marketing Pada Urban Farming Pemasaran Sayur Hidroponik Di Kabupaten Asahan

Nasrun Marpaung, Elly Rahayu, Zulfan Efendi, Aldi Febbrian, Gita Nurul Utama

Abstract


This study aims to analyze the implementation of information technology in digital marketing in urban farming, especially in improving hydroponic vegetable marketing in Asahan Regency. The development of information technology has opened up new opportunities for urban farming actors to expand market reach through digital marketing strategies. The research method used is a case study with a qualitative approach, involving in-depth interviews and observations of urban farming actors as well as analysis of the use of digital platforms such as social media, e-commerce, and websites. The results of the study show that the implementation of digital marketing has proven effective in increasing sales and expanding the market, as well as supporting the sustainability of urban farming businesses by increasing product visibility, ease of transactions, and interaction with consumers. However, there are challenges such as limited technological knowledge for some business actors and uneven digital infrastructure. Therefore, training and technological support are needed for hydroponic farmers in order to maximize the potential of digital marketing in improving economic welfare in the urban agricultural sector.

Keywords: digital marketing; hydroponics; information technology; urban farming.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi teknologi informasi dalam digital marketing pada urban farming, khususnya dalam meningkatkan pemasaran sayur hidroponik di Kabupaten Asahan. Perkembangan teknologi informasi telah membuka peluang baru bagi pelaku urban farming untuk memperluas jangkauan pasar melalui strategi pemasaran digital. Masalah yang terjadi di Sigit Hidroponik memerlukan pemanfaatan teknologi dibidang pemasaran produk agar produk dapat terjual dengan baik dan terus mengalami peningkatan agar siklus atau perputaran penamaan dan panen dapat berjalan lebih efekti dan efisien dengan waktu yang lebih produktif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan wawancara mendalam dan observasi terhadap pelaku urban farming serta analisis penggunaan platform digital seperti media sosial, e-commerce, dan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digital marketing terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan dan memperluas pasar, serta mendukung keberlanjutan usaha urban farming melalui peningkatan visibilitas produk, kemudahan transaksi, dan interaksi dengan konsumen. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan pengetahuan teknologi bagi sebagian pelaku usaha dan infrastruktur digital yang belum merata. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan dan dukungan teknologi bagi petani hidroponik agar dapat memaksimalkan potensi digital marketing dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi di sektor pertanian perkotaan.

Kata kunci: digital marketing; hidroponik; teknologi informasi; urban farming.

 


Full Text:

PDF

References


Adiputra, D., Kristanto, T., Sayid Albana, A., Wednestwo Samuel, G., Andriyani, S., & Jose Anto Kurniawan, C. (2022). Penerapan Teknologi Hidroponik Berbasis IoT Untuk Mendukung Pengembangan Desa Wisata Edukasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 200–209. doi: 10.52072/abdine.v2i2.451

Agustian, R. (2021). Perancangan Aplikasi E-Marketing Menggunakan Responsive Web Design. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 361–367. doi: 10.33365/jatika.v2i3.1236

Khasanah, N. (2021). a Urban Farming Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Sulampua. Medikonis, 12(2), 10–19. doi: 10.52659/medikonis.v12i2.39

Lastiur Sianipar, O., Damanik, A. H., Akuntansi, S. T., Indonesia, M., & Akuntansi, S. T. (2021). Peranan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Di Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir. Jurnal EK&BI, 4, 2620–7443. doi: 10.37600/ekbi.v4i2.371

Maria, E., Suharyadi, S., & Hudiono, R. K. (2021). Implementasi pemasaran digital berbasis website sebagai strategi kenormalan baru Dusun Srumbung Gunung pasca Covid-19. Riau Journal of Empowerment, 4(1), 1–10. doi: 10.31258/raje.4.1.1-10

Marpaung, N., Yesputra, R., Kurniawan, E., Dalimunthe, R., & Chan, Z. E. (2023). Digitalisasi Penjualan Produk Keripik Selasih Dalam Menciptakan Smart UMKM. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(4), 590–597. doi: 10.33330/jurdimas.v6i4.2759

Mustofa, U., Imron, M., Intan, Z., Nur, W., Al, M. A., Wati, S., … Matanari, B. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Balikpapan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 2(1), 1–5. Retrieved from

https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/540/253

Okuputra, M. A., Faramitha, T. R., Hidayah, I., Siregar, V. N., & Prastio, G. D. (2022). Analisis Peluang Usaha Urban Farming: Pengembangan Hidroponik di Desa Karangwidoro Kab. Malang. Jurnal Manajemen, 13(1), 15. doi: 10.32832/jm-uika.v13i1.5123

Primasari, D. (2021). Sistem Informasi Hidroponik Berbasis Website (Hydroponic Awakening Revolution [Har]). INFOTECH Journal, 7, 69–75. doi: 10.31949/infotech.v7i1.1093

Septya, F., Rosnita, R., Yulida, R., & Andriani, Y. (2022). Urban Farming Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Keluarga Di Kelurahan Labuh Baru Timur Kota Pekanbaru. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–114. doi: 10.46576/rjpkm.v3i1.1552

Syaiful, F. L., & Harni, S. W. (2021). Inovasi Teknologi Hidroponik Bagi Masyarakat Di Nagari Sungai Kunyit Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 4(1), 37–45. doi: 10.25077/jhi.v4i1.499




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i4.3488

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.