Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Desa Dalu 10 B Melalui E-Commerce Untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat

Muhammad Asnawi, Rafiqah Yusna Siregar, Sri Wahyuni, Nurhayati Nurhayati

Abstract


This community service aims to realize the MSME’s products of Dalu 10 B Tanjung Morawa Village residents as partners to be marketed online through an application-based e-commerce platform called Dalu 10 Store. Some of the problems faced in marketing MSME’s products, such as promotions only implementing in offline and online systems that utilize simple social media such as Instagram, Facebook, and WhatsApp without knowing the working system in depth. The implementation method of this activity includes counseling in the form of introducing the Dalu 10 Store application to village officials and residents; and training on the use of the Dalu 10 Store application to MSME owners. The result of this activity is the application of science and technology in the form of implementing the Dalu 10 Store application which is equipped with features that are easy to use by residents new to e-commerce applications to promote their MSME products. In addition, MSME owners have also used the application to promote their processed products. The system has several users, namely buyers who play a role in viewing, ordering products, and providing assessments. Meanwhile, MSME owners can view stock and income, upload product content, and process orders.

Keywords: e-commerce; product marketing; MSME; dalu 10 b village; dalu 10 store.

 

Abstrak: PKM ini bertujuan untuk membantu mewujudkan produk UMKM warga Desa Dalu 10 B Tanjung Morawa sebagai mitra untuk dipasarkan secara online melalui platform e-commerce berbasis aplikasi yang bernama Dalu 10 Store. Beberapa permasalahan yang dihadapi dalam memasarkan produk UMKM, seperti promosi hanya menerapkan sistem offline dan online yang memanfaatkan media sosial sederhana seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp tanpa mengetahui sistem kerjanya secara mendalam. Metode pelaksanaan kegiatan ini diantaranya penyuluhan berupa pengenalan aplikasi Dalu 10 Store kepada perangkat desa dan warga; dan pelatihan penggunaan aplikasi Dalu 10 Store kepada para pemilik UMKM. Hasil dari kegiatan ini adalah penerapan iptek berupa implementasi aplikasi Dalu 10 Store yang dilengkapi dengan fitur yang mudah digunakan oleh warga yang baru mengenal aplikasi e-commerce untuk mempromosikan produk UMKM nya. Selain itu, pemilik UMKM juga sudah menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan promosi produk olahannya. Sistem memiliki beberapa pengguna yaitu pembeli berperan untuk melihat, memesan produk serta memberikan penilaian. Sedangkan, pemilik UMKM dapat melihat stok dan pendapatan, mengunggah konten produk dan memproses pemesanan.

Kata kunci: e-commerce; pemasaran produk; UMKM; desa dalu 10 b; dalu 10 store.


Full Text:

PDF

References


Arifin, W. (2022). Digitalisasi Desa Bantu Pengembangan Ekonomi Daerah. Https://Ekonomi.Bisnis.Com/Read/20220214/9/1500275/Digitalisasi-.

Asyifah, A., Syafi’i, A., Hanipah, H., & Ispiyani, S. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN ONLINE. Action Research Literate, 7(1), 70–75. https://doi.org/10.46799/arl.v7i1.188

Fardani, I., Rochman, G. P., Akliyah, L. S., & Burhanuddin, H. (2022). DIGITALISASI DESA DI DESA CIKOLE LEMBANG. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(2), 181. https://doi.org/10.35906/resona.v5i2.806

Kustanto, A. (2022). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Se-bagai: Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif. QISTIE, 15(1), 17. https://doi.org/10.31942/jqi.v15i1.6485

Maulana, A., Arjun, N. R., Akbar, F., Suryanti, N. A., & Firmansyah, H. (2021). eran E-Commerce di Tengah Pandemi terhadap Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Masa Kini. Journal of Education and Technology , 1(1).

Napitupulu, R., Asnawi, M., & Firah, A. (2023). PENGARUH MEDIA E-COMMERCE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE, TBK PLAZA MEDAN FAIR. Warta Dharmawangsa, 17(4), 1780–1796. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3825

Nurhaliza, S., Asnawi, M., & Nasu-tion, U. H. (2022). PENGARUH KREATIVITAS DAN PEM-BINAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM DI KE-LURAHAN NELAYAN IN-DAH MEDAN LABUHAN. PROSIDING FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNI-VERSITAS DHARMAWANGSA, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.46576/prosfeb.v1i1.38

Rusdianto, A. S., Sinatria, B. R., Ram-bu Anarki, B. G., Ramadhani, C. P. E., Pradana, D. A., Putri, D. R., Meilindasari, D. S., Siagian, L. L., Rizki, M.

F., Hidayat, M. N., & Rahmadani, R. A. (2022). Digitalisasi Informasi Desa Ben-delan Melalui Program Desa Digital Terintegrasi di Desa Bendelan Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indone-sia, 2(6), 727–733. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.796

Rusydi, I., & Wahyuni, S. (2023). PEMBUATAN WEBSITE SE-BAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI DI SEKOLAH DASAR IT HIKMATUL FADHILLAH. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2).

Siregar, R. Y. (2023). PENERAPAN LITERASI MEDIA TELEVISI OLEH ORANG TUA PADA ANAK USIA 7 HINGGA 9 TAHUN DI KOTA MEDAN. Network Media, 6(1), 36–45. https://doi.org/10.46576/jnm.v6i1.3018

Wahyuni, S. (2022). SISTEM IN-FORMASI PENJUALAN KURSI BAMBU FURNITURE MEDAN BERBASIS WEB. Warta Dharmawangsa, 16(3), 591–602. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2250




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i4.3475

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.