Optimalisasi Desain Tata Letak Ruang Perpustakaan OPPM Pondok Modern Darussalam Gontor Untuk Kemudahan Akses Buku Santri

Yusuf Al Manaanu, Saipul Nasution, Abdurrahman Abdurrahman, Mohammad Abdul Hafidz Annafi Almaarif, Muhammad Luthfi Hakim, Kazhim Zatil Hanan

Abstract


Optimizing the library space at OPPM Pondok Modern Darussalam Gontor aims to improve the book layout, classification system, and space design initiatives to increase the efficiency of borrowing books for students. The problems faced include sloppy book layout, an ineffective classification system, and a lack of design initiative from library administrators. The implementation method uses a Participatory Action Research (PAR) approach, which involves several stages of socializing the layout design to administrators, implementing a new classification system, writing books according to classification, and creating Standard Operating Procedures (SOP) for daily, weekly and monthly activities. Familiarization provides an understanding of ergonomic design principles, while a new classification system and book fireplace make it easier to find and return books. Creating SOPs ensures consistent and efficient implementation. The results of this method show significant improvements in library management and user experience, with students finding it easier to access and borrow books and library administrators carrying out their duties in a more structured manner.

Keywords: optimization; libraries; layout design

 

Abstrak: Optimalisasi ruang perpustakaan di OPPM Pondok Modern Darussalam Gontor bertujuan untuk memperbaiki tata letak buku, sistem klasifikasi, dan inisiatif desain ruang untuk meningkatkan efisiensi peminjaman buku bagi siswa. Permasalahan yang dihadapi antara lain tata letak buku yang tidak rapi, sistem klasifikasi yang tidak efektif, dan kurangnya inisiatif desain dari pengelola perpustakaan. Metode pelaksanaannya menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang meliputi beberapa tahapan yaitu sosialisasi desain tata ruang kepada pengelola, penerapan sistem klasifikasi baru, penulisan buku sesuai klasifikasi, dan pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) harian, mingguan dan kegiatan bulanan. Pembiasaan memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip desain ergonomis, sementara sistem klasifikasi baru dan perapian buku memudahkan pencarian dan pengembalian buku. Membuat SOP memastikan implementasi yang konsisten dan efisien. Hasil dari metode ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengelolaan perpustakaan dan pengalaman pengguna, siswa menjadi lebih mudah mengakses dan meminjam buku serta pengelola perpustakaan menjalankan tugasnya secara lebih terstruktur.

Kata kunci: optimalisasi; perpustakaan, desain tata letak


Full Text:

PDF

References


Afrina, C., Rahmadhani, D. P., Wahdini, E. R., Fadlan Nulasqi, Yanti, F. Y., & Fatimah, J. S. (2023). KONSEP PENATAAN TATA RUANG PERPUSTAKAAN YANG BERBASIS REKREASI DI SMA N 1 SUNGAI TARAB. Jurnal Pustaka Budaya, 10(2).

Afrina, C., Syafrinal, Amora, S., Rodin, R., Anjelina, F., Rahmi, L., & Sibuea, M. (2024). Manajemen Tata Ruang Perpustakaan Pesantren Diniyyah Puteri Kota Padang Panjang. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 12(1).

Asy’ari, H. (2022). Penghidupan Kembali Perpustakaan Sebagai Sarana Penerapan Budaya Membaca Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Kabupaten Jember. Al-Ijtimā’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Barus, R. V., & Muhatri. (2024). Perancangan Aplikasi Perpustakaan Pondok Pesantren Salafiyah Luqmanul Hakim Medan. Jurnal JUREKSI (Jurnal Rekayasa Sistem), 2(1).

Firdaus, M. R., Rukmana, E. N., & Saeful, A. R. (2023). Mengkatalog Bahan Pustaka di Perpustakaan Kota Cimahi. LIBRIA, 15(2).

Hidayat, H. (2021). Penerapan Estetika Penataan Ruangan Perpustakaan Anak. Jurnal Kajian Perkembangan Anak, 4(2).

Kesuma, M. el-K., Yunita, I., & Putri, M. C. (2021). Penggunaan Sistem Klasifikasi Di Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung Sebagai Bentuk Peningkatan Pengelolaan Perpustakaan. Baitul ‘Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(1).

Nurhayati, E. S., & Mayesti, N. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis Terhadap Penerapan Sistem Klasifikasi Khusus Di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan Dan Kearsipan, 25(2).

Oentoro, K., O.H., L. W., & Putro, R. T. T. (n.d.). Pengembangan desain sarana pengembalian buku di ruang baca perpustakaan Kota Yogyakarta. Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 2017(3), 2.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). MODEL PARTICIPATION ACTION RESEARCH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1).

Rumra, M., Pasoreh, Y., & Lesnusa, R. (2020). PENGARUH PENENTUAN NOMOR KLASIFIKASI TERHADAP TEMU KEMBALI INFORMASI BAGI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA. Acta Diurna Komunikasi, 2(4).

Syahdan, Ridwan, M. M., Ismaya, Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2).

Viyanti, P., Pramusinta, Y., & Faradilla, Y. P. A. (2024). Revitalisasi Perpustakaan Guna Meningkatkan Kualitas Literasi Baca Tulis Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan Sidomukti Lamongan. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3).

W, F. I. Q. (2021). Pengembangan Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Santri Pada Perpustakaan Mini Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 1(2).




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v8i1.3461

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.