Integrasi Teknologi Untuk Pendidikan Inklusi di SLB Negeri Jombang Pembuatan Kamus Digital Kiratu

Iin Baroroh Ma'arif, Luluk Choirun Nisak Nur, Fitri Umardiyah Umardiyah

Abstract


Based on the results of the situation analysis in partner schools, it was found that the problems experienced by partners were a lack of innovation in classroom learning and a lack of resources that mastered technology in learning. This community service activity aims to provide understanding and improve the skills of Jombang State SLB teachers in creating interesting and innovative learning media by integrating technology into learning. The learning media that will be produced is a digital dictionary for deaf students (KIRATU). This activity takes the form of socialization and training. The methods used are classical and individual methods. This PKM activity was said to be successful because the media product produced was very suitable for implementation in the classroom after being tested in the field and received a positive response and appreciation from the teachers. Teachers' understanding and skills also increased after participating in this activity.

Keywords: digital dictionary; inclusive students; KIRATU; technology

 

Abstrak: Berdasarkan hasil analisis situasi di sekolah mitra, ditemukan bahwa permasalahan yang dialami mitra yaitu kurangnya inovasi dalam pembelajaran dikelas serta kurangnya sumber daya yang menguasai teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta meningkatkan keterampilan para guru SLB Negeri Jombang dalam membuat media pembelajaran yang menarik serta inovatif dengan mengintegrasikan teknologi kedalam pembelajaran. Media pembelajaran yang akan dihasilkan berupa kamus digital untuk siswa tuna rungu (KIRATU). Kegiatan ini berupa sosialisasi dan pelatihan. Metode yang digunakan yaitu metode klasikal dan individual. Kegiatan PKM ini dikatakan berhasil karena produk media yang dihasilkan sangat layak untuk di implementasikan di kelassetelah dilakukan ujicoba dilapangan serta mendapat respon positif dan apresiasi dari para guru. Pemahaman serta ketrampilan guru juga meningkat setelah mengikuti kegiatan ini.

Kata kunci: kamus digital; siswa inklusi; KIRATU; teknologi


Full Text:

PDF

References


Aliyah, F. J., & Rofiah, K. (2020). KDSI: Pengembangan Kamus Digital Signalong Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Anak Dengan Hambatan Komunikasi. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 43. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p43-57

Baroroh Ma, I., Afidah, N., Eviyanti, S., Kholid, A., Bahasa Inggris, P., A Wahab Hasbullah, U. K., Agama Islam, P., Al-Quran dan Tafsir, I., & Sunan Ampel, U. (2021). Drilling Method dalam Pendampingan Peragaan Gerakan dan Bacaan Sholat di TPQ Syafi’iyah Desa Mojokambang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 2774–7964.

Ilham, R. N. (2023). Pemanfaatan Kamus Digital Bahasa Arab-Indonesia Sebagai Sumber Belajar di SMP IT Ibnu Khaldun. Journal of Educational Research, 4(4), 1932–1942. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/632

Lutfiana Anggraini, F. (2021). Pendampingan Anggota Koperasi Kartini Jaya Desa Soko Bandung Tulungagung Dengan Tema Strategi Mempertahankan Umkm Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(2), 42–48. https://doi.org/10.29303/interaktif.v1i2.15

Pimada, L. H., & Muhammad Afif Amrulloh. (2020). Penerapan Media Elektronik Pada Pembelajaran Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 120–128. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.819

Santia, Ika; Handayani, A.D; Widodo, S; Katminingsih, Y; Sulistiyono, B. A; Hima, L, R;Yohanie, D.D; Jatmiko; Nurfahrudianto, A. S. (2022). IHT Penyusunan E-LKPD Inovatif Pada Guru Sekolah Dasar Dawuhan Lor Purwosari. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 4(2), 170–174.

Santia, I., Rochana, S., Handayani, A. D., Kamilah, A. N., Mohammad, N. N. O., Prasetyani, T. J., Ilham, S. M., & Jatmiko, J. (2023). IHT TPACK pada Guru SLB Negeri Kandat Melalui Kamus BIMA Sebagai Upaya Pengembangan Numerasi Siswa Tunarungu. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 24–32. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.264

Setyaningsih, M. A., & Rahmawati, R. (2019). ). Pelaksanaan program pembelajaran pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama tahap identifikasi siswa tunarungu kelas. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus).

WIdiana, I. W., Nurjana, I. G., & Vidiawati, N. K. R. (2019). Analisis Interaksi Sosial Siswa Kolok (Tunarungu) Di Sekolah Inklusif. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 455–464.

Yamin, M., Putri, A. M., Rohimah, Chairunnisa, S., & Chaidar, M. R. (2022). Kamus Digital Sebagai Sarana Hifdzul Mufrodah di Kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3(3), 37–45. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/6388




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i4.3445

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.