Inisiasi Program Kidspreneur Pada LKSA Panti Asuhan Hasbi Rabbi Bandar Lampung

Risda Marvinita, Syaharani N Fathia, Nuzul Inas Nabila, Laili F Banuwa, Aida Sari

Abstract


The Kidspreneur program was created with the aim of building the mental and mental independence of children from an early age, enhancing entrepreneurial motivation, improving their knowledge and skills of entrepreneurship, as well as teaching them how to promote business products, develop their knowledge and entrepreneur skills, and develop their company's product marketing skills. The service of this community was carried out at the LKSA Panti Asuhan Hasbi Rabbi Bandar Lampung on July 10–14, 2023. The method used is participatory, involving partners in various stages of activities such as training, the practice of entrepreneurial ideas, and support. The results of these activities are motivating and encouraging participants to become entrepreneurs at a young age, enhancing entrepreneurial skills and ideas, and getting information about digital marketing. Benefits of this activity in addition to the success of the government program in the realization of the program Kota Bandar Lampung Ramah Anak. It is also expected to be an additional source of income or even a primary source of search to reduce the dependence of orphanage members on donations in order to realize the financial independence of the orphans.

           
Keywords: kidspreneur; training; orphanage

 

Abstrak: Program Kidspreneur dibuat dengan tujuan untuk membangun mental dan jiwa kemandirian anak sejak usia dini, meningkatkan motivasi kewirausahaan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan, serta mengajari mereka cara mempromosikan produk bisnis, pengetahuan dan kemampuan kewirausahaan, dan mengembangkan keterampilan pemasaran produk perusahaan mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di LKSA Panti Asuhan Hasbi Rabbi Bandar Lampung pada tanggal 10-14 Juli 2024. Metode yang digunakan adalah bersifat partisipatif, dengan melibatkan mitra dalam berbagai tahapan kegiatan seperti pelatihan, praktik ide kewirausahaan, serta pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah memotivasi dan mendorong peserta untuk menjadi wirausahawan di usia muda, meningkatkan keterampilan dan ide kewirausahaan, serta mendapatkan informasi mengenai pemasaran digital. Manfaat dari kegiatan ini bentuk kontribusi pada program pemerintah dalam mewujudkan program Kota Bandar Lampung Ramah Anak. Diharapkan juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan atau bahkan sumber pencarian utama untuk mengurangi ketergantungan anggota panti asuhan terhadap donatur demi mewujudkan kemandirian finansial anggota panti asuhan.

Kata kunci: kidspreneur; pelatihan; panti asuhan


Full Text:

PDF

References


Aam Amaliyah, A. R. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. . Attadib : Journal of Eementary Education, 5(1).

Banuwa, A. K. (2021). Evaluasi skor pre-test dan post-test peserta pelatihan teknis new SIGA di perwakilan BKKBN provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), 77-85.

Fajri, A. (2021). Peran Kewirausahaan dalam Pembangunan Ekonomi . Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 104-112.

Gustami. (2019). Upaya Panti Asuhan Putri Aisiyiyah Babat Lamongan Sebagai Strategi Dalam Mencapai Kemandirian Finansial. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 6(7), 1509-1520.

Irwan, I. L. (2021). Pendekatan Partisipatif Dalam Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Sidenreng Rappang. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(2), 137-151.

Jannah, H. F. (2020). Program Pemberdayaan Anak Kurang Mampu Pada Panti Sosial (Studi di UPTD Panti Sosial Anak Dan Remaja Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara). Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 1(2).

Junaedi, S. W. (2020). Entreprenurship For Kids Melalui Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Penunjang Experiental Learning Pendidikan Dasar Anak Sejak Dini. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 83-10.

Khamimah, W. (.-2. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228-240.

Panggabean, S. N. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 238-247.

R. Saragih, D. E. (2020). Kewirausahaan Sosial Dibalik Pandemi Covid-19: Penelusuran Profil dan Strategi Bertahan. jurnal Manajemen, 1(1), 47-56.

Rasyiqa, D. Z. (2023). Peran Kewirausahaan Di Era Globalisasi Dalam Memajukan Perekonomian Di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 953-953.

Susanto, B. H. (2021). Penggunaan digital marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.

Ubaidillah, M. F. (2021). Peluang Membangun Potensi Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(02), 227-239.

Wardi, W. U. (2023). Efektivitas Penerapan Instrumen Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat. Ganec Swara, 17(4), 2063-2072.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i4.3425

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.