Peran Digitalisasi Administrasi Dalam Manajemen Gudang Penerimaan Tiara Dewata Yeh Aya

Angga Putera Krismadhita, Nilna Muna

Abstract


Digitalization has become an important element in this modern era, especially for companies that want to remain competitive amidst increasingly fierce competition in various industrial sectors. However, many companies still face major challenges due to their reliance on manual methods in managing various operational aspects, including warehouse administration. Problems such as delays, recording errors and data inaccuracies often arise as a result of using traditional methods. This research method uses a qualitative descriptive approach with a focus on observation and interviews . The main goal of digitalization is to overcome these challenges by utilizing technology that can increase the effectiveness of employee performance and optimize various business processes, so that companies can operate more efficiently and accurately. The results of this research are that the effect of the effectiveness of digitalization implementation on employee performance has a very positive influence on employee performance, where the implementation of digitalization is obtained through training carried out by management. Likewise, with the role of administrative digitization in warehouse reception management, managers create barcodes on each product to make it easier to record incoming and outgoing goods at the warehouse.

Keywords: Administration; Digitalization; Employee Performance; Tiara Dewata Yeh Aya

 

Digitalisasi telah menjadi elemen penting dalam era modern ini, terutama bagi perusahaan yang ingin tetap kompetitif di tengah persaingan yang semakin ketat di berbagai sektor industri. Namun, banyak perusahaan masih menghadapi tantangan besar karena ketergantungan pada metode manual dalam mengelola berbagai aspek operasional, termasuk administrasi gudang. Masalah-masalah seperti keterlambatan, kesalahan pencatatan, dan ketidakakuratan data sering kali muncul akibat dari penggunaan metode tradisional tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus pada observasi dan wawancara. Tujuan utama dari digitalisasi adalah untuk mengatasi tantangan-tantangan ini dengan memanfaatkan teknologi yang dapat meningkatkan efektivitas kinerja karyawan serta mengoptimalkan berbagai proses bisnis, sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efisien dan akurat. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh efektifitas implementasi digitalisasi terhadap kinerja karyawan sangat berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan yang mana implementasi digitalisasi ini didapat melalui pelatihan yang dilakukan oleh pihak management. Begitu pula dengan peran digitalisasi administrasi dalam manajemen gudang penerimaan, pengelola membuat barcode pada setiap produk untuk mempermudah pencatatan barang masuk dan barang kaluar pada gudang

Kata Kunci: Adminisrasi; Digitalisasi; Kinerja Karyawan;  Tiara Dewata Yeh Aya  

 

 


Full Text:

PDF

References


Choirinisa,A.S & Ikhwan, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Digital Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai. Jurnal Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan. 2(5), 483-492.

Faizun dkk.(2023). Strategi Peningkatan Kualitas pelayanan Melalui Digitalisasi Mobile Bangking Jconnect Pada Bpd Jawa Timur. Jurnal Of Sharia Finance and Banking. 1(2), 61-77.

Hadiyati, E. (2019). Studi Dimensi Hubungan Pemasaran Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Sektor Perbankan (The Study of Marketing Relationship Dimension and Customer Loyalty on the Banking Sector Service). Jurnal Dinamika Manajemen, 2(2), 72–87.

Hariyadi, C., Wiyono, L. C., & Saputra, G. B. (2023). Strategi Implementasi Relationship Marketing Melalui Customer Relationship Management. Journal of Business Management, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.47134/jobm.v1i1.1

Muchtar.F,S,P & Darussalam, U.(2022). Penerapan Metode pencatatan Perpetual Pada Sistem Informasi Kasir penjualan dan pencatatan Barang. Jurnal media Informatika Budidarma. 6(1), 588-596.

Muntaqo. R. (2019). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Budaya Masyarakat. Jurnal PPKM. 12-20.

Prasetyadewi,M.I & Dewantara,I,P,K.(2023). Pengoptimalan Peningkatan Kinerja Pegawai Tiara yeh Aya Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Customer. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. 2(2), 1137-1143.

Prasetyo, I. S., & Endang Yani, T. S. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Dengan Pelayanan Prima, Customer Relationship Management Dan Kepuasan Pelanggan. Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 45–53. http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb

Putri , O.A, & Hariyanti, S.(2022). Review Artikel : Transformasi Digital Dalam Bisnis dan manajemen. Jurnal Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy. 1(1), 136-161.

Ramadhany, Y., Pauzy, D. M., & Lestari, S. P. (2023). Pengaruh Implementasi Relationship MarketingTerhadap Loyalitas Pelanggan(Survei Pada Pelanggan Perusahaan Da’o Screen PrintingKota Tasikmalaya). Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 1(3), 285–296.

Rubiherlan et al.(2024). Manajemen Kurikulum Berbasis Digital di Pondok Pesantren Al riyadl Cipanas. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan. 12(1), 133-144.

Rustam, T. A., & Sukati, I. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Implementasi Relationship Marketing dan Green Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Klinik Navaagreen Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 261–271.

Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Journal Manajemen, 6(1), 65–78 .




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i4.3383

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.