Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Digital Berbasis Artificial Intelligence (AI)
Abstract
SD Negeri 140 Seluma has a relatively large number of human resources, both teachers and students. However, this is also a challenge for partner schools where some of the problems that are often faced are the lack of knowledge and competence of teachers in providing digital teaching materials to facilitate differentiated learning, which impacts the formation of students' character optimally. This training and mentoring is an effort to improve teacher knowledge and competence in providing teaching materials. This activity involved 30 teachers through two methods, namely: socialization, training and mentoring (the practice of making AI-based learning videos). The activity results showed that all participants experienced an increase in understanding related to the concept of digital teaching materials and increased competence in making AI-based learning videos. This is evidenced by the products that have been produced by the training participants.
Keywords: artificial intelligence; digital teaching materials; training; accompaniment
SD Negeri 140 Seluma memiliki SDM dengan jumlah yang relatif banyak baik guru maupun peserta didik. Namun, hal ini sekaligus menjadi tantangan bagi sekolah SD Negeri 140 Seluma dimana beberapa permasalahan yang seringkali dihadapi yaitu masih minimnya pengetahuan dan kompetensi guru dalam menyediakan bahan ajar digital untuk memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi, sehingga berdampak pada pembentukan karakter peserta didik secara optimal. Pelatihan dan pendampingan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi guru dalam menyediakan bahan ajar. Kegiatan ini melibatkan 30 orang guru melalui dua metode yaitu: sosialisasi, pelatihan dan pendampingan (praktik pembuatan video pembelajaran berbasis AI). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam memproduksi video pembelajaran berbasis AI, yang dibuktikan melalui produk video yang dihasilkan.
Kata kunci: artificial Intelligence; bahan ajar digital; pelatihan; pendampingan
References
Fitria, A. Z. (2023). Maladaptasi Guru Terhadap Penggunaan Teknologi Pembelajaran Di Era Digital ( Studi Pada MTsN 7 Ciamis). Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 3, 1349–1362. Retrieved from https://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/13588
Hazizah, Z., & Rigianti, H. A. (2021). Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SD dengan Rentang Usia 20-58 Tahun di Kecamatan Rajabasa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/284
Jayanti Syahfitri, Muntahanah, T. D. (2023). Socialization of the creation of digital teaching materials based on character education for teachers in 3t regions introduction. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(3), 451–458. Retrieved from https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurdimas/article/view/2497
Putri, E. S., Budiana, S., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Canva Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Elementary, 6(1), 104–108. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.13464
Sobron, M., & Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 1–7. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134
Susanti, A., & Darmansyah, A. (2023). Analisis Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis di SD Negeri 44 Kota Bengkulu. EduBase: Journal of Basic Education, 4(2), 201–212. Retrieved from https://www.journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/1027
Syahfitri, J., & Herlina, M. (2024). Pelatihan dan Workshop “Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif†bagi Guru-Guru MTs Negeri 1 Kabupaten Seluma. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(1), 59–64. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.14923
Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional, (1), 732–742. Retrieved from https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/851
Wartoyo, F. X. (2022). Menakar Korelatifitas Merdeka Belajar Dengan Sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 dan Pancasila. Widya Pranata Hukum : Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum, 4(2), 140–153. Retrieved from https://ejournal.widyamataram.ac.id/index.php/pranata/article/view/682
Zaid Romegar Mair, Dewi Sartika, Rudi Heriasyah, Gasim, I. P. E. P. (2024). Pelatihan canva dan capcut untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas guru dan peserta didik sekolah dasar. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 7(3), 398–404. Retrieved from https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurdimas/article/view/3331