Sosialisasi Strategi Pemasaran pada Produk Olahan Jeruk Nipis dalam Upaya Meningkatkan Harga Jual di Desa Bolo Kec. Ujungpangkah Kab. Gresik

Muhammad Nur Fahmi Salim, Wiwik Saidatur Rolianah, Muhammad Yusuf Aria Widjaja

Abstract


Ketika hasil panen berlimpah, permasalahan yang timbul adalah kurangnya pengetahuan dan keahlian pengolahan jeruk nipis. Pengabdian kepada masyarakat ini betujuan untuk pengembangan desa dalam upaya meningkatkan harga jual jeruk nipis adalah dengan cara memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada ibu-ibu kader PKK yang ada di Desa Bolo Kec. Ujungpangkah Kab. Gresik mengenai taktik pemasaran yang lebih efektif. Rencana pemasaran dapat mengidentifikasi langkah-langkah pengganti yang paling membantu masyarakat mencapai tujuannya. SERUNI ialah minuman berbahan dasar jeruk nipis yang diolah menjadi sebuah produk yang dapat dipasarkan. D perkirakan bahwa rencana pemasaran yang lebih baik akan memungkinkan jeruk nipis dijual dengan harga lebih banyak yang terdapat di Desa Bolo.

Full Text:

PDF

References


Amanah, S. (2017). Makna Penyuluhan dan Transformasi Perilaku Manusia. Jurnal Penyuluhan, 3(1).

Atiqoh Khoerunisa. (2019). Strategi pemasaran produk dalam mening-katkan volume penjualan batik putri ayu desa limbasarikeca matan bobotsarikabu ten purbalingga.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32.

Khaerunnisa, A., & Pardede, R. P. (2021). Analisis Harga Pokok Produksi untuk Menentukan Harga Jual Tahu. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 09(03), 631–640.

Nathaniela Christy, T., Afia, N., Firdausi, N., Rosyidah, E., & Purnomo, A. (2022). Inovasi Model Bisnis Berkelanjutan: Teknologi, Gaya Hidup & Keberlanjutan. Journal of Cleaner Production, 45, 9–19.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Ekonomika, 12(2), 212–231.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Senjaya, M. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Terhadap Perilaku Kon-sumen. PRISMAKOM, 18(1).

Tri Putri, C., & Purwaningsih, E. (2020). Penerapan Kriteria Persamaan Pada Pokoknya Dalam Sengketa Merek J.Casanova (Studi Putusan Nomor 968/K/Pdt.Sus/HKI/2016). ADIL: Jurnal Hukum, 10(2). https://doi.org/10.33476/ajl.v10i2.1223

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i2.2979

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.