Pengabdian Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Masalah Kinematika Pada Siswa Di Sma N 1 Gunung Talang

  • Ramacos Fardela Departemen Fisika, FMIPA, Universitas Andalas
  • Rico Adrial Universitas Andalas
  • Dedi Mardiansyah
  • Afdhal Muttaqin Universitas Andalas
  • Dian Milvita Universitas Andalas
  • Sri Rahayu Alfitri Usna Universitas Andalas
  • Nini Firmawati Universitas Andalas
  • Sri Oktamuliani Universitas Andalas
  • Feriska Handayani Irka Universitas Andalas
  • Afdal Afdal
  • Meqorry Yusfi Universitas Andalas

Abstract

Kinematika adalah cabang ilmu fisika yang fokus pada pemahaman gerakan benda, tanpa mempertimbangkan gaya yang berpengaruh padanya. Hal ini sering menjadi materi yang rumit bagi siswa di tingkat SMA, karena memerlukan pemahaman tentang konsep-konsep seperti kecepatan, percepatan, waktu, jarak, dan hubungan antara mereka. Universitas Andalas memiliki Program Studi S1 Fisika di bawah Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Setiap semster Departemen Fisika selalu mengadakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu pengabdian yang rutin dilakukan Departemen Fisika setiap semester adalah membina SMA di lingkungan Sumatera Barat. Pengabdian tentang pengayaan konsep kinematika di SMA dapat menjadi salah satu upaya yang sangat penting untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam memahami konsep kinematika.  Pengabdian ini melibatkan mitra SMA N 1 Gunung Talang yang berada di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Konsep Kinematika di SMAN 1 Gunung Talang. Pengabdian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, kegiatan inti yaitu penyampaian materi dan evaluasi proses pengabdian. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan tentang materi kinematika berdasarkan pembandingan hasil pre-test dan post test yaitu sebesar 33,3 %.

Author Biographies

Ramacos Fardela, Departemen Fisika, FMIPA, Universitas Andalas
Fisika
Dedi Mardiansyah
Departemen Fisika

References

Bustomi, M. A., & Sudarsono, S. (2021). Pembinaan OSP IPA SMP Sekota Surabaya oleh Departemen Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 69-76.

Fardela, R., Mardiansyah, D., Yusfi, M., Namigo, E. L., Vonnisa, M., Taufiq, I., ... & Adrial, R. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Online Phet Simulation Untuk Upaya Peningkatkan Pemahaman Konsep Fisika di SMA N 2 Harau. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(2), 58-62.

Fardela, R., Zulfi, Z., Muttaqin, A., Marzuki, M., Mardiansyah, D., Mora, M., ... & Delvihardini, R. (2023). Pengayaan Materi Fisika: Induksi Elektromagnetik Di Sekolah Menengah Atas. Monsu'ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 483-493.

Mardiansyah, D., Muttaqin, A., Fardela, R., Irka, F. H., Handani, S., Dahlan, D., ... & Budiman, A. (2023). Pengelolaan Laboratorium Bagi Guru-Guru Fisika dan Perancangan Laboratorium Percontohan di SMAN 2 Harau. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 69-77.

Mustika, D., & Hasby, H. (2022). Pelatihan Integrasi STEM dalam Pembelajaran Pada Kelompok MGMP Fisika SMA Kota Langsa. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 426-432.

Muttaqin, A., Pohan, A. F., Taufiq, I., Sutantyo, T. E. P., & Mardiansyah, D. (2023). Sekolah Binaan-HIMAFI Universitas Andalas Mengajar SMP 41 Padang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1259-1264.

Sukmayadi, D., Ekawati, R., Pandiangan, P., Safitri, H., & Purwoningsih, T. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Melalui Pemanfaatan Sumber Belajar Digital Bagi Guru Sekolah Menengah Provinsi Banten. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 180-189.

Susilawati, S., Doyan, A., & Taufik, M. (2019). Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Mitra. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.315

Published
2024-01-03