Pengembangan Branding dan Identitas Bisnis Untuk UMKM Desa Petanang

RUM Hendarmin, Rafika Sari

Abstract


Artikel ini membahas pengembangan branding dan identitas bisnis untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Petanang. Masalah utama yang diidentifikasi adalah kurangnya kesadaran merek dan pengenalan produk UMKM Desa Petanang di pasar yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan analisis serta pelatihan berupa penyuluhan untuk merancang strategi branding yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggali potensi lokal, mengidentifikasi kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh UMKM Desa Petanang, serta merumuskan pesan branding yang kuat, UMKM dapat meningkatkan daya tarik mereka. Dengan menerapkan elemen branding seperti logo, slogan, dan desain kemasan yang mencerminkan budaya dan kualitas produk mereka, UMKM dapat membangun identitas bisnis yang lebih kuat. Dengan menerapkan strategi branding yang sesuai, UMKM Desa Petanang dapat meningkatkan daya saing mereka, menarik lebih banyak pelanggan, dan memperluas pangsa pasar mereka. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan branding dan identitas bisnis dalam mendukung pertumbuhan UMKM di wilayah pedesaan terutama di desa Petanang.

 


Full Text:

PDF

References


Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM. JESYA.

Ausanti, A., Handayani, L. S., Hildayati, S. K., Hertati, L., & Hendarmin, R. M. (2023). BRANDING DAN LABELING SEBAGAI UPAYA STRATEGI PEMASARAN PRODUK EMPING SINGKONG UMKM. Communnity Development J, 7628-7635.

Oktaria, D., Hildayanti, S. K., Hertati, L., & Hendarmin, R. R. (2023). PENINGKATAN DAYA SAING MELALUI INOVASI KEMASAN. Communnity Development, 6987-6992.

Perwitasari, D. A., & Wonoasih, T. K. (2021). Branding Produk Label Kemasan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik. Abdi Panca Marga.

Puspitasari, & Tri, A. N. (2023). Pentingnya Merek dalam Membangun Identitas Bisnis yang kuat. UMSIDA.

Putra, R. O. (2022). Pentingnya Branding Dan Inovasi Produk Untuk Pengembangan Bisnis Olahan Tempe Pada Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Rohma, E. N., Alwafa, N. G., Niazi, T. N., & Febrianita, R. (2023). Penyuluhan Digital Branding Pada UMKM Berbasis Food And Beverage Di RW 09 . Pengabdian Kepada Masyarakat.

Salim, M. N., & Pertiwi, T. K. (2023). Pentingnya Pendampingan dan Penerapan Branding Produk Terhadap UMKM “Sambel Pecel Bu Siti” Sebagai Langkah Awal Dalam Pengembangan Produk. NGABDI Scientific Journal of Community Services.

Sofyan, M. H., Maula, K. I., Aliyah, N., Damanhuri, R., Pangestuti, R. S., & Khatimah, H. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pengembangan UMKM di Dusun Babakan Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Sulistiono, & Mulyana, M. (2020). Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan . JADKES Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i1.2803

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.