Pembuatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam Mengenalkan Jiwa Bela Negara Pada Guru TK Kecamatan Pakal

Wiwik Handayani, Mahimma Romadhona, mentari clara dewanti, Virginia Mandasari

Abstract


Teachers are facilitators and are responsible for creating a learning process that can foster initiative and motivation for students in learning in the classroom. In addition, teachers in the learning process are also able to develop interaction patterns for various parties involved in learning. State Defense Education taught by teachers in class is one of the means in fostering students' awareness in understanding Bela Negara. Awareness of  Bela Negara  that cannot grow and develop by itself in every citizen, so planned efforts are needed in instilling the values  of State Defense in citizens. Based on the results of observations carried out in kindergartens in Pakal District, Surabaya City shows that the learning process carried out by teachers still lacks learning processes related to  Bela Negara, so that students lack insight into Bela Negara. In carrying out the learning process related to national defense, it can be through educational game tools (APE) which are specifically created and designed creatively to students using the superhero puppet character Panca Satria. This activity is expected to produce teachers who are able to create and apply educational game tools (APE) in introducing the spirit of Bela Negara in the classroom.


Keywords: teacher; bela negara; educational game tools (ape); puppet.

 

 

Abstrak: Guru merupakan fasilitator dan bertanggung jawab dalam terciptanya proses pembelajaran yang  dapat menumbuhkan Prakarsa dan motivasi bagi peserta didik dalam belajar di dalam kelas. Selain itu, guru pada proses pembelajaran juga mampu mengembangkan pola interaksi bagi berbagai pihak yang terlibat dalam pembelajaran. Pendidikan Bela Negara yang diajarkan oleh guru di kelas menjadi salah satu sarana dalam membina kesadaran peserta didik dalam memahami Bela Negara. Kesadaran terhadap Bela Negara yang tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam setiap warga Negara, sehingga diperlukannya Upaya-upaya yang terencana dalam menanamkan nilai-nilai Bela Negara pada di warga Negara. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak se Kecamatan Pakal Kota Surabaya menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru masih minimnya proses pembelajaran yang berkaitan dengan bela negara, sehingga peserta didik kurang memiliki wawasan tentang bela negara. Dalam menjalankan proses pembelajaran yang berkaitan dengan bela negara dapat melalui alat permainan edukatif (APE) yang secara khusus dibuat dan didesain secara kreatif kepada peserta didik dengan menggunakan karakter wayang superhero Panca Satria. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan guru yang mampu membuat dan menerapkan alat permainan edukatif (APE) dalam mengenalkan jiwa Bela Negara di kelas.

 

Kata kunci: guru; bela negara; alat permainan edukatif (ape); wayang.


Full Text:

PDF

References


Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p1-5

Imran Hasyim, Anang Puji Utama, B. S. (2022). Urgensi Pendidikan Bela Negara Dalam Membentuk Kecerdasan Sosial Peserta Didik Sebagai Daya Dukung Pertahanan Negara. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 4(1), 1–10. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/6191

Jatim, D. U. V. (2014). Buku Ajar Bela Negara (UPN Veteran Jatim). UPN Veteran Jatim.

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116–119. [email protected]

Prasetya, P. E. (2023). Pentingnya Pendidikan bagi Generasi Muda di Indonesia. Bali Ekbis. https://www.baliekbis.com/pentingnya-pendidikan-bagi-generasi-muda-di-indonesia/

Rahman, H. S. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Galah Press.

Redaksi9.com. (2023). Pentingnya Bela Negara Diajarkan Sejak PAUD/TK. Redaksi9.Com. https://www.redaksi9.com/read/9065/-

Romadhona, M., El Chidtian, A. S., & Febrianita, R. (2020). Kajian Nilai Bela Negara Pada Desain Kostum Dan Atribut Superhero Panca Satria. Serat Rupa Journal of Design, 4(1), 01–15. https://doi.org/10.28932/srjd.v4i1.2012

Walujo, D., A. L. (2017). Pendidikan Bela Negara Melalui Permainan Kecerdasan Jamak. Prenadamedia Group.

Yayan Alpian, M.Pd., Sri Wulan Anggraeni, M. P., & Unika Wiharti., N. M. S. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurna Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v6i4.2667

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.