Pelatihan Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di MTS Islamic Centre Medan Sumatera Utara
Abstract
Abstract: This community service program aimed to improve the speaking skill (Maharah kalam) of students at Madrasah Tsanawiyah Hifzil Qur’an Islamic Centre Medan. The reason of selecting the school was the lack of students’ ability to apply vocabularies (mufradat) in form of sentences (jumlah) based on the direct survey to students at the first preliminary research. Therefore, this training was focused to improve the speaking skill (maharah) of the students through Snowball Throwing model by utilizing the origami papers. The method of conducting the training was mix methods (intiqodiiyya) namely combination of speech delivery method or lecturing (ilqoiyyah) and direct method (mubasyarah). The program was carried out within one day and was followed by 27 female students. Some steps were done at implementing this program comprising opening, core agenda, evaluaton, giving reward and closing. The results showed that students’ ability increase very well where they could express simple sentence (jumlah) with related given materials and were actively practicing Arabic orally in front of the classroom by turn.
Keywords; Speaking skill, Model of snowball throwing, utilizing the media, origami paper.
Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (Maharah Kalam) siswa Madrasah Tsanawiyah Hifzil Qur’an Islamic Centre Medan. Alasan dipilihnya Madrasah ini adalah karena kurangnya kemampuan siswa dalam menerapkan kosa kata (Mufrodat) dalam bentuk kalimat (Jumlah), hal tersebut diperoleh dari hasil survey berbicara langsung dengan siswa pada kunjungan awal, oleh sebab itu pelatihan ini difokuskan untuk peningkatan kemampuan maharah kalam siswa melalui melalui Model Snowball Throwing dengan pemamnfaatan media kertas origami. Adapun metode yang digunakan adalah metode Campuran (Intiqoiyyah) yaitu gabungan antara metode Ceramah (Ilqoiyyah) dan metode Langsung (Mubasyarah). Kegiatan ini dilaksanakan satu hari dan diikuti oleh 27 siswi. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu, pembukaan, kegiatan inti, evaluasi, pemberian reward dan penutup . Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu adanya peningkatan kemampuan siswa, hal ini dibuktikan dengan kemampuan mereka dalam mengungkapkan kalimat (Jumlah) sederhana terkait materi yang disampaikan serta keaktifan mereka dalam praktek berbicara bahasa arab di depan kelas secara bergantian.
Kata Kunci: maharah kalam; model snowball throwing; pemanfaatan media; kertas origami
References
Aisyah, S., Anwar, M., & Susiawati. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dalam Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas X Ma Putri Ddi Mangkoso Kab. Barru. Al-Fashahah, 1(1), 82–92.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Asrori, I., Thohir, M., & M.Ainin. (2014). Evaluasi Pembelajaran Bahasa. Misykat.
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutqo, 9(2), 179–196.
Desrani, A., Ritonga, A. W., & Mela, D. A. (2022). Strategi Penguatan Keterampilan Berbahasa Arab Siswa Sekolah Dasar Berbasis Tahfizh Qur’an. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 160–176.
Fitriana, A. D., Mutmainnah, I., & Halifah, S. (2021). Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Sesuai Bidang Keilmuan Sebagai Upaya Personal Branding Dosen. KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11, 195–217. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http
Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam
Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 2(2), 63–77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358
Gemilang, D., & Listiana, H. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 1(1), 49–64. https://doi.org/10.22515/athla.v1i1.3048
Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. PT Remaja Rosakarya.
Ikhwan, A. I., Syihabuddin, & Ali, M. (2021). Problematika Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19. Al-Ma’rifah Jurnal Budaya, Bahasa Dan Sastra Arab, 18(2), 121–126. https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.02.01
Irawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Mardiyah, S. M. (2020). Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 119–143. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3906
Mujib, F., & Rahmawati, N. (2013). Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab. DIVA Press.
Zulhannan. (2015). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Rajawali Pers.
Zulpina, Darman, I. H., Erlina, & Supriani, R. R. (2022). Pelatihan Menghafal Mufradat Bahasa Arab Melalui Lagu Anak- Anak Di Ra Bi ’ Tsatul Islamiyah. Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 2(1), 113–118.