Pelatihan Desain Kemasan Produk Menggunakan Aplikasi Canva Pada UMKM KUBE (Kuliner Usaha Bersama) Asahan

William Ramdhan, Riki Andri Yusda, Nurwati Nurwati

Abstract


Abstrak: Kemasan produk yang unik mampu memberikan pengaruh minat terhadap konsumen. Hal ini dikarenakan kemasan produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen sebelum mereka membeli produk para pelaku usaha. Sehingga desain kemasan produk ini seharusnya dapat menjadi perhatian lebih bagi para pelaku usaha/UMKM agar mereka semakin kreatif dan inovatif dalam membuat kemasan produk mereka agar lebih menarik perhatian konsumen. KUBE Asahan merupakan UMKM yang bergerak pada sektor kuliner. Permasalahan yang di hadapi oleh KUBE Asahan sulitnya mendesain kemasaran produk dalam meningkatkan citra produk dimata konsumen. Saat ini desain kemasan produk masih sangat sederhana sehingga kurang menarik yang memberikan dampak turunnya minta beli dikarenakan keragu-raguan konsumen dalam membeli produk yang tidak memiliki desain kemasan produk yang memberikan informasi produk. Desain grafis penerapan teknologi pada sektor ekonomi dan pemasaran, dimana desain grafis diterapkan guna membrandingkan suatu produk sehingga memberikan informasi secara visual sebagai upaya pemasaran untuk mencapai tujuan salah satunya dengan menggunakan software desain grafis salah satunya Canva. Aplikasi Canva yang merupakan aplikasi yang dapat diakses secara online dan gratis untuk membuat desain grafis untuk berbagai keperluan serta juga dapat digunakan untuk mengubah foto dan membuat ikon produk dengan banyak pilihan gambar dan template desain yang menarik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM yakni KUBE Asahan tentang pentingnya desain kemasan produk karena kemasan produk yang merupakan suatu peluang dalam memberikan pengaruh penting serta mempertahankan atau meningkatkan penjualan sehingga produk yang ditawarkan guna meningkat nilai tambah produknya.

Kata kunci: KUBE Asahan, Canva, Desain, Kemasan Produk


Full Text:

PDF

References


Amelia, Vita, Triono Dul Hakim, and Winda Monika. 2022. “PENINGKATAN KEMAMPUAN KREATIVITAS PEMUDA KAMPUNG SIALANG SAKTI MELALUI PELATIHAN DESAIN GRAFIS.” Jurnal Pengabdian Masayarakat Reswara 3(No 2 Edisi Juli 2022):284–89.

Budiarto, Sony Panca. 2019. “Pelatihan Desain Grafis Dan Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruhan Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuputih Situbondo.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 4(1):308–13. doi: 10.21067/jpm.v4i1.3059.

Chairunnisa, Kamila, and Venni Herli Sundi. 2021. “PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBUATAN POSTER PADA SIWA KELAS X SMAN 8 TANGSEL.”

Juniawan, Fransiskus Panca, Sujono Sujono, Dwi Yuny Sylfania, and Hamidah Hamidah. 2023. “Pembuatan Desain Kemasan Produk Untuk Pemberdayaan Industri Rumah Tangga Dengan Metode Participatory Learning And Action.” Wiikrama Parahita.

Mukhtar, Syukrianti. 2015. “PERANAN PACKAGING DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI TERHADAP KONSUMEN Syukrianti Mukhtar, Muchammad Nurif Abstrak.” Jurnal Sosial Humaniora 8(2):181–91.

Nastain, Muhammad. 2017. “Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk).” CHANNEL: Jurnal Komunikasi 5(1):14–26. doi: 10.12928/channel.v5i1.6351.

Nf Mufreni, Alfin. 2016. “Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha).” Jurnal Ekonomi Manajemen 2(2):48–54.

Purwati, Yuli, and Linda Perdanawanti. 2019. “PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK ANGGOTA KOMUNITAS IBU PROFESIONAL BANYUMAS RAYA.” JPMM 1(1):291. doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6434.

Satiti, Wisnu Siwi, Fitri Umardiyah, Faisol Hidayatullaoh, and Milla Fatmawati. 2022. “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Remaja Di Desa Kalikejambon.” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(3):124–27.

Suryadithia, R., H. Rachmi, Abdul Hamid, and Putie Maharani Basa. 2021. “Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Desa Kota Batu Bogor.” Jurnal Abdimas PHB … 4(3):333–38.

Widiati, Ari. 2020. “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak.” JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura) 8(2):67–76. doi: 10.26418/jaakfe.v8i2.40670.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v6i3.2449

Article Metrics

Abstract view : 453 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.