Optimalisasi Pemanfaataan Alat Peraga Lingkaran Pada Siswa SMP Widiatmika
Abstract
The purpose of this community service is to provide a solution in the form of training and assistance to teachers and students in using the tool display. Widiatmika Middle School is a private school with its address on Jalan Raya Udayana Campus, Pondok Taman Nusantara No.01, Jimbaran. From the results of interviews with partners, it was found that the school was still limited in using visual aids, especially in learning mathematics. The use of this teaching aid in learning is very important in supporting learning process. Visual aids that are utilized optimally can provide better and systematic learning, directly or indirectly, and can provide convenience for the teaching and learning process in schools. Community service activities in the form of training on the use of circle props at Widiatmika Middle School have been running smoothly. This one-day activity has been carried out offline. The enthusiasm of the lecturers and students in providing assistance as well as the enthusiasm of the training teachers and students made this activity run smoothly
Keywords: learning; teaching aids; mathematics
Abstrak: Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan solusi berupa
pelatihan serta pendampingan kepada guru dan siswa-siswi dalam menggunakan alat peraga. SMP Widiatmika merupakan sekolah swasta beralamat di Jalan Raya Kampus Udayana, Pondok Taman Nusantara No.01, Jimbaran. Dari hasil wawancara dengan mitra diperoleh permasalahan bahwa pihak sekolah masih terbatas dalam memanfaatkan alat peraga khususnya dalam pembelajaran matematika. Penggunaan alat peraga ini dalam pembelajaran sangat penting dalam menunjang proses pembelajaran. Alat peraga yang dimanfaatkan secara maksimal dapat memberikan pembelajaran yang lebih baik dan sistematis, secara langsung atau tidak langsung, serta dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pemanfaatan alat peraga lingkaran di SMP Widiatmika telah berjalan lancar. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini telah dilaksanakan secara luring. Semangat para dosen dan mahasiswa dalam melakukan pendampingan begitu juga dengan antusias guru dan siswa pelatihan membuat kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.
Kata kunci: alat peraga, pembelajaran; matematika
References
Dewani, L. E. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Alat Peraga Lingkaran Siswa Kelas IV SDN SOKA 1. BASIC EDUCA-TION, 5(14), 1-353.
Fadiyah, N. (2019). Efektivitas Pem-anfaatan Alat Peraga Edukatif (APE) Balok dalam Mengem-bangkan Kognitif Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Insti-tut PTIQ Jakarta).
Khalida, N. (2017). Penggunaan alat peraga lingkaran konversi satuan pada mata pelajaran Matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA SDN Bakalan Krajan 1 Sukun Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Pangadongan, F. V. (2019). Pelatihan Kepada Guru SD untuk Mengajarkan Konsep Luas Bi-dang Datar dengan Menggunakan MEQIP (Mathematic Eduation Quality Improve-ment). International Journal of Community Service Learn-ing, 3(2), 56-62.
Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish.
Murni, et all. 2013. Penggunaan Media manipulatih Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Vol 6 No 2. http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i2.13434
Nurhasanah.2021. Pemanfaaatan Alat Peraga Sebagai Sumber Belajar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika. Jurnal Studi Pen-didikan, Fitrah, 11(1), 1-
Utami, N. W. (2011, December). Opti-malisasi sumber belajar dalam peningkatan apresiasi siswa ter-hadap matematika. In Seminar Nasional Dan Pendidikan Ma-tematika: Matematika Dan Pen-didikan Karakter Dalam Pem-belajaran (Vol. 7, pp. 366-375).
Permatasari, et all. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Alat Peraga. Vol 9 No 2. http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v9i2.25823
Purwani, L. M. (2011). Optimalisasi Alat Peraga Dalam Pembelajaran Ber-basis Open-Ended Problem Solv-ing Untuk Meningkatkan Kreativ-itas Dan Prestasi Siswa Dalam Matematika (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Ta-hun Ajaran 2010/2011) (Doctoral dissertation, Universitas Muham-madiyah Surakarta).
Sari, S. K. (2011). Optimalisasi Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan (Doctoral dis-sertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
SMP Widiatmika. https://widiatmika.sch.id/id/smp/profil-sekolah/
Yuwiarti, I. (2021). Optimalisasi Pem-belajaran Matematika Dengan Memanfaatkan Bambu Sebagai Alat Peraga Pada Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas V Sd Terpadu Ainul Ulum Pada Pro-gram Kampus Mengajar.
Widagdo, E. (2020). Optimalisasi Penggunaan Alat Peraga Wayang Geser untuk Meningkatkan Pres-tasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ma-tematika Kompetensi Dasar Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Peserta Didik Kelas VIIA Semester I SMP Negeri 2 Ba-turetno Kecamatan Baturetno Ka-bupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 1(1), 69-79.