Sosialisasi Fitur Promo Rekomendasi Dan Ad Manager Dalam Meningkatkan Penjualan Mitra Grabmerchant
Abstract
Abstract: Online Food Delivery Service is very helpful for entrepreneurs in the culinary field, because they can provide delivery services even though the restaurant does not have a special workforce in charge of delivering food. The phenomenon found from the observations of MSMEs in Denpasar City is the lack of awareness of business owners using the GrabMerchant application in using in utilizing the Recommendation Promo Feature and ad Manager to improve their sales performance. The purpose of this socialization activity is to grow the interest of business owners to use the two features in the Grabmerchant application. The activity method used is offline socialization regarding the benefits and steps for implementing these two features. The results of the socialization activities that have been carried out, there is an interest in business owners to the implementions of these two features in the GrabMerchant application.
Keywords: grab; promotions; recommendation; sale
Abstrak: Online Food Delivery Service sangatlah membantu pengusaha di bidang kuliner, karena mereka dapat menyediakan layanan delivery walaupun restoran tersebut tidak memiliki tenaga kerja yang khusus bertugas untuk mengantar makanan. Fenomena yang ditemukan dari hasil pengamatan pada UMKM di Kota Denpasar, yaitu kurangnya tingkat kesadaran pemilik usaha menggunakan aplikasi GrabMerchant dalam pemanfaatan Fitur Promo Rekomendasi dan ad Manager untuk meningkatkan performa penjualan mereka. Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah menumbuhkan minat pemilik usaha untuk menggunakan kedua fitur pada aplikasi Grabmerchant. Metode kegiatan yang digunakan adalah sosialisasi secara luring mengenai manfaat dan langkah-langkah penerapan kedua fitur tersebut. Hasil kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan, yaitu adanya minat pemilik usaha menerapkan kedua fitur pada aplikasi GrabMerchant.
Kata kunci: grab; penjualan; promosi; rekomendasi
References
Arafah, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan pada Rumah Makan Waroeng Pondok Bahari Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB). http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/6798
Arsyah, U. I., Pratiwi, M., & Arsyah, R. H. (2022). Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran Kopi Pada Bumnag Nagari Lasi. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i2.1451
Az-zahra, H. N., Tantya, V. A., & Apsari, N. C. (2021). Layanan Online Food Delivery dalam Membantu Meningkatkan Penjualan pada Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 156–165. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.33513
Grab Help Centre. (2022). Cara Gunakan Ad Manager.https://help.grab.com/merchant/id-id/360044166471
Grab Help Centre. (2022). Fitur Promo Rekomendasi. https://help.grab.com/merchant/id-id/360044825332
Fadli, A. (2021). Akibat Pandemi, PHRI Sebut 1.033 Restoran di Indonesia Tutup Permanen. Kompas.Com. https://properti.kompas.com/read/2021/02/05/183000621/akibat-pandemi-phri-sebut-1.033-restoran-di-indonesia-tutup-permanen
Handayani, A. Z., & Siregar, A. Z. (2022). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Mousse Cake pada Toko Kue Le Chic Bakehouse Medan. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality and Destination, 1(4), 179–184. https://doi.org/10.55123/toba.v1i4.1654
Lesmana, F. (2021). Memahami Model Bisnis Online Food pada Masa Pandemi COVID-19. Kumparan.Com. https://kumparan.com/fanji-lesmana/memahami-model-bisnis-online-food-pada-masa-pandemi-covid-19-1vmpgzCn4nz/2
Noviyanti, P. & Y. (2022). Pemanfaatan Digitalisasi untuk Pemesanan Online Kuliner Kerupuk Basah pada Warung Agdi Bengkayang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 33–38. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i1.1145
Ristanti. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Industri Perhotelan (Studi Kasus di Hotel Grand Orchid Yogyakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 15(3), 173–179.