Pengaruh Persepsi Kemudahan, Keamanan, Dan Kepuasan Aplikasi Whatsapp Bisnis Terhadap Kualitas Pelayanan KPKNL Denpasar

Luh Putu Surya Widi Cipta, I Komang Agus Ariana

Abstract


As we know that at the beginning of 2020, there was a so-called Covid-19 pandemic which made almost all offices undergo Work From Home it also happened to the agencies of the State Wealth Service Office and Denpasar Auction and all services were carried out online. This research is a type of qualitative descriptive research. Data were collected by interview and observation methods. The result of this research is in the form of a new service with the creation of WhatsApp Business to make it easier to communicate with customers. WhatsApp Bisnis is a message-sending application specially created in order to make it easier for business people to interact with their customers. As WhatsApp has stated on its official page that WhatsApp Bisnis is specially made in accordance with the needs of agencies so that they can connect personally with customers and consumers who want to know auction info, the State Wealth Service Office and Denpasar Auctions must take advantage of the features in WhatsApp business to make it easier for customer service to provide maximum service to customers who come directly to the Denpasar KPKNL office and customers feel that they are given optimally, then they will provide feedback to the Denpasar kpknl office, which is to get a good rating from Google and the public who want to take part in the auction do not hesitate to participate in the auction on the official auction lelang. go. id.

Keywords: kpknl Denpasar; covid-19 pandemic; whatsapp business

 

Abstrak: Seperti yang kita ketahui bahwa pada awal tahun 2020 terjadi yang namanya pandemic Covid-19 yang membuat hampir semua kantor menjalani Work From Home itu juga terjadi pada instansi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Denpasar dan seluruh pelayanan dilakukan secara online. Kegiatan ini merupakan jenis deskritif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan observasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu berupa pelayanan baru dengan dibuatnya WhatsApp Bisnis agar lebih mudah berkomunikasi dengan customer.WhatsApp Bisnis adalah suatu aplikasi pengirim pesan yang dibuat secara khusus agar bisa memberikan kemudahan pada para pebisnis dalam berinteraksi dengan pelanggannya. Sebagaimana yang sudah dikemukakan WhatsApp di dalam laman resminya bahwa WhatsApp Bisnis dibuat khusus sesuai dengan keperluan para instansi agar bisa terhubung secara pribadi dengan customer dan konsumen yang ingin mengetahui info mengenai lelang, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Denpasar harus memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam WhatsApp bisnis agar lebih memudahkan customer service memberikan pelayanan yang maksimal kepada customer yang datang langsung ke kantor kpknl denpasar dan customer merasa dilayani secara maksimal maka mereka akan memberikan feedback kepada kantor kpknl denpasar yaitu mendapatkan rating baik dari google dan masyarakat yang ingin mengikuti lelang tidak ragu utuk mengikuti lelang pada laman resmi lelang. go. id.

Kata kunci: kpknl denpasar; pandemi covid-19; whatsapp bisnis.

Full Text:

PDF

References


Aini, M. (2021). Pengaruh Pelayanan Informasi Customer Service Dalam Maksimalisasi Aplikasi Chat Terhadap Tingkat Kepuasan Stakeholder Nasi Kulit Dewa (Survey Pada Stakeholder Nasi Kulit Dewa Area Jabodetabek) (Doctoral Dissertation, Universitas Satya Negara Indonesia.

Ermawati, N., & Delima, Z. M. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, dan Pengalaman terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filing. Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(2), 163.

Fitria Ardiani, R. I. G. I. T. A. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Keercayaan Marketplace, Dan Pen-galaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Di Aplikasi Shopee (Survei Terhadap Seluruh Maha-siswa Upn “Veteran” Yogyakarta) (Doctoral Dissertation, Upn'veteran" Yogyakarta).

Hilabi, S. S. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Ap-likasi Media Sosial WhatsApp Mo-bile Online. Buana Ilmu, 3(1).

Rukani, S., & Marlena, N. (2021). Pengaruh persepsi kemudahan dan fitur layanan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi edulearning sebagai media pembelajaran online. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2).

Siregar, T. H. (2021). Pengaruh Kemu-dahan, Kepercayaan, Dan Kea-manan Terhadap Keputusan Pem-belian Konsumen Mahasiswa Me-lalui Media Aplikasi WhatsApp. Naskah Publikasi Pro-gram Studi Akuntansi.

Sumarga, H. E. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas, Dan Experiential Marketing Terhadap Word Of Mouth Aplikasi WhatsApp Pada Mahasiswa Feb. Umt. Jmb: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2).

Sarwanti, A., Hasiholan, L. B., & Wulan, H. S. (2017). Pengaruh Modal Usaha, Biaya Bahan Baku Dan Tenaga Kerja Terhadap Kinerja Usaha Industri Tahu Di Kabupaten Sukoharjo. Journal Of Manage-ment, 3(3).

Putra, M., & Nurainun, N. (2021).Pengaruh Kemudahan, Ke-percayaan Dan Keamananan Pengguna Media Sosial WhatsApp Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Malikus-saleh Di-Lhokseumawe. Visioner And Strategis, 10(2).




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v6i1.1791

Article Metrics

Abstract view : 382 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.