Pelatihan Penggunaan Educandy Sebagai Game Edukatif Di Sd Muhammadiyah 08 Plus Jakarta Timur

  • Muhammad Arifin Rahmanto Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Bunyamin Bunyamin Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Kiky Noviyanti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Abstract

Dalam Proses Pembelajaran, tentunya seorang guru harus mempersiapkan media  agar para peserta didik mudah memahami materi yang dapat meningkatkan hasil belajar mereka dan tercapainya tujuan dalam pendidikan. Tantangan seorang guru adalah menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan agar pada saat proses pembelajaran berlangsung mampu memitigasi peserta didik yang kurang melibatkan diri secara aktif dan cenderung pasif.  Begitupun guru harus memahami bahwa untuk mengevaluasi pembelajaran tidak selalu  dengan cara ujian atau menjawab latihan soal yang memiliki kesan monoton dan membosankan. Umumnya, pengevaluasian terhadap peserta didik berbentuk soal PG dan Esai saja, sehingga bentuk evaluasi yang digunakan  kurang menarik para peserta didik. Dari permasalahan diatas, Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan Pelatihan penggunaan Educandy sebagai Game Edukasi di SD Muhammadiyah 8 Plus Jakarta. Aplikasi ini merupakam game edukasi yang dapat membuat pembelajaran menjadi bervariasi dan menyenangkan. Sehingga, peserta didik tidak merasa bosan dan termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dalam mengajarkan suatu materi terhadap peserta didik dan mengevaluasinya. Sehingga, pembelajaran akan berjalan lebih efektif dan menjadikan guru lebih professional. Kegiatan pelatihan ini, nantinya akan berlangsung secara Offline lebih difokuskan kepada seorang guru dengan metode diskusi panel dan praktek langsung dalam pemanfaatan Game Educandy.

Kata Kunci: Media, Educandy, evaluasi

Author Biographies

Muhammad Arifin Rahmanto, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
Bunyamin Bunyamin, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
Kiky Noviyanti, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

References

Agung Mahardini, M. M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102

Ardini, P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain Permaianan Anak Usia Dini (sebuah kajian Teori dan Pratik) (pp. 1-undefined).

Dr.Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajran Inovatif.

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242

Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2018). Pengembangan game edukasi berbasis android tentang domain teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12827

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Yenni, Y., & Hutabri, E. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Internet Sehat Dan Aman Pendahuluan. 5(1), 93–98.

Zakiya, R. S., & Kurniasari, R. (2021). Pengaruh Media Game Educandy Terhadap Pengetahuan Hipertensi Pada Remaja di Desa Telaga Murni. Jurnal Gizi Dan Kuliner, 1–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/gizi/article/view/5932%0Ahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/gizi/article/download/5932/3076

Zamroni, M. (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Pendidikan, X(2), 195–211.knologi Komunikasi Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Pendidikan, X(2), 195–211.

Published
2023-01-09