Pembinaan Pembuatan Blog Sebagai Branding Usaha Toko Habibie Batam

Yulia Yulia, Nopriadi Nopriadi, Sasa Ani Arnomo

Abstract


Abstract: As one of the leading industrial areas in Indonesia, the development of the business world in Batam City is very fast. Coupled with the increasing demand from the market because the majority of Batam people are workers. In addition, the city's minimum wage (UMK) is high compared to other areas, making the lifestyle of the people of Batam city become consumptive. The demand is increasing, the more businesses are popping up with various ideas and creations. So the competition in selling is getting tougher. For this reason, creative ideas are needed so that business continuity can continue. One idea that can be used is Branding. Even though they have used social media such as Facebook and Instagram as marketing, business owners are still less confident if they do not have a means of delivering information such as blogs or websites. This service activity uses the method of preparation, implementation, implementation and discussion. There are three solutions that I try to provide to partners, namely: Selection and creation of a blog, filling out blog content and maintaining blogs as a solution to improve branding and as a means of promotion of the Habibie Batam Shop. The target achievement of this service activity is so that partners are able to create blogs and apply them in filling content for branding as well as being able to maintain blogs.


Keywords: blog; branding; habibie shop

 

Abstrak: Sebagai salah satu daerah industri terkemuka di Indonesia, perkembangan dunia usaha di Kota Batam sangat  cepat. Ditambah lagi dengan permintaan dari pasar  yang meningkat karena mayoritas masyarakat Batam merupakan pekerja. Selain itu, upah minimum  kota  (UMK)  yang  tinggi  di  atas  daerah  lainnya  menjadikan  pola  hidup masyarakat kota Batam menjadi konsumtif. Permintaan semakin banyak, semakin banyak juga usaha-usaha yang bermunculan dengan berbagai ide dan kreasi. Sehingga persaingan dalam berjualan bertambah berat. Untuk itu dibutuhkan ide-ide kreatif agar keberlangsungan usaha dapat terus berlanjut. Salah satu ide yang dapat digunakan adalah Branding. Walaupun sudah menggunakan sosial media seperti Facebook dan Instagram sebagai pemasaran, pemilik usaha masih kurang percaya diri jika belum punya sarana penyampaian informasi seperti blog ataupun  website. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode persiapan, pelaksanaan, implementasi dan diskusi. Adapun solusi yang pengabdi coba berikan kepada mitra terdapat tiga yaitu: Pemilihan dan pembuatan blog, pengisian konten blog dan pemeliharaan blog sebagai solusi untuk meningkatkan branding dan sebagai sarana promosi Toko Habibie Batam. Capaian target dari kegiatan pengabdian ini agar mitra mampu membuat blog dan mengaplikasikan dalam pengisian  konten  untuk branding sekaligus dapat melakukan mantenance blog.

Kata kunci: blog; branding; toko habibie


Full Text:

PDF

References


Andriyanto, A., & Muslikh, M. (2019). Sebagai Alternatif Media Pembelajaran berlanjut antara Tim dengan beberapa Tokoh sebagai pendidik di sehingga anatara guru dan siswa tidak ada beberapa guru dan kepala sekolah SMPN 1 informasi menggunakan selama media sangat yang menarik , Menengah Pertam. 3(1), 1–5.

Ferdinandus, S., & Wijaya, F. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Web Blog Bagi Guru-Guru SMP Negeri 10 Ambon Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. 03(01), 217–223.

Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Nf, A. G., & N, D. R. (2018). Penguatan Produk UMKM “ Calief ” Melalui Strategi Branding Komunikasi. 1(2), 348–354.

Sitompul, N. C., Leksono, I. P., & Rejeki, H. W. (2021). Perancangan Blog Guru untuk Penyediaan Bahan Ajar di Era Pembelajaran Abad 21. 5(2), 320–329.

Tjiayahdi, G., & Pudjolaksono, E. (2014). Studi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan pengendalian internal memberikan dampak pada kefektifan proses pembelian pada Badan Usaha dagang. Penelitin ini dilakukan pada Badan Usaha dagang berupa. 3(1), 1–22.

Tristiarto, Y., & Wahyudi, W. (2015). PKM Kelompok E-Commerce Di Kelurahan Benda Baru-Kecamatan Pamulang Tanggerang Selatan. 1–10.

Tundjungsari, V., & Suhaeri, S. (2018). Pelatihan Pembuatan Blog untuk Pengembangan Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. 2(1), 15–22.

Winangsih, R., Widyastuti, N. W., & Widyastuti, Y. (2019). Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang. 5(1), 105–114.

Yulia, Y., Susanti, E., & Tampubolon, R. C. (2019). Pembinaan Peningkatan Keterampilan Menggunakan Aplikasi Kasir Pintar Berbasis Android pada Masyarakat Tembesi Tower Batam.

Yusa, V. De, & Ana, R. J. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Komunitas Kuliner Sehati. 02(02), 217–223.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i3.1135

Article Metrics

Abstract view : 392 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.