Sosialisasi Ilmu Statistik dalam Penelitian Bagi Mahasiswa Di Kota Palembang

Muhammad Bahrul Ulum, Ayu Geby Gisela Syaputri

Abstract


Abstract: Statistics and research are two things that cannot be separated. Although there are types of research that do not require the dominant role of statistics (qualitative research), but to be able to produce conclusions that can be generalized to a wider population, statistics is needed. Such research is quantitative research with a positivistic paradigm, ie a phenomenon is real if it can be seen, measured, and classified. The application of statistical science which is generally needed by students in writing research such as theses and theses, will have a positive impact, especially in improving the quality of the research. To achieve this goal, it is necessary to conduct socialization to students. The socialization was carried out to several students from both state universities and private universities in the city of Palembang. The socialization was done by introducing and giving tutorials on how to use statistical applications such as SPSS and Eviews, because several lecturers at several universities in Palembang complained about the poor quality of research and some said that their students did not really understand how to use SPSS and Eviews. The first result of this service is that students' understanding of SPSS and Eviews can be seen from discussions and questions and answers, second, namely the ability of students to apply the use of SPSS and Eviews in research.

Keywords: research; socialization; statistics


Abstrak: Statistik dan penelitian merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Meskipun ada jenis penelitian yang tidak membutuhkan peranan statistika yang dominan (penelitian kualitatif), namun untuk dapat menghasilkan kesimpulan yang dapat digeneralisasikan ke populasi yang lebih luas diperlukan ilmu statistika. Penelitian yang demikian adalah penelitian kuantitatif dengan paradigma yang positivistik, yakni suatu gejala itu adalah nyata jika bisa dilihat, diukur, dan diklasifikasikan. Penerapan ilmu statistik yang umumnya dibutuhkan mahasiswa dalam penulisan penelitian seperti skripsi dan tesis, akan berdampak positif terutama dalam meningkatan kualitas penelitian tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu diadakan sosialisasi kepada mahasiswa. Sosialisasi dilakukan pada beberapa mahasiswa baik dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di Kota Palembang. Sosialisasi dilakukan dengan cara mengenalkan dan memberikan tutorial bagaimana penggunaan aplikasi statistic seperti, SPSS dan Eviews, karena beberapa dosen di beberapa universitas di Palembang mengeluhkan buruknya kualitas penelitian dan ada juga yang mengatakan bahwa mahasiswa mereka tidak begitu mengerti cara penggunaan SPSS dan Eviews. Hasil dari pengabdian ini yang pertama adalah pemahaman mahasiswa mengenai SPSS dan Eviews dapat dilihat dari diskusi dan tanya jawab, kedua yaitu kemampuan mahasiswa dalam menerapkan penggunaan SPSS dan Eviews dalam penelitian.

Kata Kunci: penelitian; sosialisasi; statistik


Full Text:

PDF

References


Darmadipura et al., P. dr. M. S., & Juneman. (2018). Isu Etik Dalam Penelitian di Bidang Kesehatan. Retrieved from http://www.aifi.or.id/jurnal/isu-etik-dalam-penelitian-di-bidang-kesehatan-buku-aifi

Fitriyani, F., A, S. F., R, M. I., T, T. A., Statistika, G. D., & Barat, J. (2021). Peramalan Indeks Harga Saham PT Verena Multi Finance Tbk Dengan Metode Pemodelan ARIMA Dan ARCH-GARCH. 14(1), 11–23.

Herawati, N., & Rantello, A. T. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT JMS Jakarta. Jurnal Ekonomi,Sosial & Humaniora, 01(10), 1–14.

Kurniasih, N. (2020). Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman. 2(17), 273–279.

Nurizzati, Y. (2018). Peranan statistika dalam penelitian sosial ekonomi. 91–105.

Pradipta, R. N. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).

Rahim, A. (2018). STATISTIKA DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN. Jurnal Edukasi.

Rosadi, A. I., & Suputra, I. D. G. D. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan, Dana Alokasi Umum Dan Silpa Pada Alokasi Belanja Modal. E-Jurnal Akuntansi, 19(2), 1144–1173.

Rudini, R. (2017). Peranan Statistika Dalam Penelitian Sosial Kuantitatif. Jurnal SAINTEKOM, 6(2), 53. https://doi.org/10.33020/saintekom.v6i2.13

Safitriani, S. (2019). Perdagangan Internasional Dan Foreign Direct Investment Di Indonesia. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 8(1), 93–116. https://doi.org/10.30908/bilp.v8i1.89

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i1.1097

Article Metrics

Abstract view : 355 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.