Pemanfaatan Google Meet, Google Classroom, dan Zoom Untuk Mendukung Kegiatan Belajar dari Rumah

Amalia Anjani Arifiyanti, Muhammad Burhanuddin F, Sudewantoro N M, Ananda Lakunti A, M. Rizal Abdullah Rozi

Abstract


Abstract: The school from home program implemented by all educational institutions during the COVID 19 pandemic forced all parties to adapt. This school from home program requires information technology as the medium so that the teaching and learning process continues. One of the challenges that arise from this distance learning method is the ability to operate information technology, especially applications used to support the online learning process. One of the activities to answer this challenge is to conduct training that directly practices how to operate an online learning support application. This training program attended by parents and students in the Sukodono District, Sidoarjo Regency. This training is carried out online due to a social restriction policy at the time of the training. The evaluation results and feedback from the training participants stated an increase in understanding of the operation of the applications being taught; besides, the participants indicated that the community needed similar training. However, the participants hope that the next training will be carried out offline to teach the participants step-by-step directly.          

Keywords: Google Meet; Google Classroom; school from home; training; Zoom 


Abstrak: Program belajar dari rumah yang dilaksanakan semua instansi pendidikan selama masa pandemi COVID 19, memaksa semua pihak yang terlibat untuk beradaptasi. Program belajar dari rumah ini membutuhkan teknologi informasi sebagai medianya agar proses belajar mengajar tetap berjalan. Salah satu tantangan yang muncul dari metode belajar jarak jauh ini adalah kemampuan pengoperasian teknologi informasi terutama aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk mendukung proses belajar daring. Salah satu kegiatan untuk menjawab       tantangan ini adalah dengan mengadakan pelatihan yang langsung mempraktekkan cara peng-operasian pengoperasian aplikasi pendukung belajar daring. Pelatihan ini diikuti oleh para orang tua dan siswa di wilayah Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring karena adanya kebijakan pem-batasan sosial pada saat pelatihan berlangsung. Hasil evaluasi dan timbal balik dari peserta pelatihan menyatakan bahwa terjadi peningkatan pemahaman terhadap pengoperasian aplikasi yang diajarkan, selain itu peserta menyatakna bahwa pelatihan sejenis dibutuhkan oleh masyarakat. Akan tetapi peserta berharap agar pelatihan selanjutnya dilaksanakan secara luring sehingga instruktur dapat mengajari peserta tahap demi tahap secara langsung.

Kata kunci: belajar dari rumah; google meet; Google Classroom; pelatihan; Zoom


Full Text:

PDF

References


al Fuad, Z. (2020). Efektivitas Belajar Daring Siswa SD Banda Aceh-Aceh Besar pada Masa Pandemi COVID 19. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 9(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v9i2.8993

Google. (n.d.). Harga Google Meet. Retrieved March 13, 2021, from https://apps.google.com/intl/id/meet/pricing/

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Se-bagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Admin-istrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 2020. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Hidayat, D., Anisti, Purwadhi, & Wi-bawa, D. (2020). Crisis Man-agement and Communication Experience in Education during the COVID-19 Pandemic in In-donesia. Jurnal Komunikasi: Ma-laysian Journal of Communica-tion Jilid, 36(3), 2020. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3603-05

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidi-kan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

MediaIndonesia. (2020, April 17). Program Belajar dari Rumah Bantu Peserta Didik hingga Orang Tua. https://mediaindonesia.com/humaniora/304787/program-belajar-dari-rumah-bantu-peserta-didik-hingga-orang-tua

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i3.1082

Article Metrics

Abstract view : 419 times
PDF - 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.