Rancangan Model Digitalisasi Pasar Tradisional Pasar Rare Angon Di Desa Gunaksa

  • I Kadek Arta Wiguna Universitas Pendidikan Nasional
  • Komang Agus Ariana Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Abstract: The increasing cases of covid-19 have an impact on the economy in Indonesia, especially on micro, small and medium enterprises (MSMEs). local communities who during this pandemic experienced a decline in income. Shoppers are starting to rarely come to the market and shop in person because of their fear of contracting Covid-19 and avoiding crowds that have been advised by the government. The digitalization of traditional people's markets is needed to improve the economy and reduce the spread of the covid-19 virus. The results of interviews with traders show the lack of sales at Rare Angon Market because few people know about the market. the method used by distributing questionnaires to find out in detail the existing problems. From these problems, a solution is needed to bridge between traders and buyers, this solution is in the form of digitizing the Rare Angon market by developing an application called "Rare Angon App" where the application is used for buying and selling interactions by traders and buyers. So that sales in the Rare Angon market can increase.

Keywords: E-commerce; traditional market; information technology

 

Abstrak: Meningkatnya kasus covid-19 berdampak pada perekonomian di Indonesia terutama pada usaha mikro kecil meneengah (UMKM) hal ini dapat dilihat dari pasar-pasar rakyat di Bali yaitu Pasar Rare Angon yang berlokasi di desa Gunaksa, kecamatan Dawan kabupaten Klungkung dengan mayoritas pedangannya adalah warga didaerah setempat yang dimasa pandemi ini mengalami penurunan pendapatan. Para pembeli mulai jarang datang ke pasar dan berlanja  secara langsung karena ketakutan mereka tertular covid-19 dan menghindari kerumunan yang sudah dihimbau oleh pemerintah. Diperlukannya digitalisasi pasar rakyat yang bersifat tradisional untuk meningkatkan perekonomian dan mengurangi penyebaran virus covid-19. Hasil wawancara dengan pedagang menunjukkan minimnya penjualan di Pasar Rare Angon karena masih sedikit masyarakat yang tau pasar tersebut. metode yang digunakan dengan penyebaran kuesioner untuk mengetahui secara detail permasalahan yang ada. Dari permasalahan tersebut diperlukannya solusi untuk untuk menjembatanni antara pedagang dan pembeli, solusi ini berupa digitalisasi pasar Rare Angon ini dengan membuatkan aplikasi yang diberi nama “Rare Angon App†dimana aplikasi tersebut digunakan untuk interakasi jual beli oleh pedagang dan pembeli. Sehingga penjualan dipasar Rare Angon bisa mengalami peningkatan.

Kata kunci: E-commerce; pasar tradisional; teknologi informasi

References

Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. (2014). Digitalisasi Pasar Tradisional: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 1–12.

Arsyah, R. H., & Juwita, A. I. (2021). Konvergensi Media dalam Pemasaran Produk Kerajinan Masyarakat desa Wisata Pariangan. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 59-64.doi:10.33330/jurdimas.v4i1.948

Arta, D. (2021a). Pasar Rare Angon.

Arta, D. (2021b). Website Desa Gunaksa klungkung.pdf.

Awan, S., Imam, S., & Sumiyarsih, S. (2020). Digitalisasi Pasar Tradisional Di Masa Pandemi.

Bastian, A., & Yusuf, Y. (2017). Fungsi Sosial Pasar Rakyat Bagi Masyarakat Desa Tasik Serai Barat Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis (Doctoral dissertation, Riau University).

Kotangon, F., Rares, J. J., & Tampongangoy, D. (2018). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Pasar Rakyat Kecamatan Pasan Di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 4(50).

Masyhuri, M., & Utomo, S. W. (2017). Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Sleko di Kota Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 59. doi: 10.25273/jap.v6i1.1293

Putra, G. B., & Atmaja, E. J. J. (2021). Pedampingan Penggunaan Sistem Informasi Profil Desa Banyuasin Berbasis Internet Dan Aplikasi Mobile. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 97-102. doi:10.33330/jurdimas.v4i1.897

Santosa, A., Suharjo, I., & Sumiyarsih. (2020). DIGITALISASI PASAR TRADISIONAL DI MASA PANDEMI. In Rizki Wahta Saputra (Ed.), MBridge Press (1st ed.). MBridge Press.

Sigalingging, E. D., & Sitepu, J. (2020). Pengaruh costomer behavior dan e-commerce terhadap pasar modern di kota medan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 11–21.

Sudirman, E. (2020). Strategi Usaha Kecil Menghadapi Digitalisasi Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 142. doi: 10.32502/jimn.v9i2.2554

Wirya, A. (2021). UPDATE STATUS COVID-19.pdf.

Published
2021-09-06