Pengembangan Sistem Informasi Pengaduan Untuk Meningkatkan Pelayanan Bagi Pengunjung Kampung Eropa Harau
Abstract
Abstract; This research aims to create and develop a web application as a place of information and complaints for visitors to the Harau European Village tour, which is located in the Harau Valley, Lima Puluh Kota Regency, West Sumatra. This application was created to make tourists feel safe and comfortable. Its main features include problem reporting and an interactive map connected with Google Maps. This helps users search for nearby services and navigate easily. The system was created using the Agile method which includes planning, design, testing, and implementation stages. This research also includes user needs analysis and system testing with the black box method to ensure all functions work properly. The results showed that this application can work well according to user needs. This application makes it easier to access information, send reports online, and monitor reports directly. This application helps improve digital services at tourist attractions and makes the tourist experience safer and more efficient.
Keywords; web application; tourist report; information service; security; convenience; kampung eropa harau
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi web sebagai tempat informasi dan pengaduan bagi pengunjung wisata Kampung Eropa Harau, yang berada di Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Aplikasi ini dibuat untuk membuat wisatawan merasa aman dan nyaman. Fitur utamanya termasuk pelaporan masalah dan peta interaktif yang terhubung dengan Google Maps. Ini membantu pengguna mencari layanan terdekat dan menavigasi dengan mudah. Sistem dibuat menggunakan metode Agile yang meliputi tahap perencanaan, desain, pengujian, dan pelaksanaan. Penelitian ini juga termasuk analisis kebutuhan pengguna dan pengujian sistem dengan metode black box untuk memastikan semua fungsi bekerja dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini bisa bekerja dengan baik sesuai kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini mempermudah akses informasi, pengiriman laporan secara online, dan pemantauan laporan secara langsung. Aplikasi ini membantu meningkatkan layanan digital di tempat wisata dan membuat pengalaman wisatawan lebih aman dan efisien.
Kata kunci; aplikasi web; laporan wisatawan; layanan informasi; keamanan; kenyamanan; kampung eropa harau
References
K. Tegal, “Rancang bangun sistem informasi pelaporan pen- gaduan masyarakat berbasis website di desa depok kabupaten tegal,” vol. 9, no. 4, pp. 1984–1995, 2024.
A. Ikhwan and D. A. P. Lubis, “Perancangan Sistem Informasi Laporan Pengaduan Masyarakat Berbasis WEB pada Dinas ESDM SUMUT,” Hello World J. Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2023, doi: 10.56211/helloworld.v2i1.193.
I. Firaldi, I. Purnamasari, and R. Mayasari, “Perancangan Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Di Desa Limusnunggal Berbasis Web,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 4, pp. 7615–7623, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i4.10333.
Y. Sansena, “Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas Berbasis Website,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 15, no. 2, p. 91, 2021, doi: 10.32815/jitika.v15i2.611.
M. Handayani and P. Purbadharmaja, “Pengaruh Tingkat Keamanan, Kenyamanan Dan Produk Wisata Terhadap Pendapatan Masyarakat Di Destinasi Wisata Sangeh,” E-Jurnal EP Unud, 10 [4] 1656-1685, pp. 1656–1685, 2021.
A. Samsudin and H. H. Islami, “Sistem Pengaduan Masyarakat Menggunakan Metode Agile Extreme Programming,” vol. 2, no. 1, pp. 214–226, 2023.
N. K. P. Gumay et al., “Implementasi Agile dalam Perancangan Aplikasi Akademik Learning Management System (LMS) Institut Teknologi Kalimantan Berbasis Website Apps,” JSI J. Sist. Inf., vol. 15, no. 2, pp. 3384–3398, 2023, doi: 10.18495/jsi.v15i2.22719.
S. Nurjanah, E. Istiyono, W. Widihastuti, M. Iqbal, and S. Kamal, “The Application of Aiken’s V Method for Evaluating the Content Validity of Instruments that Measure the Implementation of Formative Assessments,” J. Res. Educ. Res. Eval., vol. 12, no. 2, pp. 125–133, 2023, doi: 10.15294/jere.v12i2.76451.
K. Kadarsih and S. Andrianto, “Implementasi Model View Controller (Mvc) Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Smk Negeri 2 Oku Selatan,” J. Tek. Inform. Mahakarya, vol. 5, no. 1, pp. 63–69, 2022.
Y. Hose Pranando, “Strategi Pengembangan Pariwisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok,” J. Ilmu Hukum, Hum. dan Polit., vol. 3, no. 1, pp. 22–28, 2022, doi: 10.38035/jihhp.v3i1.1385.
“The Pengujian Black Box Testing pada Sistem Informasi Assesment Berbasis WEB di Bidang Pariwisata,” J. Ilm. Komputasi, vol. 22, no. 4, pp. 553–560, 2023, doi: 10.32409/jikstik.22.4.3490.