SISTEM INFORMASI MENINGKATKAN EFISIENSI PENANGANAN KELUHAN DI PERUMDA AIR MINUM TIRTA SILAUPIASA

  • Rahmat Hidayat Lubis Universitas Royal
  • Dahriansah Dahriansah Universitas Royal
  • Zulkarnain Sirait Universitas Royal

Abstract

Abstract: This research aims to design and develop a web-based information system to improve efficiency and transparency in handling complaints at PERUMDA Air Minum Tirta Silaupiasa. Poor management of customer complaints will hamper the handling process, provide workload, and reduce the company's image due to the lack of transparency of the information provided. The method used in this research is a qualitative approach through observation and interviews. The results showed that the designed system was able to reduce complaint resolution time, provide clear responses to customers, and provide structured reports to the company. This research confirms that the implementation of a web-based information system not only improves the quality of service to customers, but also improves the company's operational efficiency.

           
Keywords: customer; efficiency; information system; PDAM; web-based reporting

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis website guna meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam penanganan keluhan di PERUMDA Air Minum Tirta Silaupiasa. Pengelolaan pengaduan pelanggan yang kurang baik akan menghambat proses penanganan, memberikan beban kerja, hingga menurunnya citra perusahaan akibat tidak transparanya informasi yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dirancang mampu mengurangi waktu penyelesaian keluhan, memberikan respon yang jelas kepada pelanggan, serta memberikan laporan yang terstruktur kepada pihak perusahaan. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan sistem informasi berbasis website tidak hanya meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, namun memperbaiki efisiensi operasional perusahaan.

Kata kunci: efisiensi; pelaporan berbasis web; PDAM; pelanggan; sistem informasi

References

R. Lorensa and Y. I. S. Sari, “Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Di Kabupaten Bangkalan,†J. Simantec, vol. 9, no. 1, pp. 29–32, 2020, doi: 10.21107/simantec.v9i1.9737.

A. Budi and D. C. Wati, “Pengaruh Citra Perusahaan, Kepuasan Pelanggan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Reska Multi Usaha Branch Office 1 Jakarta,†Citiz. J. Ilm. Multidisiplin Indones., vol. 1, no. 1, pp. 35–47, 2021, doi: 10.53866/jimi.v1i1.6.

S. Aprilia, N. Ati, and R. Sekarsari, “Analisis Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Dampit Dalam Menanggapi Pengaduan Masyarakat,†J. Respon Public, vol. 14, no. 5, pp. 1–13, 2020.

I. I. Hisanuddin and I. Adwitya, “Analisis Penanganan Keluhan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Baubau,†J. Ekon. Manaj. dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 61–66, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/manajemen

W. Imelda Putri Hutauruk, A. Nur Nabila, and M. Furqan, “Evaluasi Efektivitas Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan PDAM Tirtanadi Cabang Medan Kota Berbasis Web,†J. Informatics Busisnes, vol. 01, no. 03, pp. 124–131, 2023.

M. Fais, A. S. Akbar, and H. Saputro, “Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Perumdam Tirto Jungporo dengan Location Based Service,†Walisongo J. Inf. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 79–90, 2023, doi: 10.21580/wjit.2023.5.1.16090.

Y. Liharja, A. O. Sari, and A. Satriansyah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk IT Support Berbasis Website,†Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 157–166, 2022, doi: 10.29408/jit.v5i1.4738.

M. SURYANI, “Tinjauan Atas Layanan Aplikasi Mobile Myindihome Pada Pt. Telkom Indonesia Tbk.,†Researchgate.Net, no. February, 2021, doi: 10.13140/RG.2.2.15655.88486.

Adnan Buyung Nasution, B. F. E. Lubis, Nurul Amanda Khairani Lubis, and Friska Andriani, “Perancangan Sistem Pelaporan Keluhan Pelanggan Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall,†Bull. Comput. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 40–49, 2023, doi: 10.47065/bulletincsr.v4i1.318.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurnia, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,†J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, pp. 13–23, 2021, doi: 10.35969/interkom.v14i4.78

Published
2025-03-25
Section
Articles